Pengaruh Yoga Terhadap Ibu Hamil

Pengertian

Kehamilan merupakan hal yang fisiologis terjadi pada wanita. Setiap kehamilan akan terjadi perubahan baik itu perubahan fisik maupun psikologis pada ibu. Bahkan tidak jarang perubahan ini akan menimbulkan ketidaknyamanan yang dirasakan ibu.

Nyeri punggung bawah merupakan salah satu ketidaknyamanan itu. Sehingga perlu untuk dilakukan penatalaksanaan untuk mengatasinya salah satunya yaitu dengan melakukan yoga.

Yoga merupakan upaya praktis dalam menyelaraskan tubuh, pikiran, dan jiwa, yang mana manfaat yoga membentuk postur tubuh yang tegap, serta membina otot yang lentur dan kuat, memurnikan saraf pusat yang terdapat di tulang punggung. Tujuan penelitian ini adalah utuk mengetahui pengaruh yoga terhadap nyeri punggung bawah ibu hamil.

Bacaan Lainnya
DONASI

Metode

Untuk meringankan nyeri punggung bawah yang sering dirasakan oleh ibu hamil adalah olah raga. Yoga merupakan salah satu bentuk olah raga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil, karena dengan yoga dapat membuat tubuh lebih lentur, nyaman selain menunjang sirkulasi darah, mengatasi sakit punggung, pinggang, pegal-pegal dan bengkak.

Yoga merangsang otot-otot pada punggung dan memperpanjang otot punggung dapat memblokade timbulnya nyeri terutama dibagian punggung. Aliran darah yang lancar dapat merangsang otak untuk mengeluarkan obat anti nyeri secara fisiologis.

Yoga merupakan bentuk olah raga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Dengan melakukan olahraga yoga dapat melenturkan otot punggung, dapat memperlancar peredaran darah tubuh dan dapat menambah kesadaran, sehingga dapat dengan mudah merespon terjadinya nyeri pada tubuh ibu.

Ada Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Yoga

1. Lakukan yoga ibu hamil sambil didampingi instruktur dan mulailah secara perlahan dan lembut, yaitu dengan berlatih pernapasan perut

2. Lakukan latihan pernapasan yang bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri dan membantu ibu hamil lebih tenang saat melahirkan dengan cara mengambil napas mendalam perlahan melalui hidung hingga perut terasa penuh, lalu buang perlahan dari hidung Kembali

3. Meski dirancang untuk meregangkan otot, hindari meregangkan otot secara berlebihan, terutama otot perut, dan segera hentikan yoga ibu hamil saat merasa tidak nyaman atau nyeri

4. Hindari posisi berbaring telentang terlalu lama karena dapat menekan pembuluh darah besar di perut, mengurangi aliran darah ke rahim, serta membuat ibu hamil merasa pusing, sesak napas dan mual

5. Segera hentikan yoga jika merasa kepanasan, mual, dehidrasi, sakit perut, atau bahkan keluar cairan maupun darah dari vagina

6. Lakukan yoga hamil 3–5 kali setiap minggu selama 30 menit atau setiap hari bila ingin, asal tidak berlebihan

Selalu sediakan minum, hindari latihan yang berlebihan, dan jangan memaksakan diri saat melakukan yoga hamil. Jika sudah merasa sulit bernapas maupun berbicara saat melakukan yoga ibu hamil atau olahraga yang lain, hal ini berarti latihan yang dilakukan sudah terlalu berat. Jadi, segeralah berhenti dan beristirahat.

Penulis: Jasmine Almaidah Handoyo

Mahasiswa Jurusan  Kebidanan,Universitas Binawan

Editor: Anita Said

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Daftar Pustaka

Resmi, D. C., Saputro, S. H., & Runjati. (2020). Pengaruh Yoga terhadap Nyeri Punggung Bawah Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Kalikajar I Kabupaten Wonosobo. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 8(1), 1–10.

Ikuti berita terbaru di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI