Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan

Kebersihan Lingkungan
Ilustrasi Menjaga Kebersihan Lingkungan (Sumber: Media Sosial dari freepik.com)

Masa sekarang merupakan masa yang sangat sulit untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, banyak orang yang lalai akan penting nya untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Padahal lingkungan yang bersih akan menyebabkan kita terhindar dari berbagai penyakit yang dapat membahayakan seperti Demam berdarah, diare, muntaber, malaria dan sebagai nya.

Lingkungan yang bersih akan membuat tempat tinggal kita menjadi lebih nyaman dan kita sebagai umat muslim harus pandai penjaga kebersihan karena kebersihan merupakan pelengkap iman seperti yang tertulis dalam sebuah hadis yang berbunyi النط فة من ألأ يما ن yang artinya yaitu kebersihan merupakan sebagian dari iman.

Bacaan Lainnya
DONASI

Ajaran untuk menjaga kebersihan dalam islam juga tercantum dalam beberapa surah Al Quran contoh nya pada surah Al muddatsir ayat 4 dan surah At taubah ayat 108.

Menjaga kebersihan lingkungan sama dengan menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan bebas dari sampah.

Tapi masih banyak orang yang tidak sadar akan hal itu dan justru membuat lingkungan semakin memburuk seperti membuang sampah sembarangan, menebang pohon secara ilegal, melakukan pembakaran hutan dan sebagainya.

Tanpa mereka sadari mereka telah merusak tempat tinggal mereka sendiri bahkan dapat mengancam kesehatan sendiri maupun orang lain.

Cara untuk menjaga lingkungan yaitu dimulai dari lingkungan tempat tinggal kita, dengan cara melakukan gotong royong untuk membersihkan lingkungan, saluran air, selokan dan sebagainya. Dan menanam tumbuhan atau pohon di pinggiran jalan agar terlihat semakin asri dan sehat.

Lingkungan yang kotor juga dapat menyebabkan terjadi nya bencana banjir dikarenakan sungai meluap atupun pengaliran air yang tersumbat sampah masyarakat.

Menjaga kebersihan lingkungan memang tidak semudah yang kita bayangkan, apalagi jika tidak ada kesadaran diri di jiwa seseorang untuk menjaga kebersihan maka mereka akan terus merusak lingkungan.

Membiasakan untuk menjaga lingkungan harus dibiasakan sejak dini karena perilaku ini merupakan perilaku yang dampaknya bukan hanya pada diri sendiri melainkan kepada orang banyak.

Lingkungan yang baik juga akan berdampak kepada keturunan setelah kita, karena meraka yang akan melanjutkan lingkungan yang telah kita lestarikan dan kita jaga.

Jika lingkungan yang kita tinggalkan bersih, maka generasi setelah kita juga akan merasa nyaman dan ikut serta menjaga lingkungan yang sehat tapi jika lingkungan yang kita tinggalkan kotor atau tidak sehat maka generasi setelah kita juga akan merasakan tidak nyaman dan akan mengikuti jejak kita yaitu tidak menjaga lingkungan dengan sebaik mungkin.

Dan kita sebagai umat muslim ingat lah, bahwa Allah SWT sangat menyukai hambanya yang menjaga kebersihan sekitar.

Apalagi kebersihan lingkungan tempat tinggal karena dapat menghindarkan kita dari najis yang dapat menghalangi kita untuk beribadah dan dapat menyakiti diri sendiri maupun orang lain. Selain itu, setan juga suka dengan tempat yang kotor.

Kebersihan lingkungan dapat memengaruhi segalanya mulai dari kesehatan manusia bahkan dapat menganggu binatang yang tinggal dilingkungan tersebut.

Pada masa sekarang banyak spesies binatang yang terancam punah karena kerusakan lingkungan tersebut.

Kebanyakan orang hanya memikirkan kehidupan nya sendiri tanpa memikirkan kehidupan orang lain atau pun ekosistem sekitar.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki masalah sampah terburuk sedunia. Itu disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia akan kebersihan lingkungan.

Maka dari itu daerah di Indonesia sering kali terkena bencana banjir dikarenakan saluran air yang tersumbat sampah.

Dan masyarakat Indonesia belum sadar akan hal itu, masih banyak warganya yang membuang sampah di sembarangan tempat bahkan saat terjadi bencana banjir masyarakat Indonesia tidak sadar akan perilaku nya sendiri.

Tindakan yang seharusnya dilakukan yaitu diadakannya gotong royong untuk membersihkan lingkungan setiap hari minggu, dan diadakannya sosialisasi tentang penting nya menjaga kebersihan lingkungan untuk kehidupan.

Dan diterapkan nya denda bagi warga yang membuang sampah sembarangan, agar mereka jerawat dan tidak mau membuang sampah sembarangan lagi.

Sangat penting bukan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Jadi, mari biasakan dari sekarang untuk menjaga kebersihan lingkungan dimulai dari lingkungan tempat tinggal kita masing-masing.

Mungkin sulit jika tidak terbiasa, tapi usahakan dari sekarang untuk belajar membiasakan diri untuk hidup sehat sebelum terlambat.

Penulis: Shella Listiya Ayu Anggraeni
Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Indonesia

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI