Kebiasaan Masyarakat Membuang Sampah Sembarangan

membuang sampah sembarangan

Saat ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan, tidak mau peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar, jika sampah terus menumpuk maka lingkungan sungai akan menjadi kotor dan tidak bersih, dan akan menyebabkan banjir pada saat musim hujan.

Dengan adanya tumpukan plastik di saluran air, di saat musim hujan, sampah plastik terbawa air dan berserakan di jalan. Meskipun poster atau teks sederhana tentang larangan membuang sampah sembarangan, himbauan untuk melarang membuang sampah sembarangan tampaknya sia-sia, dan masyarakat  masih keras kepala membuang sampah sembarangan.

Diduga tidak adanya pengawasan dan tidak adanya tempat pembuangan sampah khusus menjadi alasan utama warga membuang sampah domestiknya di sana, jika terus menerus membuang sampah sembarangan akan berdampak negatif terhadap lingkungan.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca juga: Kursus Komputer Berbayar Sampah di Awal Ramadhan 1443 H bersama Imapres Giriwoyo 2

Anak-anak, remaja bahkan orang tua sering membuang sampah sembarangan. Bisa jadi anak-anak akan membuang sampah sembarangan karena meniru atau melihat kebiasaan orang tuanya atau lingkungan yang tidak menjaga kebersihan lingkungan.

Apabila kebiasaan ini tidak dihilangkan lama-kelamaan akan menjadi kebiasaan yang tidak baik karena ketika orang lain membuang sampah sembarangan, tidak ada yang peduli atau memberikan teguran.

Kebanyakan orang bahkan mengabaikannya sama sekali sehingga kebiasaan membuang sampah sembarangan menjadi sulit untuk dihentikan.

Solusi Menghilangkan Kebiasaan Masyarakat Membuang Sampah Sembarang

Solusi dari masalah membuang sampah sembarangan adalah ketika menjumpai orang yang membuang sampah sembarangan harus diberi peringatan dan nasehat.

Solusi tambahan lainnya adalah menanam pohon di tempat yang biasanya dijadikan tempat pembuangan sampah. Hal ini akan mengingatkan anda akan bahayanya, karena jika manusia membuang sampah sembarangan, dampaknya akan kembali ke manusia diri sendiri.

Upaya mengatasi masalah membuang sampah sembarangan tidak hanya itu pemerintah juga harus tegas menindak mereka yang membuang sampah sembarangan dan mencemari lingkungan.

Masyarakat tidak harus selalu menyalahkan pemerintah yang menumpuk sampah, tetapi masyarakat sendiri yang harus memikirkan bagaimana mengubah dan mulai menjaga lingkungan dari membuang sampah sembarangan.

Baca juga: Metode Takakura dalam Pembuatan Kompos Sebagai Solusi Pengolahan Sampah Organik Rumah Tangga di Desa Wonokasian Sidoarjo

Pemerintah dan masyarakat harus dapat bekerja sama untuk menjaga lingkungan. Menyediakan tempat sampah, seperti tempat sampah organik dan non-organik, di setiap kota atau daerah melalui bantuan pemerintah agar masyarakat dapat memisahkan sampahnya untuk dibuang.

Diharapkan dengan kerjasama pemerintah dan masyarakat, impian lingkungan bersih bebas sampah dan debu dapat terwujud. Kebersihan sebagian dari iman.

Yuk, mulai tanam kesadaran diri dan buang sampah pada tempatnya.

Penulis: Niptahul anwar
Mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Yuppentek Tangerang

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI