Mengenal 15 Suku-Suku di Indonesia dan Asalnya

suku suku di Indonesia
Seorang Nelayan Indonesia. (Foto: Pixabay.com)

Indonesia memiliki simbol Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Begitu halnya jenis suku dan ras yang ada di seluruh pelosok Nusantara. Berikut akan kami jelaskan suku-suku di Indonesia dan asalnya.

Di Indonesia sendiri memiliki keberagaman dan keunikan adat istiadat yang ada di setiap daerah. Perseberannya membentang dari Sabang sampai Merauke.

Berdasarkan dari data dari sensus BPS tahun 2010, ada lebih dari 300 barisan ras etnis suku bangsa di Indonesia, atau seputar 1300 suku bangsa yang menyebar di semua propinsi.

Suku Suku di Indonesia

Dari banyaknya jumlah suku yang ada di Indonesia tentu tidak mungkin menyebutkannya satu persatu. Mengutip dari broonet.com berikut beberapa nama suku besar yang ada di Indonesia.

1. Suku Batak dari Sumatera Utara

Nama suku Batak sesuatu panggilan kolektif yang dipakai untuk beberapa masyarakat dari Tapanuli serta Sumatera Utara. Suku ini juga terdiri dari bagian-bagian dari Suku Batak.

Misalnya Suku Batak Toba, Batak Pakpak, Batak Mandailing, serta Batak Karo. Suku Batak benar-benar diketahui dengan pribadinya yang tegas serta pekerja keras.

2. Suku Melayu dari Bangka Belitung

Nama Melayu diambil dari satu kerajaan Malayu yang pernah berkunjung di lokasi Sungai Batang Hari.

Jumlahnya masyarakat suku ini menyebar dari sampai ke luar Sumatera dengan ikuti perubahan zaman Sriwijaya sampai ke Pulau Jawa.

3. Suku Serawai dari Bengkulu

Untuk suku di Indonesia seterusnya yakni ada di kepulauan Bengkulu. Suku ini bernama Suku Serawai.

Persebaran suku ini dari Kabupaten Bengkulu Selatan dengan beberapa kecamatan mencakup Kecamatan Sukaraja, Talo, Kelutum, sampai Seginim.

4. Suku Lampung dari Lampung

Suku Lampung dikenal juga jadi sisi dari Kerajaan Sriwijaya. Ada dua sisi dalam suku ini yakni Suku Sebatin serta Pepadun. Dalam penyebarannya ada banyak Suku Lampung yang lain seperti Tulang Bawang, Pesisir, serta Krui Abung.

5. Suku Betawi dari DKI Jakarta

Mungkin suku ini jadi yang paling diketahui antara suku-suku yang lain di Pulau Jawa. Keunikan dari suku ini yakni dengan baju adatnya yakni memakai kain sarung serta kebaya.

Tidak hanya baju tradisi, suku ini populer dengan boneka ondel-ondel sebagai maskot Suku Betawi dari DKI Jakarta.

6. Suku Sunda dari Jawa Barat

Suku Sunda adalah suku atau etnis paling besar ke 2 di Indonesia sesudah Suku Jawa.

Banyak yang telah kenal Suku ini dengan permainan musiknya yakni permainan alat musik bernama angklung. Diluar itu suku ini dikenal juga mempunyai baju tradisi kebaya sebagai ciri uniknya.

7. Suku Baduy dari Banten

Bila anda pernah kenal suku dengan adatnya yang menyendiri serta jauh dari kehidupan kota, mungkin suku ini jadi diantaranya.

Suku Baduy populer dengan mengaplikasikan kehidupan yang terisolasi dari dunia luar. Suku ini mempunyai populasi dengan jumlahnya seputar 5000 sampai 8000 orang.

8. Suku Jawa dari Daerah Istimewa Yogyakarta

Untuk Kepulauan Jawa satu diantara Suku Jawa paling besar ada di Yogyakarta. Suku Jawa adalah suku yang paling besar di Indonesia dengan hampir sampai 1/2 persentase dari jumlah keseluruhan.

Suku Jawa di Kota Yogyakarta benar-benar diketahui dengan kearifan lokal yang masih meyakini beberapa hal mistis serta kesakralan tradisi budayanya. Tidak hanya Yogyakarta, Suku Jawa menempati hampir semua sisi di Jawa Tengah seperti Kota Semarang, Magelang, serta yang lain.

9. Suku Madura dari Jawa Timur

Bila anda fans masakan kuliner sate, mungkin anda tidak asing dengan suku yang satu ini. Satu diantara suku di Indonesia yang ada di Madura Jawa Timur ini diketahui dengan kuliner uniknya.

Populasi suku ini sampai seputar 20 juta jiwa berdasar sensus masyarakat pada tahun 2014.

10. Suku Bima dari Nusa Tenggara Timur

Suku Bima diketahui jadi satu diantara peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Tidak hanya Suku Sasak yang berada di Nusa Tenggara Barat, Suku ini menempati sejumlah besar di kepulauan Nusa Tenggara.

Suku Bima benar-benar populer dengan cadar uniknya yang dibuat dari kain sarung yang bernama Rimpu.

11. Suku Dayak dari Kalimantan Barat

Suku Dayak salah satu suku yang berada di Pulau Kalimantan. Beberapa orang kenal Suku ini dengan keberaniannya dalam memburu serta menantang lawan.

Suku Dayak menempati hampir di semua sisi Pulau Kalimantan keseluruhannya.

12. Suku Minahasa dari Sulawesi Utara

Suku ini adalah satu diantara suku paling besar yang menempati Pulau Sulawesi.

Tidak hanya Suku Minahasa, ada banyak suku yang lain yang berada di Sulawesi Utara seperti Mangondow, Gorontalo, Ternate, serta Talaud.

Suku ini populer dengan baju adatnya yang ciri khas dengan kain merah yang dipakai jadi sabuk.

13. Suku Gorontalo dari Gorontalo

Suku Gorontalo atau yang biasa disebutkan dengan Suku Hulondalo ini menempati hampir di semua daerah Gorontalo di Pulau Sulawesi. Sebagian besar masyarakat Indonesia telah kenal Suku ini dengan budaya yang belum tersentuh dunia luar.

Tidak hanya Suku Gorontalo, beberapa suku lain menempati Propinsi Gorontalo seperti Manado, Polahi, Atinggola, serta Suwawa.

14. Suku Buru dari Maluku

Suku ini sejumlah besar tinggal di Pulau Buru. Tidak hanya jadi Suku Buru, mereka seringkali menyebutkan dianya jadi gebfuka atau gebemiliar. Julukan itu memiliki arti serta makna tersendiri yakni orang dunia atau orang tanah.

15. Suku Asmat dari Papua

Satu diantara suku di Indonesia yang paling akhir yakni Suku Asmat yang diketahui jadi suku yang pakar serta pandai dalam memburu di rimba. Kehidupan Suku Asmat masih jauh dari jangkauan luar.

Hingga kadang mereka harus memburu di rimba untuk memenuhi keperluan pangan seharian. Tidak hanya keberaniannya, Suku Asmat dikenal juga penghasil kerajinan ukir kayu yang unik.

Populasi Suku Asmat terdiri ke dua sisi yakni mereka yang tinggal di pesisir pantai, serta mereka yang tinggal di pedalaman. Meskipun kelihatan sama, nyatanya ke-2 populasi Suku Asmat mempunyai langkah hidup, dialek, serta susunan sosial yang berlainan.

Untuk populasi dari Suku Asmat yang berada di pesisir juga masih terdiri jadi dua sisi, yakni Suku Simai serta Suku Bisman yang ada antara Sungai Sinesty serta Sungai Nin.

Meskipun terdiri dari bagian-bagian, mereka mempunyai tradisi serta budaya yang sama.

16. Suku Bugis dari Sulawesi Selatan

Suku Bugis adalah kelompok etnis yang mayoritas tinggal di Sulawesi Selatan, Indonesia. Mereka terkenal sebagai pelaut yang mahir dan memiliki tradisi sejarah maritim yang panjang.

Suku Bugis memiliki budaya yang kaya, termasuk dalam hal seni, musik, tari, dan adat istiadat. Mereka juga memiliki bahasa sendiri yang disebut bahasa Bugis.

Suku Bugis juga dikenal sebagai kelompok yang sangat mandiri dan memiliki kebiasaan hidup nomaden. Mereka memiliki kepercayaan dan adat istiadat yang kuat, seperti adat perkawinan, upacara adat, dan kebiasaan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. S

eiring dengan perkembangan zaman, banyak dari orang Bugis sekarang menetap di kota-kota besar dan terlibat dalam berbagai jenis pekerjaan, namun mereka masih mempertahankan warisan budaya mereka dengan bangga.

17. Suku Luwu dari Sulawesi Selatan

Suku Luwu adalah kelompok etnis yang berasal dari daerah Luwu, Sulawesi Selatan, Indonesia. Wilayah Luwu mencakup Kabupaten Luwu, Kabupaten Tana Toraja, dan sebagian Kabupaten Enrekang. Bahasa yang digunakan oleh suku Luwu adalah bahasa Tae atau dikenal juga sebagai bahasa Luwu.

Suku Luwu dikenal memiliki tradisi sejarah dan budaya yang kaya. Mereka memiliki kebiasaan hidup nomaden dan bercocok tanam. Kebanyakan orang Luwu memeluk agama Islam, namun beberapa juga memeluk agama lain.

Suku Luwu terkenal dengan seni dan keahlian mereka dalam pembuatan senjata tradisional seperti kawali atau badik, keris dan mandau, serta dalam pembuatan ukiran kayu dan tenunan. Mereka juga memiliki tradisi adat yang kuat, termasuk dalam hal upacara adat dan sistem kekerabatan.

Di era modern saat ini, banyak orang Luwu telah menetap di kota-kota besar dan terlibat dalam berbagai jenis pekerjaan. Namun, mereka masih mempertahankan warisan budaya mereka dengan bangga dan sering mengadakan acara-acara adat sebagai bentuk perayaan identitas mereka sebagai orang Luwu.

Demikian contoh-contoh suku di Indonesia yang mewakili masing-masing kepulauan di Indonesia. Walau mempunyai persebaran suku yang beranekaragam, Indonesia tetap memiliki simbol persatuan yakni Bhineka Tunggal Ika.

Dengan mempunyai beberapa jenis suku serta budaya, hal tersebut jadi satu diantara daya tarik beberapa pelancong luar negeri untuk bertandang ke Indonesia.

Redaksi Media Mahasiswa Indonesia

Ikuti berita terbaru di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI