100+ Aplikasi dan Software Wajib Laptop Mahasiswa, Agar Cepat Lulus

Software Wajib Laptop Mahasiswa

Mahasiswa perlu mengetahui aplikasi dan software wajib laptop untuk digunakan mengarungi perkuliahan yang panjang. Karena, dari sekian panjang daftar peralatan tempur mahasiswa, laptop atau PC adalah partner terbaik buat mahasiswa.

Perangkat elektronik sederhana ini mampu melakukan hampir apa saja aktivitas mahasiswa. Redaksi Media Mahasiswa Indonesia menganjurkan Sekitar 100 software (perangkat lunak) wajib untuk dimiliki mahasiswa.

Memulai perkuliahan, mahasiswa baru biasanya juga membeli laptop baru. Maka, kami akan membantu teman-teman untuk memberitahukan software yang wajib diinstal di laptop barunya. Karena software-software yang kami sebutkan wajib ada di laptop untuk menunjang perkuliahan teman-teman.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca juga: Mahasiswa, Kemana Peran dan Fungsinya?

Namun, sebelum lanjut, apakah teman-teman sudah mengerti apa itu software?

Kalau belum tahu atau belum mengerti sepenuhnya, maka kami jelaskan bahwa software adalah perangkat lunak yang diformat, diprogram dan disimpan secara digital dengan tujuan fungsi tertentu.

Di sini kami hanya menyampaikan software yang wajib diinstal dan kami tidak akan menyampaikan harga software laptop. Untuk harga, silakan teman-teman cari sendiri.

Berikut daftar aplikasi atau software wajib buat laptop mahasiswa:

1. Aplikasi Pengolah Dokumen: Serba Office, ‘Kantoran’

Microsoft Office Word

Tugas mahasiswa memang agak mirip dengan kerjaan pegawai kantoran, bahkan tugas mahasiswa lebih berat daripada tugas pegawai negeri sipil.

Kenapa? karena PNS menghabiskan waktu, pikiran dan tenaga tapi dibayar oleh negara. Sementara, mahasiswa menghabiskan waktu, pikiran dan tenaga tapi dia yang bayar. Itulah mengapa mahasiswa lebih berat daripada jadi PNS.

Sehingga, software yang dibutuhkan oleh pekerja kantoran tidak jauh berbeda dengan software yang digunakan oleh mahasiswa.

Software wajib No. 1 untuk laptop mahasiswa adalah aplikasi serba office. Software ini cukup ampuh mengatasi tugas-tugas di atas kertas mahasiswa. Di perkuliahan, mahasiswa akan menghadapi banyak hal yang membutuhkan aplikasi pengolah dokumen seperti Microsoft Office.

Baca juga: Cara Mengirim Artikel, Berita dan Tulisan ke Media Online: 100% Terbit!

Mayoritas pengguna laptop OS Windows pasti pakai Microsoft Office, makanya Microsoft Office menjadi aplikasi pilihan utama untuk berbagai kerjaan di atas kertas. Tapi, versi terbaik dari aplikasi ini masih berbayar.

Selain itu, ada juga aplikasi Open Office karya OS Linux. Aplikasi gretongan ini berjalan prima di OS Windows sehingga jadi pilihan utama mahasiswa yang tidak pengen ribet dengan lisensi software.

Sebenarnya banyak aplikasi office gratis. Bahkan sekarang juga banyak tersedia aplikasi office online. Silakan teman-teman memilih sesuai dengan selera.

Contoh paling terkenal adalah Microsoft Office Word yang banyak kita pakai. Seperti kita ketahui bahwa Microsoft Word adalah software yang diproduksi oleh Microsoft. Perusahaan yang juga memproduksi OS Windows.

Beberapa aplikasi pengolah dokumen yang kami rekomendasikan, antara lain:

  1. Microsoft Office (Microsoft Word, Excel dan Powerpoint)
  2. WPS Office
  3. Libre Office

Microsoft Office

Software Microsoft Office sangat familiar bagi siapa saja karena merupakan aplikasi pengolah dokumen paling populer di Indonesia.

Di versi Mobilenya saja, telah didowload oleh lebih 100 juta pengguna. Jumlah yang sangat fantastis. Untuk versi dekstop, Microsoft Office paling banyak digunakan dari seluruh software pengolah dokumen lainnya. Karena microsoft office memiliki berbagai macam aplikasi dan dengan fungsi-fungsi yang berbeda juga.

Misalnya, Microsoft Office Word untuk menulis tugas mahasiswa dalam bentuk artikel. Ada Microsoft Office Excel untuk keperluan membuat tabel dan menghitung secara otomatis. Kemudian ada Microsoft Office Power Point yang berguna untuk presentasi mahasiswa.

WPS Office

WPS merupakan akronim dari Writer, Presentation, dan Spreadsheets. Fungsinya tidak jauh berbeda dengan namanya. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan Kingsoft. Aplikasi ini memiliki tiga aplikasi utama yaitu WPS Writer, WPS Presentation dan WPS Spreadsheets.

Jika kamu ingin mencoba software pengolah data selain Microsoft Office, kamu bisa mencoba WPS Office untuk mewarnai proses perkuliahanmu.

Libre Office

Libre Office sebenarnya versi Windows dari OpenOffice.org. Software ini dikembangkan oleh perusahaan The Document Foundation atau TDF. Fungsinya tidak jauh berbeda dengan Microsoft Office dan WPS Office.

Rekomendasi Software Pengolah Dokumen Lainnya

Tentu, masih banyak lagi aplikasi pengolah dokumen selain yang kami sebutkan. Teman-teman silakan mencari sesuai dengan kebutuhan perkuliahan dan sesuaikan dengan jurusan teman-teman.

2. Software Berselancar Internet (Aplikasi Web Browser)

Goggle Chrome Logo

Mahasiswa akan sangat membutuhkan web browser untuk berselancar mengarungi lautan ilmu yang amat luas.

Web browser adalah software yang digunakan untuk mengakses alamat website. Sekarang, sudah sangat banyak aplikasi web browser yang tersedia.

Untuk top aplikasi, kami merekomendasikan Google Chrome. Produk Google pasti dijamin mantap. Browser ini dianggap sebagai yang terbaik di dunia saat ini.

Baca juga: Kekurangan Lulusan Sarjana Teknik atau Kekurangan Lulusan Kompeten?

Lalu menyusul di peringkat kedua Mozilla Firefox. Browser ini menawarkan ribuan jenis add on untuk keperluan browsing. Selain itu, browser satu ini sangat mendukung privacy user.

Namun bukan hanya dua Browser di atas yang merupakan browser terbaik. Ada banyak browser yang bisa kamu coba dan sesuaikan dengan kebutuhan teman-teman. Berikut beberapa software web browser yang bisa kamu coba:

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Microsoft Edge
  4. Safari
  5. Opera
  6. Yandex
  7. UC Browser
  8. Safe Exam browser
  9. Brave
  10. Puffin
  11. Tor

Sebenarnya masih banyak browser lainnya. Silakan teman-teman cari sesuai dengan kebutuhan.

3. Software Pembaca PDF (PDF Reader)

Adobe Reader

Aplikasi PDF Reader penting untuk membaca file-file PDF yang mungkin saja disajikan oleh dosen untuk dibaca. Atau mungkin teman-teman senang membaca e-book. Biasanya, E-book bentuknya dalam format PDF.

Saat ini, sangat banyak software pembca PDF. Teman-teman silakan memilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan.

Berikut aplikasi pembaca PDF yang kami sarankan:

  1. Adobe Acrobat Reader
  2. Foxit Reader
  3. Nitro PDF
  4. WPS Office
  5. Google PDF Viewer (Add On di Google Chrome)
  6. Slim PDF
  7. Expert PDF Reader
  8. Sumatra PDF
  9. Javelin PDF

Selain pembaca PDF di atas, masih banyak aplikasi PDF yang bisa teman-teman coba.

4. Software Kamus

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Sudah pasti kamu akan butuh kamus. Baik itu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) atau kamus Indonesia ke bahasa lain begitupun sebaliknya.

Kamus bahkan sangat penting bagi kalian yang mengambil jurusan bahasa atau jurusan sastra Indonesia atau sastra asing.

Banyak software kamu yang tersebar di jagad maya. Tapi, kami hanya merekomendasikan beberapa yang populer. Tapi, kamu bisa cari sesuai dengan kebutuhan perkuliahan.

Berikut kamus yang kami rekomendasikan:

  1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
  2. Kamus 2.04 Ebisoft
  3. Indodic
  4. QTranslate

Selain kamus di atas, teman-teman bisa mencari software kamus lainnya sesuai dengan keperluan. Misalnya, ada teman-teman yang jurusan bahasa Perancis atau Jerman maka silakan dicari software kamusnya.

5. Software Edit Foto, Edit Gambar dan Desain Grafis

Adobe Photoshop

Sekarang, mahasiswa manapun harus bisa desain grafis (paling minimal bisa edit foto dan gambar). Karena sekarang orang-orang lebih senang lihat gambar daripada teks.

Ilmu ini juga penting kamu pakai untuk menghasilkan presentasi yang berkualitas saat perkuliahan atau bisa juga dipakai untuk berbagi pencerahan di media sosial.

Baca juga: Efektivitas Kinerja Organisasi Mahasiswa di Tengah Covid-19

Saya ulangi, “berbagi pencerahan”. Karena mahasiswa harus mencerahkan dunia.

Software edit foto dan gambar sudah sangat banyak. Kamu bisa pilih sesuai dengan kemampuanmu dalam mengedit. Karena yang terpenting itu hasilnya. Percuma aplikasinya bagus dan mahal, tapi kamu tidak bisa lakukan.

Berikut beberapa aplikasi desain grafis yang kami rekomendasikan:

  1. Adobe Photoshop
  2. CorelDRAW
  3. Adobe Lightroom
  4. Photo Scape
  5. Pixlr Online
  6. Artweaver
  7. Photo Pos Pro
  8. DxO Photolab
  9. Paintshop Pro
  10. Skylum Luminar
  11. Affinity Photo
  12. GIMP (GNU Image Manipulation Program)
  13. Capture One Pro

Aplikasi edit foto dan gambar masih sangat banyak. Bahkan yang online juga sudah banyak. Silakan pilih dengan bijak.

6. Software Social Chat

Whatsapp Logo

Aplikasi Sosial Chat sangat bermanfaat untuk komunikasi cepat. Kamu pasti akan sangat banyak memakai tiga aplikasi ini selama kuliah. Meskipun aplikasi ini lebih banyak di HP, tapi alangkah baiknya juga terpasang di laptop teman-teman.

Sosial Chat yang paling kami rekomendasikan adalah yang saat ini banyak penggunanya, yaitu WhatsApp, Telegram dan LINE.

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi social chat. Dan, mungkin saja ke depan akan bertambah lagi. Namun, sejauh ini, tiga aplikasi itu yang populer digunakan.

7. Software Pemutar Video (Multimedia Player)

VLC Media Player

Tidak semonoton daftar aplikasi di atas, kadang-kadang mahasiswa juga butuh hiburan seperti menonton film. Karena, kadang film ini jadi sumber inspirasi mahasiswa. Tapi, kami ingatkan, jangan menghabiskan waktu dengan film yang tidak bermanfaat.

Silakan teman-teman memilih aplikasi pemutar video yang kami sarankan. Jangan lupa pilih yang sesuai dengan spesifikasi laptopmu.

Selain itu, berikut software pemutar video yang kami rekomendasikan untuk laptop teman-teman:

  1. VLC Media Player
  2. Media Player Classic
  3. Quick Time Player (Buatan Apple)
  4. GOM Player
  5. PotPlayer
  6. KMPlayer
  7. DivX Player
  8. ACG Player
  9. Kodi
  10. Media Monkey

8. Software Antivirus

BitDefender Antivirus

Antivirus adalah aplikasi yang berfungsi untuk mencegah datangnya berbagai serangan baik berbentuk virus atau malware bahkan phising.

Software wajib bagi laptop kamu selanjutnya adalah Aplikasi Antivirus. Aplikasi ini untuk menjaga laptop kamu dari serangan virus. Jika lupa diinstal, bisa-bisa file-filemu akan rusak dan berantakan.

Sebelum itu terjadi, sebaiknya kamu pasang software antivirus untuk laptop. Ada banyak software antivirus yang bisa jadi pilihanmu. Kami akan membantu menyebutkan beberapa rekomendasi software antivirus terbaik yang bagus untuk laptopmu.

Baca juga: Lebih Baik Mana Ngejar IPK, Aktif Berorganisasi atau Kuliah Sambil Bekerja

Beberapa dari antivirus tersebut berbayar tapi biasanya juga tersedia software antivirus dalam versi gratis. Bahkan, ada juga antivirus yang dibuat oleh anak Indonesia, yaitu SmadAV.

Berikut antivirus yang kami rekomendasikan Pengembang Antivirus. Kami sebut pengembang karena biasanya type-type antivirusnya akan berbeda-beda. Silakan teman teman pilih. Pastinya, pilih yang gratis.

Berikut daftarnya:

9. Software Transfer File

SHAREit File Transfer

Transfer File pasti akan sering dilakukan mahasiswa selama menuntut ilmu di kampus. Entah itu transfer file dari dari laptop ke laptop atau transfer file dari PC ke PC. Bisa juga, dari HP ke laptop atau PC juga begitupun sebaliknya.

Saat ini transfer file banyak bentuknya. Transfer file menggunakan hardware (flash disk) sudah sangat sering digunakan. Tapi kekurangannya, jika flash disk terkena virus atau rusak karena faktor lain maka dile kita akan ikut lenyap.

Dulu, bluetooth juga banyak dipakai namun sekarang sudah mulai ditinggalkan karena lama.

Sekarang, transfer menggunakan software sangat dianjurkan. Selain cepat dan mudah juga aman.

Yang selama ini kita kenal menggunakan Flash Disk.

Baca juga: Cara Kirim Artikel atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia

Transfer file atau mengirim file antar perangkat mempunyai banyak cara baik itu antar PC, antar handphone, atau PC ke handphone.

Semoga juga mampu menjawab pertanyaan lainnya. Berikut kami sajikan beberapa software transfer file:

  1. SHAREit
  2. Xender
  3. Zapya
  4. Feem
  5. Send Anywhere
  6. Share me Files

10. Software Penyimpanan (Software Cloud Storage)

Google Cloud Storage

Selain software pengiriman file, kami anjurkan teman-teman juga memiliki Cloud Storage untuk menyimpan file secara online. Cloud Storage adalah penyimpanan data secara online. Itulah kira-kira kegunaan Colud Storage.

Jangan hanya mengandalkan laptop dan hardisk, apalagi flash disk. Karena, hardware akan rusak pada waktunya.

Maka dari itu, Cloud Storage penting untuk menjaga file kita tetap aman. Saat ini, sudah sangat banyak penyedia layanan cloud storage di Indonesia. Mulai dari Cloud Storage berbayar hingga yang gratis.

Bahkan sekarang sudah ada Cloud Storage Indihome. Ini asli milik BUMN kita.

Berikut daftar Cloud Storage yang kami rekomendasikan:

  1. Google Cloud
  2. OneDrive
  3. IDrive
  4. PCloud
  5. Dropbox
  6. SpiderOakOne
  7. Mega
  8. Tresorit
  9. IndiHome

11. Software Archive Manager (Pembaca File .rar dan .zip)

Winrar Archive

Mungkin kita sering menemukan file dengan ekstensi .rar atau .zip. Nah cara membuka file tersebut adalah dengan menggunakan software archive manager.

Software Archive Manager paling populer digunakan adalah Winrar. Namun, masih banyak aplikasi lainnya yang bisa kamu coba kalau ingin mencoba hal baru.

Berikut daftar aplikasi Archive Manager:

  1. Winrar
  2. WinZIP
  3. 7zip
  4. Bandzip
  5. HaoZip
  6. iZarc
  7. PeaZip

12. Software Download Manager

Internet Download Manager

Nah, ini salah satu aplikasi sangat penting untuk membantu teman-teman mendownload file dengan cepat. Mungkin, untuk file ringan kita tidak perlu aplikasi cukup menggunakan download manager Chrome.

Tapi, jika filenya berat, apalagi jika jaringannya tidak kencang maka kita butuh software download manager. Ada banyak software download gratis dan berbayar yang bisa kamu instal di laptop kalian.

Berikut daftarnya:

  1. Internet Download Manager
  2. Free Download Manager
  3. Ninja Download Manager
  4. GetGo Download Manager
  5. EagleGet
  6. Download Accelerator Plus (DAP)
  7. Downthemall
  8. uGet
  9. Advanced Download Manager
  10. Internet Download Accelerator

13. Software Maintenance Laptop (Aplikasi Optimasi dan Tune Up)

CCleaner

Aplikasi Maintenance sangat penting menjaga performa laptopmu. Di beberapa aplikasi maintenance juga sudah menyediakan penghapus aplikasi (uninstaller).

Berikut daftar software maintenance yang kamu bisa coba di laptopmu:

  1. CCleaner
  2. Iobit Advance SystemCare
  3. AVG PC TuneUp
  4. Avast Cleanup
  5. Advance System Optimizer
  6. Ashampoo WinOptimizer
  7. Razer Cortex
  8. Total PC Cleaner
  9. Iolo System Mechanic
  10. Disk Cleanup (aplikasi bawaan Windows)

14. Software Video Conference

zoom

Aplikasi video conference penting untuk kamu instal. Karena, semakin berkembang teknologi, maka ke depan kuliah akan banyak dilaksanakan secara online. Aplikasi yang saat ini banyak dipakai adalah Zoom Meeting dan Google Meet. Kamu wajib download aplikasi ini.

15. Software Video Editing (+)

Adober Premier Pro Logo

Kini, video sangat populer. Makanya Youtube begitu populer. Kami menyarankan teman-teman mempelajari editing video.

Mungkin kalian bisa mencoba mempublikasikan ilmu-ilmu yang bermanfaat ke Youtube. Jika tiba-tiba viral maka kamu akan termotivasi untuk membuat video yang lebih baik. Tentu, bersamaan dengan itu, uang mengalir.

Saat ini, banyak video editing software terbaik serta mudah digunakan. Ada juga yang free.

Berikut daftar Laptop dan PC Video Editor Software:

  1. Adobe Premiere Pro
  2. Windows Movie Maker
  3. Apple iMovie
  4. LumaFusion
  5. InShot
  6. Final Cut

16. !!! Jangan Instal Software Game

Bonus LARANGAN untuk menginstal software game di laptop kamu. Karena game itu tidak bermanfaat bagi perjuangan teman-teman menyelesaikan studi dan akan mengganggu fokus belajar.

Jika butuh hiburan, kalian mending mencoba untuk mencari kesibukan lain seperti ngopi bareng, naik gunung, main futsal atau diskusi dengan teman-teman.

Kamu juga bisa isi waktu luangmu dengan masuk organisasi mahasiswa. Misalnya, masuk organisasi intra kampus, semisal BEM, Senat, Mapala atau UKM lainnya. Atau, kamu juga bisa masuk organisasi ekstra kampus seperti HMI, IMM, GMNI, PMII, KAMMI, dll. Kamu bisa juga bergabung dengan organisasi daerah asalmu jika kamu merantau. Misal, organsisasi mahasiswa asal Sulawesi Selatan, IKAMI Sulsel.

Jadi, Jangan instal software game.

Demikian 100+ Aplikasi dan Software Wajib Laptop Mahasiswa, Agar Cepat Lulus dari kampus. Tentu, masih banyak software lain yang mungkin penting kalian instal di laptop sesuai dengan prodi kalian. Misalnya, software akuntansi untuk anak jurusan akuntansi serta software engineering untuk teman-teman calon engineer.

Rahmat Al Kafi
Pemimpin Umum Media Mahasiswa Indonesia

Ikuti berita terbaru di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI