Persaingan Bisnis Seiring dengan Perubahan Perilaku Konsumen di Masa Transisi New Normal

Bisnis
Persaingan Bisnis Seiring dengan Perubahan Perilaku Konsumen di Masa Transisi New Normal

Saat ini kemajuan dan perkembangan zaman membuat para pebisnis mulai sedikit banyak termotivasi untuk mengembangkan ide bisnisnya.

Tentu kejelian pebisnis dan pemilik usaha dalam mengamati lingkungan sekitar ini dapat dimulai dengan dengan adanya pemanfaatan sumber daya yang ada serta mengamati perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian mengingat saat ini tren pasar yang semakin beragam dan inovatif sehingga mau tidak mau pebisnis juga mulai dituntut untuk mengikuti perkembangan tersebut.

Konsumen pun tentu akan lebih tertarik dengan tren daripada harus terus bertahan dengan produk yang kuno.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Penerapan Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis

Saat ini perlu diketahui bahwa tren seperti ini tentu akan lebih mudah didapatkan ketika pebisnis mulai dapat melakukan pendekatan dengan konsumen yaitu tentu dengan memberikan pelayanan yang berbeda, tentunya setelah pebisnis mengetahui bentuk pelayanan seperti apa yang menyenangkan bagi konsumen.

Pelayanan yang baik akan membuat konsumen secara tidak sadar memberikan informasi yang akan dibutuhkan bagi para pebisnis. Informasi tersebut dapat berupa, saran produk yang diinginkan, kualitas layanan, maupun ide bisnis lainnya. Bukan tidak mungkin ketika konsumen merasa puas dengan kualitas bisnis yang dijalankan.

Bagi para pebisnis dan pemilik usaha, tentu ini merupakan peluang besar untuk menghidupkan kembali roda perekonomian yang sempat melambat sejak Maret 2020 mengingat bagaimana pandemi Covid-19 melanda indonesia terhitung lebih dari dua tahun.

Dengan adanya penerapan new normal saat ini telah membuat para pemilik bisnis semakin kompetitif untuk merebut kembali hati dan pikiran konsumen dengan produk dan layanan yang mereka tawarkan.

Selain harus menjaga inovasi dan kualitas produk, strategi pemasaran yang matang juga sebuah kunci utama agar para konsumen tetap datang kembali.

Dalam kondisi saat ini, dengan hadirnya teknologi juga akan membantu pemilik usaha untuk bisa semakin memperluas jangkauan pasarnya, baik itu melalui media umum, internet, dan ojek online untuk mempermudah konsumen dalam menjangkau suatu produk yang dimiliki.

Dalam tatanan baru kehidupan atau new normal, tren teknologi diperkirakan menjadi masa depan baru atau new feature bagi Indonesia dan dunia saat ini, perubahan yang terjadi saat ini dalam situasi new normal lantaran saat ini adanya perubahan pada pola interaksi masyarakat.

Baca Juga: Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis

Bagi para pebisnis dan pemilik usaha pemanfaatan tren teknologi menjadi jalan keluar dan warna baru untuk kemajuan bisnis mulai dari adanya tren berbelanja lewat online yang terus menjadi kebutuhan masyarakat saat ini kemudian adanya pembayaran dengan sistem digital yang saat ini semakin diminati karena sangat efisien.

Kejelian pebisnis dan pemilik usaha akan hal tersebut yang akan mendukung kemajuan bisnis yang dijalani dengan mengikuti tren pasar yang semakin beragam dan inovatif.

Penulis: 
1. Verawati
2. Agus Dwi Cahya, M.M.
Mahasiswa Manajemen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI