Penerapan Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis

Teknologi Informasi
Gambar: Saluran Media

Semakin berkembangnya teknologi maka semakin banyak juga bidang yang perlu dikembangkan. Salah satunya adalah teknologi informasi, ini merupakan bidang yang berkaitan erat dengan perkembangan teknologi. Tanpa adanya teknologi informasi mungkin perkembangan yang terjadi tidak akan semaju ini. Lalu apa itu teknologi informasi?

Teknologi informasi merupakan suatu teknologi yang memiliki fungsi dalam mengolah data, memproses data, memperoleh, menyusun, menyimpan, mengubah data dengan segala macam cara untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat atau juga berkualitas.

Selain itu fungsi dari teknologi informasi adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam aktivitas manusia.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis

Saluran Komunikasi

Singkatnya, proses komunikasi dapat digambarkan sebagai berikut: Pertama, proses komunikasi selalu dihasilkan oleh inisiatif seseorang yang ingin mengirim pesan ke orang lain atau sekelompok orang. Orang yang memulai komunikasi ini disebut communicator dan isi yang akan disampaikan disebut pesan.

Untuk menyampaikan pesan, komunikator membutuhkan media atau saluran. Dalam proses komunikasi, ada beberapa opsi saluran komunikasi: kabel (telepon, TV kabel, internet), gelombang elektronik (ponsel, televisi, radio), cetakan (koran, surat, majalah, buku).

Aspek selanjutnya dari proses komunikasi adalah umpan balik. Umpan balik adalah informasi yang disediakan komunikator kepada komunikator, yang menunjukkan bahwa pesan telah diterima dan dipahami.

Melalui umpan balik ini, komunikator dapat memverifikasi bahwa penerima atau pemanggil pesan menerima pesan sesuai keinginan.

Dalam komunikasi verbal, umpan balik dapat berupa kata-kata. Namun, pesan non-bahasa muncul lebih sering. Misalnya, komunikasi tersenyum yang menunjukkan bahwa sedang bahagia, anggukan sebagai indikasi persetujuan atau kecemasan.

Media

Media adalah alat yang digunakan untuk dengan mudah mengirimkan informasi dari satu orang dengan tujuan tertentu ke orang lain. Dengan adanya media akan memudahkan berbagai kegiatan dalam bisnis seperti memudahkan dalam promosi produk barang ataupun jasa, dengan adanya media juga dapat meningkatkan citra suatu bisnis demi mendapatkan kepercayaan publik terhadap perusahaan.

Fungsi media sebagai berikut:

  1. Pengiriman pesan yang efektif;
  2. Memperjelas maksud dan tujuan penyampaian pesan;
  3. Sebagai alat untuk membangkitkan motivasi ketika mendengarkan infomasi;

Jenis-jenis media sesuai sifatnya:

  1. Media suara, yaitu media yang dapat didengar seperti radio dan telepon;
  2. Media visual, yaitu media yang hanya bisa dilihat atau dibaca seperti koran dan majalah;
  3. Media audiovisual, yaitu media yang dapat dilihat saat mendistribusikan informasi, seperti televisi dan smartphone.

Baca Juga: Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis

Keuntungan dan Kelemahan Jenis-Jenis Media

  1. Media Suara
    • Keuntungan:
      • Pesan dapat dikirim langsung;
      • Dapat mengembangkan imajinasi atau interpretasi masing-masing pendengar;
      • Bentuk Sederhana dan jangkauannya luas;
      • Akuisisi murah dan mudah.
    • Kelemahan:
      • Sering terjadi gangguan;
      • Biaya pemasangan media tersebut relatif mahal;
      • Kecepatan pengiriman informasi tidak dapat diubah;
  2. Media Visual
    • Keuntungan:
      • Biaya rendah;
      • Dapat menimbulkan inspirasi dan imajinasi;
      • Dapat menghasilkan ide.
    • Kekurangan:
      • Memerlukan ketersediaan sumber daya dan keterampilan;
      • Kurang praktis dan lambat;
      • Hanya berbentuk gambar saja tidak ada audio visual;
      • Media visual yang terbatas media visual ini hanya berisi tulisan saja.
  3. Media Audiovisual
    • Keuntungan:
      • Menerima informasi sesuai kenyataan;
      • Pesan dikirim langsung;
      • Menyebabkan interpretasi yang berbeda;
    • Kelemahan:
      • Biaya pembuatan relatif tinggi;
      • Media audio yang lebih banyak menggunakan suara dan bahasa verbal, hanya mungkin dapat dipahami oleh pendengar yang mempunyai tingkat penguasaan kata dan bahasa yang baik;
      • Kurang mampu menampilkan detail dari objek yang disajikan secara sempurna.

Penerapan CD-ROM dalam bisnis

Dalam dunia bisnis, kedatangan CD-ROM di pasar dapat meningkatkan produktivitas, daya tarik, dan efisiensi aktivitas bisnis karena alasan berikut:

  1. Fungsi CD-ROM yang menyimpan banyak informasi;
  2. Tingkat fleksibilitas CD-ROM untuk mendapatkan informasi;
  3. ROM lebih murah daripada floppy disk;
  4. Dikombinasikan dengan multimedia, CD-ROM memainkan peran penting dalam proyek pelatihan. Dengan munculnya teknologi CD-ROM di pasar, produsen perangkat lunak dan perangkat keras telah mengembangkan dan meningkatkan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen;
  5. Pelatihan multimedia dalam format CD-ROM menjadi lebih mudah, lebih murah, dan lebih fleksibel dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Proses Komunikasi Bisnis di Era Digital

Aplikasi CD-ROM dan DVD-ROM dalam Bisnis

Dalam dunia bisnis, munculnya CD-ROM di pasar akan dapat membuat kegiatan bisnis menjadi lebih produktif, lebih menarik, dan lebih efisien karena beberapa alasan berikut:

  1. Kemampuan CD-ROM dalam menyimpan informasi dalam jumlah besar;
  2. Tingkat keluwesan CD-ROM dalam mendapatkan informasi;
  3. CD-ROM secara ekonomis lebih murah daripada floppy disk;
  4. Dengan menggabungkan multimedia, CD-ROM telah memainkan peranan yang penting dalam proyek-proyek pelatihan;
  5. Munculnya teknologi CD-ROM di pasar telah memotivasi produsen software dan hardware untuk mengembangkan dan meningkatkan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen;
  6. Multimedia pelatihan dalam format CD-ROM akan lebih mudah, lebih murah dan lebih luwes disesuaikan waktunya.

Penulis: Sarah Dwi Eprillia dan Samaeri Desnatalia Lase
Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pamulang

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Referensi:

Puwanto Djoko. 2011. Komunikasi Bisnis. Penerbit Erlangga: Jakarta

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI