Saling Bergantung antara Radio Komersial dan Digital

radio digital

Saat ini, sumber daya ekonomi media massa bergantung pada kemampuan mereka menghadapi Era Digit. Populer media massa Radio digunakan untuk bekerja sebagai lembaga ekonomi tetapi menggunakan teknologi analog. Sebenarnya tidak mudah menjadikan Radio sebagai ekonomi, Mengapa? Secara umum media dikenal sebagai kekuatan ke-4.

Kekuasaan di sebagian besar negara terbagi antara legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Lebih dari itu, ia melambangkan media atau pers sebagai segmen masyarakat yang memiliki peran tidak langsung tetapi penting dalam mempengaruhi sistem politik.

Phoebe Cooke, dalam artikelnya yang diterbitkan dalam berita online pada 30 Jul 2019, mengatakan bahwa: “Perkebunan menggambarkan pentingnya masyarakat” Dengan mempertimbangkan media di masyarakat tempat mereka terkait, menurut pendapat saya, untuk membahas dengan otoritas Investor harus kuat baik secara ekonomi maupun intelektual harus meningkatkan media radio.

Hal tersebut bisa memfasilitasi mereka untuk mendapatkan pemahaman yang baik dengan staf mereka dan dapat membantu meningkatkan dana lembaga dan mendukung peningkatan. Di samping itu, untuk komunikasi bisnis, Radio membutuhkan keterampilan, teori, dan teknologi yang cukup.

Era digital berbasis pada perkembangan pesat teknologi baru. Teknologi tersebut memerlukan Radio komersial untuk beralih dari sistem analog ke sistem digital. Banyak Stasiun Radio akan segera didigitalkan. Hal ini akan menjadi proses yang sangat mahal, tetapi pada akhirnya, manfaatnya akan sangat besar.

Radio East Coast MD Trish Taylor mengatakan kepada para peserta di Kongres Media dan Penyiaran Afrika 2006 yang diadakan di Sandton pada hari Rabu, 25 Oktober 2006. “Kami tidak hanya akan meihat banyak peluang yang terjadi di radio, tetapi juga akan ada yang menunggu radio (pendengar akan memiliki banyak pilihan),” tambah Taylor.

Bagaimana jika dilakukan oleh banyak Radio komersial? Bidang ini masih memiliki masalah yang berbeda seperti audiensnya, persaingan dengan media baru dan biaya peralatan lainnya yang cocok untuk bertahan hidup dengan era digital.

Saya percaya bahwa era digital menawarkan peluang bagi manusia. Menantang dalam Radio komersial adalah seperti normal dalam bidang pekerjaan lain. Yang lebih penting adalah mengambil cara mencari solusi yang sesuai dengan adaptasi di era baru berdasarkan teknologi digital tinggi.

Pertama-tama, Radio komersial perlu kerja lebih banyak dalam inovasi dan kreativitas. Kedua, mempertahankan nilai-nilai mereka untuk tetap dipertanyakan oleh audiens dan bekerja sama dengan lembaga lain yang berjuang melawan, yang akhirnya membahas teknologi digital akan menjadi salah satu kunci sukses untuk adaptasi terbaik di era digital.

Singkatnya, semua jenis lembaga harus membahas tentang kita yang hidup di zaman yang saling terkait yang meningkat dan berubah semakin cepat. Sebagian besar yang didukung oleh kemajuan teknologi seperti komputasi berbiaya rendah, internet, dan konektivitas seluler.

Momen perubahan menghadirkan peluang baru untuk menyelesaikan masalah lama. Efisiensi, inovasi, dan kecepatan dunia yang terhubung dengan digital dapat diperdebatkan apa yang bisa dilakukan oleh semua orang termasuk yang telah terpinggirkan. Radio Komunikasi komersial dan media massa harus menerima untuk bertahan hidup di bawah yang didukung teknologi digital.

Jean Nsengiyumva
Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Editor: Diana Intan Pratiwi

Baca juga:
Spoon Radio: Solusi Pintar Belajar Menjadi Penyiar
Kesenian Ludruk di Jawa Timur yang Mulai Pudar
Bagaimana Dampak Pencemaran Tanah bagi Kesehatan, Ekonomi, Ekosistem di Lingkungan

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI