5 Tips Sukses Jualan Online bagi Mahasiswa saat Pandemi Corona

Foto: Pixabay.com

Sudah hampir tiga bulan sekolah maupun perguruan tinggi melakukan sistem kuliah online. Banyak dampak positif dan negatifnya bagi mahasiswa. Salah satu dampak negatifnya, yaitu mereka tidak lagi mendapatkan uang bulanan dari orang tua mereka. Padahal kebutuhan seperti membeli paketan internet cukup banyak. Bagaimana cara mengatasinya? Yaaa dengan berjualan online tentunya. Artikel ini akan mengulas 5 tips sukses jualan online bagi mahasiswa di tengah pandemi corona.

Salah satu bisnis online yang bisa dicoba adalah berjualan dengan membuka toko online atau online shop. Bagaimana jika kamu belum tahu apa saja cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk jualan online? Tenang saja karena pada bagian berikut ini akan dijelaskan setidaknya 5 cara yang bermanfaat digunakan dalam berjualan online. Penasaran apa saja cara-cara tersebut? Simak penjelasannya di bagian berikut ini.

Berikut akan dijelaskan dari tahapan awal apa saja yang seharusnya kamu lakukan untuk berjualan online. Dengan begitu kamu bisa berjualan online dengan mudah dan bisa mendapatkan keuntungan yang menjanjikan juga. Jadi, berikut ini penjelasan mengenai 5 tips sukses jualan online. Semoga bermanfaat!

Mulailah dengan Memilih Produk yang Akan Dijual

Produk yang kamu pilih untuk dijual secara online sebaiknya sudah kamu pertimbangkan. Jangan pilih produk musiman atau yang sifatnya sementara mengikuti trend saja. Jual produk yang memang dibutuhkan masyarakat secara terus menerus. Jualah produk yang yang bisa kamu  buat sendiri misalnya keripik tempe, bakso goreng, seblak, dan lain-lain. Bahan yang mudah dan juga murah tetapi untung banyak.

Menghitung Biaya Produksi atau Operasional atas Produk dan Jasa

Selanjutnya yaitu kamu harus melakukan perhitungan berapakah biaya produksi atau operasional yang akan kamu keluarkan di muka. Kamu bisa menggunakan aplikasi bawaan laptop, yaitu Microsoft Excel agar lebih mudah saat menghitung. Apabila kamu adalah supplier, maka kamu harus menghitung pula biaya antar atau bensin yang sering kita sebut biaya logistik.

Menentukan Harga Jual atas Produk atau Jasa yang Ditawarkan

Menentukan berapa harga jual yang akan kamu terapkan untuk masing-masing produk atau jasa tersebut. Tentukan harga sesuai kebutuhan konsumen saat ini, karena sedang pandemi, banyak masyarakat yang tidak bekerja. Maka, lebih baik beri harga yang relatif terjangkau tetapi barang atau jasa yang ditawarkan juga memuaskan.

Buat Toko Online di Media Sosial

Sekarang kamu bisa memilih ingin berjualan menggunakan media sosial (Instagram, Facebook, atau Twitter) atau platform seperti Shopee, Buka Lapak, Lazada dan lain-lainnya. Setelah membuat akun, tentunya kamu harus mengisinya dengan produk atau jasa yang akan kamu jual dan tawarkan kepada calon pembeli.

Lakukan Pemasaran Produk dengan Baik

Pemasaran dapat kamu lakukan dengan berbagai teknik sesuai kebutuhan dan kemampuan. Jika budget kamu memenuhi, kamu bisa memasang iklan. Saat ini, banyak juga artis-artis papan atas membuka jasa open endorse atau jasa mempromosikan jualan yang kita jual. Tips lainnya yaitu melakukan give away ataupun memberi diskon. Cara tersebut untuk meningkatkan jumlah calon kostumer yang mengetahui produk yang kamu jual.

Beberapa tips mengenai cara berjualan online yang saya berikan di atas sepertinya cukup memberikan gambaran umum mengenai apa saja yang sebaiknya kamu lakukan dalam menjual produk atau jasa secara online. Tetap jaga kesehatan dan taati aturan dari pemerintah untuk tetap di rumah saja. Jika ada keperluan mendesak untuk keluar rumah, tetap jaga jarak dan jangan lupa pakai masker kamu. Semoga pandemi ini cepat berakhir. Terima kasih.

Andini Wahyu Nurbaiti
Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

Editor: Diana Intan Pratiwi

Baca juga:
Efektifnya Platform Online bagi UMKM Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia
Jual Beli Online, Dampak dan Pengaruhnya bagi Masyarakat
5 Tips Agar Sukses Menjual Produk Tanpa Bertatap Muka saat Wabah Covid-19

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI