Tips Mudah Kuliah Sambil Kerja

tips kuliah sambil kerja
Foto: Pixabay.com

Manajemen waktu yang baik sangat dibutuhkan bagi seorang mahasiswa yang memilih kuliah sambil bekerja, meskipun itu tidak mudah masih banyak juga mahasiswa yang kuat menjalani kehidupan tersebut. Ya, tidak lain dan tidak bukan tujuannya mendapatkan ilmu, gelar, pengalaman dan sekaligus uang jajan tambahan. Artikel ini akan membahas tips mudah kuliah sambil bekerja.

Jika tidak pintar-pintar dalam memanfaatkan waktu yang ada, maka yang akan terjadi adalah terkorbankanlah salah satu dari kegiatan tersebut. Entah itu putus kuliah atau keluar dari pekerjaan kita.

Ya itu memang pilihan yang sulit, tapi semua itu bisa kita lewati jika kita bisa memanfaatkan waktu yang ada. Khususnya waktu istirahat maupun waktu main bareng teman. Pada umumnya kelas para pekerja di mulai pada malam hari setelah pulang bekerja, tapi ada juga yang kerja secara part time dan merekalah yang lebih terbebani karena jadwal kuliah yang tidak menentu. Sehingga langkah yang paling baik adalah harus benar-benar bisa manajemen waktu dengan baik.

Agar kamu dapat menjalani keduanya tanpa ada yang harus dikorbankan, berikut sedikit tips yang bisa kamu terapkan untuk mempertahankan keduanya.

1. Membuat jadwal rencana yang tersusun

Sebelum tidur buatlah rencana kecil apa yang akan kamu lakukan besok di tempat kerja, tips ini penting agar kamu tidak telat dalam menyelesaikan pekerjaan, sehingga itu tidak membuat kamu telat datang di perkuliahan

Luangkan waktumu 5-10 menit untuk menyusun rencana apa saja yang akan kamu kerjakan besok, dapat dipastikan kamu akan lebih menghemat waktumu.

Kamu juga bisa jujur dari awal atau berbicara pada atasanmu bahwa kamu kerja sambil kuliah. Mungkin itu bisa membuat atasanmu lebih mengerti, semua atasan akan lebih respek kepadamu jika kamu jujur

Minta dia memberi kompensasi pulang lebih awal agar kamu tidak terburu-buru untuk pergi kuliah.

2. Buatlah skala prioritas

Jangan hanya membuat jadwal, buatlah skala prioritas. Dahulukan yang lebih mendesak itu akan membuatmu menyelesaikan semua pekerjaan dan tugas-tugas dari perkuliahan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Misalnya kamu biasa menyelesaikan tiga tugas perhari, tapi ada dua tugas yang deadline pengumpulan tugasnya lebih awal, maka langkah yang harus diambil adalah kerjakan tugas dengan deadline terdekat.

Fungsi dari skala prioritas ini, kamu dapat menyelesaikan tugas kuliah tanpa ada beban dari tugas di tempat tempat kerjamu.

3. Manfaatkan waktu luang, seperti weekend dan lainnya

Membuat keputusan kuliah sambil bekerja memanglah akan merampas sebagain besar waktu senggang dan waktu istirahatmu, pasalnya pada waktu-waktu tersebut lebih baik kamu gunakan untuk mengerjakan tugas perkulihan.

Luangkan waktu akhir pekanmu untuk mengerjakan tugas dari perkuliahan, itu akan sedikit menghilangkan beban saat hari-hari biasa di tempat kerja. Jangan sekali-kali kamu mengerjakan tugas perkuliahan di tempat kerja, itu akan dinilai oleh atasanmu tidak profesional dalam menjalankan tugas.

4. Kurangi liburan dan nongkrong dengan teman

Liburan atau nongkrong bersama teman adalah kebiasaan seorang mahasiswa di akhir pekan, setelah lelahnya mengerjakan tugas dari para dosen di perkuliahan. Namun, semua itu hanya bisa dilakukan oleh seorang mahasiwa biasa, bukan seorang mahasiswa yang sekaligus sebagai pekerja.

Sekarang jika kamu seorang mahasiswa sekaligus pekerja, maka akhir pekan bukanlah waktu untuk bermain-main dengan teman maupun pergi berlibur. Sebagai mahasiswa sekaligus pekerja, maka lebih baik waktu tersebut kamu gunakan untuk mengerjakan tugas yang lainnya. Meskipun batas waktu pengerjaan masih jauh-jauh hari itu bisa membuatmu lebih tenang dalam bekerja, tidak memikirkan tugas karena sudah dikerjakan terlebih dahulu.

Jika temanmu mengajak untuk berlibur, tolak dulu selagi kamu menempuh studi. Diajak nongkrong akhir pekan, gak ada salahnya kamu jalani asal kalau kamu punya waktu luang lebih.

Tapi, lebih baik waktu luang dimanfaatkan untuk belajar dan mengerjakan tugas kuliah biar gak mengganggu waktu kerjamu.

5. Manfaatkan teknologi canggih masa sekarang

Saat perkuliahan berlangsung, lebih baik hindari mencatat materi tersebut agar lebih menghemat tenaga dan waktumu. Tapi jika itu sudah menjadi kebiasaan kamu maka lanjutkanlah. Tapi dikhawatirkan kamu lebih sibuk mencatat materi dibandingkan memahami materi yang disajikan.

Lebih baik kamu meminta file materi perkuliahan yang telah diberikan oleh dosenmu dan manfaatkan materi tersebut untuk dipelajari. Copy file tersebut di handphone, laptop, maupun flashdisk agar lebih memudahkanmu mempelajari di manapun dan kapanpun.

Intinya jika kamu sudah bisa memanfaatkan waktu luang antara bekerja dan kuliah maka 2 kegiatan ini akan mudah kamu jalani, tanpa ada yang harus dikorbankan.

Tapi ada catatan penting jika antara pekerjaan dan kuliah kamu harus memilih, maka kamu harus memilih kuliah dulu karena itu untuk masa depan kamu.

Pekerjaan bisa dicari lagi apalagi kamu sudah sarjana ataupun sudah master, itupun akan lebih memudahkan kamu mendapatkan sebuah perkerjaan.

Moh. Eizal Leviansyah
Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

Editor: Ningga Yudha Prajna

Baca juga:
Lebih Baik Mana Ngejar IPK, Aktif Berorganisasi atau Kuliah Sambil Bekerja
Bisakah Uang yang Bekerja untuk Kita?
Dampak PSBB Terhadap Tenaga Kerja di Indonesia Studi Kasus Jawa Barat

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI