Tips Jaga Kesehatan dalam Situasi Pandemi Covid-19

tips jaga kesehatan
Foto: Pixabay.com

Memiliki badan dan jiwa raga yang sehat saat pandemi covid-19 adalah harapan semua orang salah satunya dengan menghindari kerumunan massa. Tapi, menjadi mustahil bagi para pekerja. Oleh karena itu para pekerja harus tahu tips atau cara menjaga kesehatan di situasi pandemi covid-19.

Sebagaian besar perusahaan-perusahaan sudah menerapkan kebijaan kerja di rumah atau work from home (WFH), di mana semua pekerjaan karyawan kantor dikerjakan di rumah sendiri. Jika salah satu dari kamu ditugaskan WFH maka kamu mendapatkan keuntungan karena tidak harus pergi ke kantor dan menghindari kerumunan.

Jika kamu tidak termasuk golongan karyawan yang kerja dari rumah maka kamu harus lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan, sehingga kamu tidak mudah terinfeksi virus corona.

Pentingnya prilaku gaya hidup sehat harus segera diterapkan di situasi saat ini apalagi kamu termasuk orang-orang yang tidak bekerja di rumah, berikut ini tips agar kamu tetap sehat dalam menjalani pekerjaan di situasi pandemi covid-19:

1. Menjaga pola makan sehat

Meskipun tetap bekerja di situasi pandemi covid-19 ini, kita harus memperhatikan kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Dalam sebuah penelitian makan sehat tidak hanya makan rutin tetapi harus 4 sehat 5 sempurna, seperti sayuran, biji bijian, buah yang kaya akan serat lemak baik dan vitamin.

Komponen makanan tersebut sebagai sumber energi dan lemak dapat membantu penyerapan berbagai vitamin yang larut dalam lemak.

Selain itu kurangi makanan yang mengandung gula karena itu tidak baik bagi kesehatan. Keadaan tubuh kita yang jarang olahraga di situasi seperti ini bisa menyebabkan penumpukan gula dan menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes, gula darah tinggi dan lain lain.

2. Tidur dan istirahat yang cukup

Meskipun kamu bekerja di kantor, kamu harus tetap beristirahat yang cukup di rumah dengan tidur 8 jam itu akan membuatmu bugar pada pagi harinya.

Jika kamu tidur kurang dari jam normal maka kamu akan lebih kelihatan capek di paginya bahkan dapat mengganggu aktivitasmu seperti ngantuk saat berkendara maupun saat di tempat kerja dan itu bisa dianggap oleh atasanmu tidak profesional.

3. Lakukan olahraga fisik

Meskipum sibuk dalam urusan pekerjaan tapi olahraga juga penting untuk menjaga kesehatan dalam situasi pandemi covid-19 ini olahraga bisa dilakukan di mana saja. Tidak harus keluar rumah di dalam juga bisa manfaatkan apapun yang ada karena olahraga bisa menjaga kesehatan.

Olahraga dapat mencegah berbagai penyakit seperti kangker, jantung, stroke, diabetes dan lain lain. Serta dapat membantu mengurangi depresi osteoporosis, tekanan darah tinggi dan tidak mudah mengalami cidera.

Olahraga juga dapat membuat badan agar tetap fit, mulai sekarang cobalah meski tidak lama hanya 10-30 menit saja.

4. Jaga kebersihan

Kamu seorang pekerja aktif dan sering menjumpai kerumunan orang maka kamu harus menjaga kesehatan dengan selalu jaga kebersihan, virus covid19 ini sering menular pada orang yang tidak menjaga pola hidup bersih.

Jaga kesehatan bisa dilakukan secara sederhana dengan mencuci tangan pakai sabun hingga bersih setelah berkontak fisik dengan orang itu sudah cukup untuk memulai hidup jaga kebersihan.

5. Melakukan kegiatan agar tidak stres

Dalam banyak artikel dijelaskan bahwa penyebab tertularnya virus covid-19 adalah kecemasan masyarat terhadap virus covid-19 mengingat sudah banyak yang positif dan meninggal, kita boleh saja takut dan waspada tetapi tidak terlalu over kita harus tetap berfikiran positif.

Banyak cara untuk menghilangkan stres seperti berolahraga, yoga dan bersenang senang di akhir pekan.

Itu dia sedikit tips menjaga kesehatan di situasi pandemi covid19 , selalu biasakan melakukan gaya hidup sehat di situasi pandemi covid-19 ini agar tubuh tetap prima dan pandemi ini segera berakhir.

Moh Rizal Leviansyah
Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

Baca juga:
Pentingnya Menjaga Kesehatan dan Menerapkan Pola Hidup Sehat
Pentingnya Pelajar Menjaga Kesehatan di Tengah Mewabahnya Virus Corona Guna Memperlancar Pembelajaran Secara Online
Pentingnya Menjaga Imunitas Tubuh di Masa Pandemic Covid-19

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI