Pentingnya Menjaga Kesehatan dan Menerapkan Pola Hidup Sehat

Pola Hidup Sehat

Kesehatan merupakan salah satu harta yang paling berharga untuk setiap orang di dunia ini. Kesehatan juga merupakan anugrah dan nikmat yang diberikan oleh Tuhan untuk umatnya. Namun, dalam kehidupan sehari-hari sudahkah kita menerapkan pola hidup sehat? Faktanya, akhir-akhir ini masih banyak di lingkungan masyarakat yang dengan mudah terkena penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus itu sendiri dapat menular dengan cepat apabila kondisi tubuh sedang lemah dan kondisi lingkungan yang tidak bersih. Maka dari itu, pentingnya untuk kita agar selalu menerapkan pola hidup yang sehat.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang halal dan menyehatkan. Seperti yang terdapat dalam Q.S. Abasa, ayat 24, yang artinya “Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya”. Maksud dari ayat tersebut yaitu kita diperintahkan untuk memperhatikan apa yang kita makan. Maksud memperhatikan di sini bisa diartikan agar kita tidak sembarangan dalam memilih makanan dan agar tidak memakan apa yang dilarang atau diharamkan dalam agama, seperti memakan daging babi, meminum khamr, memakan hewan yang menjijikan, dan lainnya. Dilihat dari sisi medis, mengapa daging babi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena ternyata di dalam tubuh babi terdapat cacing pita yang mana cacing pita itu sendiri berbahaya bagi tubuh manusia apabila masuk ke dalam saluran pencernaan. Jadi, kita harus selektif dalam memilih makanan yang akan kita konsumsi agar kesehatan kita tetap terjaga dan terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya.

Ada banyak hikmah yang dapat kita ambil dari perilaku menjaga kesehatan dan menerapkan hidup sehat. Diantaranya, yaitu tubuh kita terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya, lingkungan menjadi bersih, ibadah menjadi semangat karena tubuh yang sehat dan masih banyak lainnya. Oleh karena itu sebagai umat yang beragama sudah sepatutnya kita bersyukur dengan apa yang Tuhan berikan dengan cara menjaga dan merawatnya dengan baik, terutama kesehatan karena sehat itu sangat mahal harganya. Dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan, karena kebersihan merupakan bagian dari iman.

Nensi Mandakini
Mahasiswa IAIN Pekalongan

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI