Belajar Tentang Jantung

jantung

Jantung merupakan organ yang paling penting dalam tubuh manusia. Pernahkah kalian melihat seseorang hidup tanpa jantung? Tentu tidak.

Jantung memiliki peranan penting, tentu kalian tahu fungsi utama jantung yaitu memompa darah tapi kali ini aku mau mengajak kalian sama-sama belajar lebih jauh tentang jantung.

Apa aja sih yang terdapat didalam jantung? Ternyata jantung punya banyak ruang dan katup loh teman-teman. Penasaran sama isi jantung? Baca sampai selesai ya.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca juga: Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung

Jantung merupakan salah satu sistem kardiovaskural bersamaan dengan pembuluh darah, darah dan pembuluh limfe. Jantung terletak didalam rongga dada dan sedikit ke kiri, jika ingin diraba terdapat di intercostal space (ICS) 2-5.

Terdapat empat ruang jantung yaitu atrium kanan, atrium kiri, ventrikel kanan dan ventrikel kiri.

  1. Atrium kanan berfungsi menerima darah yang mengandung oksigen dari tubuh melalui superior dan inferior vena cava
  2. Ventrikel kanan. Darah yang dari atrium kanan dialirkan kedalam ventrikel kanan dan dipompokan ke paru melalui artery pulmonalis
  3. Atrium kiri menerima darah dari paru yang kaya akan oksigen melalui vena pulmonary
  4. Ventrikel kiri menerima darah dari atrium kiri untuk dipompakan ke seluruh tubuh melalui aorta

Setiap ruang jantung dipisahkan oleh katup yang berfungsi untuk menjaga aliran darah dan sebagai pintu masuk darah yang terdapat diantara ruang jantung.

Katup jantung diibaratan sebagai pintu-pintu didalam rumah yang memisahkan ruangan-ruangan. Jika ingin ke dapur maka harus melewati ruang tamu dulu melalui pintu, sama halnya dengan darah yang harus melewati atrium kanan sebelum ke ventrikel kanan melalui katup trikuspidalis.

Dengan 4 ruang jantung tentu katupnya 4 juga.

  1. Katup trikuspidalis yang terdapat diantara atrium kanan dan ventrikel kanan.
  2. Katup semilinaris pulmonalis, antara ventrikel kanan dengan arteri pulmonalis.
  3. Katup mitralis yang terdapat diantara atrium kiri dengan ventrikel kiri.
  4. Katup semilunalis aorta, antara ventrikel kiri dengan aorta.

Kita patut bersyukur jikalau masih memiliki jantung yang sehat. Banyak sekali dijumpai orang-orang yang memiliki masalah dengan jantungnya meskipun hal itu karena kesalahan mereka yang tidak menjaga pola hidupnya.

Baca juga: Waspada! Inilah Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Namun, ternyata ada beberapa anak yang harus menerima nasibnya lahir dengan kelainan jantung. Hal ini disebut dengan penyakit jantung bawaan (PJB). Pada kasus PJB sianotik biasanya bayi akan terlihat berwarna biru dikarenakan terjadinya pencampuran darah kotor dan bersih pada struktur jantung.

Kebiruan tampak jelas pada bibir, jari kaki dan jari tangan. Gejala lain yaitu kesulitan bernafas terlebih setelah melakukan aktivitas fiisk, nafsu makan berkurang, muka bengkak dan selalu merasa lelah.

Cacat jantung ini kerap kali terjadi di katup jantung. Katup jantung tidak berfungsi secara normal sehingga aliran darah tidak terstruktur.

Penyebab lain bisa terjadi akibat kurangnya pengetahuan dan kepedulian seorang ibu sewaktu bayi masih menjadi janin.

Baca juga: Apa itu Serangan Jantung?

Vaksin rubella tidak boleh dilewatkan saat masa kehamilan demi mengurangi kemungkinan terjadi PJB sianotik pada anak. Mengontrol gula darah, tidak merokok dan berhati-hati dalam mengonsumsi obat merupakan hal yang harus dilakukan sang ibu.

Penulis: Theresia Chika Putri
Mahasiswa ProdiĀ Keperawatan 21 Universitas Binawan

Dosen pengampu: Apriani Riyanti, S.Pd., M.Pd.

Daftar Pustaka

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwi_4JCjjo73AhVjIbcAHeqECJ8QFnoECDUQAQ&url=https%3A%2F%2Fsumber.belajar.kemdikbud.go.id%2Frepos%2FFileUpload%2FOrgan%2520Jantung-BPSMG%2Fmateri2.html&usg=AOvVaw1XHg5kdSNmQzz5WSwtK9bb

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI