Pentingnya Menjaga Imunitas Tubuh di Masa Pandemic Covid-19

menjaga imunitas

Di masa pandemi covid-19 yang melanda dunia dan Indonesia seperti saat ini, menjaga imunitas tubuh kita adalah salah satu kunci yang sangat penting untuk tidak tertular virus mematikan tersebut. Mengukur imun sehat atau tidak pun tentu sulit dilakukan. Yang terpenting, kita harus menghindari paparan virus tersebut, serta menjaga imun tubuh tetap sehat dan fit. Faktor kesehatan tubuh sendiri merupakan pertahanan terakhir di samping anjuran untuk cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak antarsesama, ditambah lagi anjuran untuk tidak mudik dahulu agar kita tidak menjadi pembawa virus ke daerah lain yang ingin kita kunjungi.

Kepala Divisi Alergi Imunologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM, dr. Deshinta Putri Mulya, M.Sc., Sp.PD-KAI., FINASIM., menyebutkan menjaga imunitas tubuh sangat penting dilakukan, terlebih di tengah pandemi virus corona.

Dia menjelaskan manusia memiliki dua macam imunitas , yakni imunitas innate dan imunitas adaptif. Imunitas innate merupakan imunitas alamiah yang berperan sebagai sistem pertahanan tubuh yang pertama kali melawan semua kuman (antigen) yang masuk ke dalam tubuh. Sedangkan imunitas adaptif merupakan sistem pertahanan tubuh yang bersifat lebih spesifik yang muncul akibat adanya rangsangan patogen tertentu seperti flu, pneumonia dan lainnya.

“Keduanya menjadi bagian terpenting dari sistem imun tubuh manusia yang melindungi dari ancaman patogen,”jelasnya saat dihubungi Senin 20/4).

Selain menerapkan physical distancing, rajin mencuci tangan dengan sabun, dan memakai masker, langkah lain yang bisa dilakukan dengan berhenti merokok. Mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak nutrisi, mulai dari vitamin, mineral hingga molekul antioksida sangat diperlukan untuk meningkatkan imunitas tubuh secara alami. Jika kebutuhan vitamin belum tercukupi dari makanan sehari-hari, disarankan untuk menambahkan konsumsi suplemen. bagi orang dengan aktivitas fisik berlebih yang terpaksa harus bekerja diluar rumah atau oran dengan daya tahan tubuh lemah diperbolehkan untuk mengkonsumsi imunostimulan.

Tidur memiliki hubungan yang sangat erat dengan sistem imun. Tidur yang cukup juga menjadi salah satu cara agar regulasi sistem imun tetap terjaga. Sebaliknya, kurang tidur akan menurunkan sistem imun. Kurang tidur bisa membuat seseorang rentan terinfeksi patogen, seperti karena menurunnya proliferasi limfosit yang menjadi bagian dari sistem imun. Selain itu, tubuh juga melepaskan sejenis protein yang disebut sitokin hanya saat kita tidur. Sitokin berperan penting dalam sistem imun manusia.

Beberapa orang mungkin tak mengira bahwa stres sebenarnya sangat berkaitan dengan sistem imun. Misalnya, stres jangka panjang dapat memicu ketidakseimbangan fungsi sel imun, serta memancing peradangan. Ada banyak cara mengendalikan stres, seperti melakukan meditasi, berolahraga ringan, dan menjalankan aktivitas yang positif selama di rumah.

Disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki mengelilingi pekarangan rumah. Tak hanya di luar rumah, olahraga atau aktivitas fisik juga bisa dilakukan di dalam rumah.

Kita sudah banyak mendengar anjuran untuk berjemur sebentar di bawah sinar matahari. Sinar matahari disebutkan dapat memberi energi salah satu sel imun, yakni sel T. Berjemur sebentar pun bisa membantu mood lebih baik. Pagi hari sekitar jam 10 selama 15 menit menjadi waktu yang paling baik untuk berjemur di bawah sinar matahari.

Yang terpenting, untuk menghindari virus ini, Anda harus tetap berdiam diri di rumah, menjaga jarak sejauh mungkin dari orang lain, dan menjaga kebersihan diri terutama tangan. Selama menjalankan #SehatDiRumah ini, Anda juga bisa memperkuat benteng sistem imun agar tetap sehat dan tak mudah sakit. Stay safe and healthy.

Nadhifah Fairuz Salma
Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA)
Aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)

Baca juga:
Pentingnya Imunitas Sosial
Pentingnya Imunisasi Dewasa dan Kendala Pelaksanaannya di Masyarakat
Melihat Sisi Positif Pandemi Covid-19 dari Segi Lingkungan

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI