PMM Kelompok 09 Adakan Sosialisasi Seputar Stunting dan MPASI

Pengabdian Masyarakat
Dokumentasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Tim Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktiku Negeri Gelombang 2 Kelompok 9 2023 di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Fika Fitriasari, SE., MM., mengadakan pelatihan mengenai pembuatan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) serta penyuluhan mengenai MPASI di Masjid Nurul Hikmah, Madyopuro, Kedungkandang, Kota Malang.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pencegahan stunting. Sasaran dari kegiatan ini adalah ibu-ibu kader PCA Kedungkandang, Kota Malang.

Bacaan Lainnya
DONASI

Kegiatan ini diikuti sekitar 25 ibu-ibu kader PCA Kedungkandang, yang nantinya diharapkan para kader ini dapat memberikan ilmu yang sudah didapatkan kepada ranting-ranting PCA lainnya.

Ketua PCA Kedungkandang, Hj. Sulistini, M.Pd, mengatakan, kegiatan seperti ini perlu disosialisasikan kepada ibu-ibu kader PCA karena mereka merupakan garda terdepan dalam merawat dan menjaga generasi bangsa.

Stunting ini penting untuk disosialisasikan, khususnya kepada ibu-ibu muda dari kader PCA,” tambahnya.

Kegiatan dimulai dengan sosialisasi stunting serta MPASI sebagai upaya mengubah pola pikir masyarakat agar tidak salah kaprah mengenai stunting dan dampak besar MPASI dalam pencegahan stunting.

Stunting yang selama 2 tahun belakangan ini merupakan masalah kesehatan nasional sebaiknya juga disosialisasikan seluas-luasnya kepada masyarakat.

Usai materi, acara dilanjutkan dengan demonstrasi atau melakukan praktek secara langsung proses pembuatan MPASI, dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Ibu Sulistini berharap, semoga kegiatan-kegiatan positif yang dilaksanakan pengabdian mahasiswa seperti ini dapat memberikan dampak positif berupa kebermanfaatan bagi masyarakat, khususnya anggota PCA Kedungkandang.

 

Penulis: PMM Kelompok 09 Gelombang 02 2023 UMM
Mahasiswa Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Malang

 

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI