Sponsorship Adidas pada Piala Dunia FIFA Qatar 2022

Bola Adidas sebagai bola resmi Piala Dunia FIFA Qatar 2022-sumber: https://instagram.com/fifaworldcup?igshid=YmMyMTA2M2Y

Piala Dunia FIFA 2022 adalah Piala Dunia FIFA ke-22 yang putaran finalnya berlangsung di Qatar. Ini akan menjadi Piala Dunia pertama yang diselenggarakan di kawasan Arab dan yang kedua di Asia setelah edisi 2002 di Korea Selatan dan Jepang.

Adapun Piala Dunia FIFA 2022 akan diikuti oleh 32 tim nasional negara asosiasi anggota FIFA. Kompetisi ini berlangsung dalam jangka waktu sekitar 28 hari, dimulai pada 21 November dan berakhir pada 18 Desember 2022, yang juga merupakan Hari Nasional Qatar.

Adidas adalah salah satu perusahaan yang konsisten menjadi sponsor resmi Piala Dunia FIFA sejak tahun 1970. Piala Dunia tahun ini menandakan tahun ke-21 Adidas menjadi sponsor utama kompetisi empat tahunan tersebut.

Baca Juga: Piala Dunia U-20 di Indonesia diundur, Indonesia Kecewa

Adidas juga sudah mengeluarkan dana hingga ratusan juta dollar setiap tahunnya untuk menjaga loyalitas FIFA kepada Adidas. Adidas juga berhasil menjaga posisi sebagai sponsor utama FIFA dan Piala Dunia hingga tahun 2030.

Sebagai sponsor resmi, Adidas memiliki segala hak eksklusif dalam pelaksanaan Piala Dunia. Sebut saja nama dan logo brand yang terpampang selama 90 menit dalam 64 pertandingan, pengunaan bola resmi, hingga pakaian wasit dan panitia. Semuanya menggunakan nama dan logo Adidas.

Sponsorship dalam marketing mix juga menjadi cara promosi Adidas dengan mendanai atau membayar untuk menjadi bagian dari kompetisi empat tahunan ini. Sebagai balas jasa karena telah turut andil, maka penyelenggara kompetisi akan menampilkan logo dan produk Adidas di kompetisi tersebut.

Baca Juga: Timnas Futsal Putra Indonesia Dianggap Sebelah Mata

Walaupun Adidas memberikan dana yang sangat besar, tapi ada keuntungan besar juga yang didapatkan Adidas dalam sponsorship Piala dunia 2022.

Meningkatnya statistik product awareness karena produk akan ditampilkan dan ditonton oleh ratusan negara bahkan tersorot media di luar kesepakatan dalam pemberitaan acara tersebut juga secara otomatis akan meningkatkan keuntungan dari kenaikan harga pakaian olahraga dan sepatu Sneakers yang telah membantu menutup efek rugi kurs dan biaya marketing terkait Piala Dunia 2022.

Penulis: Taufiqurrahman Bakri
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA Jakarta

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI