Waket MPR RI: Yandri Susanto Tegaskan Masyarakat untuk Toleransi di Tengah Banyaknya Perbedaan

Politik
Yandri Susanto.

Telah terlaksana kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR di kawasan Kabupaten Sleman, Yogyakarta.dalam rangka Penerapan Pancasila sebagai Ideologi Berbangsa dan Bernegara pada Sabtu (29/07/2023).

Dalam penyampaiannya, Yandri Susanto selaku Wakil Ketua (Waket) MPR RI 2019-2024 mengharapkan agar seluruh masyarakat memiliki nilai-nilai toleransi yang tinggi. Hal ini dimaksudkan untuk mengimplementasikan sila ketiga Pancasila yakni Persatuan Indonesia.

Prinsip persatuannya harus berjiwa gotong-royong. Persatuan yang mengupayakan kebersamaan dengan tetap menghargai perbedaan, dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, bukan kebangsaan yang meniadakan perbedaan ataupun menolak persatuan.

Bacaan Lainnya
DONASI

Jika keberagaman tidak dihargai dalam masyarakat, dampak yang dapat terjadi adalah terjadinya konflik dan perpecahan antar kelompok. Ketidakadilan, diskriminasi, dan marginalisasi juga dapat terjadi terhadap kelompok-kelompok minoritas.

Selain itu, masyarakat juga dapat mengalami stagnansi dalam pengembangan budaya dan keterbelakangan dalam bidang sosial, ekonomi, dan politik karena kurangnya kerjasama dan interaksi antar kelompok.

Dikarenakan untuk menjaga keutuhan di tengah maraknya kasus perpecahan. Tegasnya, masyarakat harus mampu menanamkan pula prinsip Bhinneka Tunggal Ika.

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI