Warga Tambakrejo Peringati Hari HAM Internasional dengan Menggelar Pazzar Tiban

Semarang – Warga Tambakrejo memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional dengan berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut berupa penanaman jangkang, wisata air, aneka seafood, parade baca puisi, lomba gogok iwak, hiburan tari, musik,teater, dialog interaktif kemaritiman serta penampilan wayang pring oleh Ki Sangga Langit.

Kegiatan Pazaar Tiban digelar di bawah jembatan yang berada di kelurahan Tambakrejo, kecamatan Gayamsari, Minggu(8/12/2018) siang.

Warga di kelurahan Tambakrejo mulai mempersiapkankegiatan dan berjualan sejak pukul 08.00 WIB. Warga menjual berbagai makanan hasil mereka melaut berupa kerang, cumi, ikan. Dengan adanya kegiatan tersebutdapat meningkatkan potensi lokal warga Tambakrejo.

“Saya berjualan mulai dari pagi sampai acara ini selesai, harapannya bisa terjual semua dagangannya,” kata Sumiyatiwarga kelurahan Tambakrejo.

Kelurahan Tambakrejo merupakan daerah pesisir yang sebagian besar warganya bekerja sebagai nelayan. Potensi yang dimiliki yaitu berupa hasil laut seperti ikan, udang, cumi, kerang. Denganadanya potensi tersebut, warga dan aktivis lingkungan mengadakan kegiatan Pazaar Tiban.

“Pazaar Tiban ini digelar untuk mendongkrak budaya lokal di kelurahan Tambakrejo dengan potensi lautannya. Kegiatan ini disambut baik oleh warga dan sejumlah aktivis yang datang dari berbagai tempat di KotaSemarang,” kata Widodo Babay Laksono selaku penyelenggara dan penanggung jawabacara Pazaar Tiban tersebut.

Warga tidak hanya berjualan aneka hasil tangkapan laut, akan tetapi juga menampilkan tarian, musik, teater. Kegiatan tersebut ramai warga karena menampilkan wayang pring oleh Ki Sangga Langit.

Kegiatan tersebut dinilai menjadi hiburan bagi warga, mengingat kelurahan Tambakrejo merupakan lokasi yang terkena penggusuran. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati hari HAM

“Bukan hanya memperkenalkan potensi lokal, akan tetapi dalam rangka memperingati hari HAM Internasional yang manakelurahan Tambakrejo merupakan kawasan yang terkena penggusuran, oleh karenanyawarga mempunyai inisiatif untuk mengadakan kegiatan tersebut,” kata Widodo.

Dimas Sakti Maulana
Feni Arifianawati
Satya Adhi Kusumawardani

Baca juga:
Peringati Hari Bumi, Walhi dan Mapala STIK Banda Aceh Gelar Kemah Lingkungan
Peringati Hari Sumpah Pemuda, HMI Pinrang Demo KNPI dan Dikpora Pinrang
Sekolah Sosio-Nasionalisme, Menyambut Hari Pendidikan Nasional 2015

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI