Apa itu Lasik Mata? Tindakan, Manfaat, dan Biayanya

Alat ukur mata.
Alat ukur mata. (source: pixabay.com)

Apa itu Lasik mata? Nah lasik mata adalah prosedur bedah revolusioner yang telah membantu ribuan orang untuk mendapatkan penglihatan yang jernih tanpa ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak.

Redaksi Media Mahasiswa Indonesia akan membahas secara mendalam tentang tindakan Lasik mata, manfaat yang dapat diperoleh, serta estimasi biaya yang perlu disiapkan.

1. Apa itu Lasik Mata?

Lasik (Laser-Assisted In Situ Keratomileusis) adalah prosedur bedah refraktif yang melibatkan penggunaan laser untuk mengubah bentuk kornea mata, sehingga memperbaiki refraksi dan memungkinkan fokus cahaya tepat pada retina.

Prosedur ini dilakukan untuk mengatasi masalah penglihatan seperti rabun jauh, rabun dekat, dan astigmatisme.

2. Tindakan Lasik Mata

a. Pemeriksaan Awal

Sebelum menjalani Lasik, pasien akan menjalani serangkaian pemeriksaan untuk menentukan apakah mereka memenuhi syarat.

b. Pemetaan Kornea

Dokter bedah mata akan menggunakan teknologi canggih untuk memetakan permukaan kornea dan merencanakan penggunaan laser.

c. Prosedur Lasik

Saat prosedur berlangsung, lapisan luar kornea diangkat dan laser digunakan untuk mengubah bentuk kornea. Proses ini biasanya berlangsung kurang dari 15 menit.

3. Manfaat Lasik Mata

a. Peningkatan Penglihatan

Lasik dapat membantu mengurangi atau bahkan menghilangkan ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak.

b. Cepat dan Tanpa Rasa Sakit

Proses Lasik relatif cepat dan kebanyakan pasien melaporkan sedikit atau tanpa rasa sakit selama prosedur.

4. Biaya Lasik Mata

a. Variabilitas Biaya

Biaya Lasik dapat bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, termasuk tingkat keparahan masalah penglihatan dan teknologi laser yang digunakan.

b. Konsultasi Dokter

Sebelum menetapkan harga, direkomendasikan untuk menjalani konsultasi dengan dokter bedah mata. Dokter akan mengevaluasi kecocokan Anda dan memberikan perkiraan biaya yang lebih akurat.

5. Pertimbangan Sebelum dan Setelah Proses

a. Pemulihan

Pasien biasanya melaporkan pemulihan yang cepat setelah Lasik, namun, beberapa tindakan pencegahan harus diambil selama beberapa minggu setelah prosedur.

b. Efek Samping

Meskipun efek samping jarang, beberapa pasien melaporkan pengalaman efek samping seperti kekeringan mata atau peningkatan sensitivitas cahaya.

Kesimpulan

Lasik mata adalah solusi modern untuk masalah penglihatan yang memberikan hasil yang mengagumkan. Meskipun biaya yang terlibat bisa menjadi pertimbangan, banyak individu merasa bahwa manfaat jangka panjang yang diperoleh dari kebebasan ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak sepadan dengan investasi tersebut.

Sebelum memutuskan untuk menjalani Lasik, selalu konsultasikan dengan dokter bedah mata untuk memahami prosedur secara menyeluruh dan mendapatkan perkiraan biaya yang akurat./red

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI