Bangkitkan Semangat Mahasiswa, BEM Sekolah Vokasi IPB Gelar Vocational to The Olympic (VOSPIC)

Organisasi
Vocational to The Olympic

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pasti sudah tidak asing lagi di kalangan mahasiswa. Program yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sejak tahun 2001 itu menjadi salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa.

Tak hanya PKM, ternyata pada tingkat pendidikan vokasi, Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) menyelenggarakan program serupa, yakni Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) yang dimulai sejak tahun 2016.

OLIVIA sebagai kompetisi nasional rutin tahunan antar perguruan tinggi vokasi bertujuan untuk peningkatan kompetensi dan inovasi mahasiswa vokasi di Indonesia. 

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Pendidikan Vokasi Era Industri 4.0

Untuk menghadapi kompetisi bergengsi seperti itu, tentu saja mahasiswa harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Dalam hal ini, BEM Sekolah Vokasi IPB (BEM SV IPB) membekali mahasiswa Sekolah Vokasi IPB dengan menyelenggarakan Vocational to The Olympic (VOSPIC) guna mengkaji lebih dalam mengenai kegiatan PKM dan OLIVIA. 

VOSPIC merupakan salah satu program kerja Biro PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) Departemen Pendidikan dan Keilmuan BEM SV IPB. Program ini menyelenggarakan seminar terkait PKM dan OLIVIA dengan menghadirkan para narasumber yang sudah berpengalaman di bidangnya. 

Ketua Pelaksana VOSPIC 2023 Andini Firannisa menjelaskan bahwa tujuan diadakannya VOSPIC ini selain karena ingin memberikan prestasi yang terbaik untuk IPB, juga untuk memotivasi dan memberikan gambaran kepada mahasiswa terkait pencarian ide, penulisan proposal, dan sebagainya.

Dengan ini, Ia berharap bahwa segala yang disampaikan oleh narasumber dapat diterapkan oleh tim-tim yang ingin mengikuti perlombaan, baik PKM, OLIVIA, atau bahkan yang lainnya.

“Semoga bermanfaat, tergerak untuk mengikuti step by step-nya sampai ke PIMNAS,” ujarnya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini VOSPIC dilaksanakan secara tatap muka langsung pada Minggu (26/02/2023) pukul 09.00 WIB di Gedung Zeta Kampus Sekolah Vokasi IPB.

Acara ini mengusung tema “Develop Your Potential, Be a WINNER” dengan menghadirkan pembicara yang memiliki pengalaman dalam bidang perlombaan nasional yakni M. Qusbyh Alfadhil, Juara 1 Karya Tulis Ilmiah (KTI) Saintek OLIVIA 2021, dan Tim Dry Bath selaku peraih medali emas PIMNAS-35. 

Ahaddina Rahma Ketua Departemen Pendidikan dan Keilmuan BEM SV IPB, mengatakan bahwa acara ini dihadiri oleh lebih dari 50 peserta yang berasal dari angkatan 2021 dan 2022.

Baca Juga: Sekolah Vokasi IPB Adakan Program IPB Goes To Field, untuk Membantu UMKM di Sekitar Kampus

Ia juga mengatakan bahwa banyak angkatan 2022 hadir karena antusiasmenya yang tinggi untuk mengikuti kompetisi yang bergengsi tingkat nasional ini. Tidak hanya diikuti oleh peserta, panitia pun dapat ikut berperan menjadi peserta dalam acara ini

“Panitia kan beberapa ada yang mengikuti PKM juga, jadi panitia tidak hanya sebagai penyelenggara acara saja, tetapi dapat ikut menikmati. Dapat ilmunya juga,” jelas Ahaddina.

Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa materi yang dibawakan oleh narasumber tidak hanya untuk mahasiswa yang berminat mengikuti PKM dan OLIVIA saja, tetapi bagi mahasiswa yang ingin sekadar mengikuti perlombaan biasa pun. 

“Kalau melihat dari apa yang disampaikan narasumbernya sih tidak hanya mengarah ke PKM dan OLIVIA saja. (Ilmunya) dapat diterapkan di kehidupan sehari2 juga, seperti cara me-manage waktu, cara belajar, itu bisa banget diterapin di kehidupan sehari-hari kita,” jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa masih ada 2 program kerja lagi yang akan diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan dan Keilmuan BEM SV IPB.

Antara lain, Vetion Day untuk mengasah keterampilan dan bakat mahasiswa sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2023 yang akan datang dan Vokasi Apresiasi untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang berprestasi.

Penulis: Amira Nursaidah
Mahasiswa Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI