Dari Mangrove ke Makanan Ringan: Inovasi Brilian PT Roves Global Food

PT Roves Global Food
Dokumentasi Kegiatan Mahasiswa (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Di tengah kondisi iklim dunia yang makin memburuk, upaya untuk mengatasi masalah lingkungan perlu dilakukan oleh setiap orang. PT Roves Global Food adalah contoh konkrit dan inspiratif tentang bagaimana suatu usaha menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan sekaligus menciptakan produk bernilai ekonomi tinggi.

Berdiri sejak 2019, PT Roves Global Food bermula dari masalah abrasi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Abrasi yang terus mengikis garis pantai memerlukan upaya penanaman mangrove. Namun, keterbatasan dana menjadi penghalang. Kesadaran masyarakat untuk menanam mangrove memang ada, tetapi tanpa pendanaan yang memadai, aksi ini sulit diwujudkan.

Di sinilah Rovestik hadir sebagai solusi inovatif, menggunakan hasil riset panjang dan kolaborasi dengan Komunitas Kebaya untuk memproduksi tiga jenis makanan ringan yang menjadi sumber pendanaan untuk penanaman mangrove. Produk utamanya, Rovestik (stik olahan mangrove), menyasar konsumen kelas menengah ke atas dan wisatawan di Bogor, serta karyawan di Jakarta dan mahasiswa di sekitar Bogor.

Bacaan Lainnya
DONASI

Produk lainnya, Vegetto (nugget vegetarian olahan mangrove) dan Vemes (mie kremes daun mangrove), ditujukan untuk ibu-ibu yang ingin menanamkan nilai cinta lingkungan pada anak-anak mereka. Meski produk nugget vegetarian Vegetto kini sudah dihentikan, produk lain tetap menunjukkan performa yang kuat di pasar.

Produk Anak Bangsa yang Menoreh Prestasi

PT Roves Global Food memiliki segudang pencapaian yang membanggakan. Berikut adalah beberapa prestasinya.

1.   Memberdayakan Masyarakat dengan Ribuan Pohon Mangrove

Sejak awal pendiriannya, PT Roves Global Food tidak hanya fokus pada produksi tetapi juga pada keberlanjutan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Usaha ini telah berhasil menanam 1.070 pohon mangrove di pesisir Desa Bahagia, Kabupaten Bekasi.

2.   Peraih Kemenangan di Dalam dan Luar Negeri

Mereka telah meraih berbagai penghargaan seperti Best Sociopreneur pada International Business Competition IPB 2022, Juara 1 Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Kemendikbud 2023, Juara 1 Wirausaha Mandiri Bank Syariah Indonesia, dan beberapa penghargaan lain di tingkat nasional hingga internasional.

3.   Mendonasikan Laba Demi Lingkungan

Visi perusahaan untuk menjadi perusahaan olahan mangrove terkemuka di Indonesia semakin diperkuat dengan komitmen mereka mendonasikan 5% keuntungan untuk pendanaan penanaman mangrove.

Baca juga:Membuat Rencana Bisnis Berhasil dalam Lingkungan yang Tidak Pasti

Tantangan Bagi PT Roves Global Food

Dalam dunia bisnis yang dinamis, PT Roves Global Food tentu menghadapi berbagai macam tantangan. Dalam melihat kondisi eksternal, kerangka Porter’s Five Forces berperan sebagai alat yang membantu untuk mengevaluasi daya tarik pasar dan posisi kompetitif perusahaan. Simak kondisi persaingan PT Roves Global Food berdasarkan alat analisis cetusan Porter di bawah ini!

1.   Kekuatan Persaingan Antar Usaha Sejenis

Di pasar keripik daun mangrove, persaingan langsung tidak terlalu banyak karena bahan baku mangrove yang unik. Namun, dalam segmen oleh-oleh, persaingan cukup ketat dengan produk-produk seperti Sangkuriang dan Roti Unyil Venus. Rovestik harus mampu menonjol melalui inovasi dan kualitas produk untuk memenangkan persaingan ini.

2.   Ancaman dari Pendatang Baru

Penggunaan bahan baku mangrove yang unik memberikan keunggulan bagi PT Roves Global Food. Riset mendalam dan kontrol kualitas yang ketat juga menjadi hambatan bagi pendatang baru. Produk-produk mereka membawa nilai cinta lingkungan yang ditunjukkan melalui kemasan berkomik, menambah daya tarik yang unik.

3.   Ancaman dari Produk Substitusi

Dari perspektif produk substitusi langsung, Rovestik masih unggul dalam hal rasa dan skala usaha. Namun, ancaman dari produk substitusi tidak langsung seperti brownies kering dan basreng cukup signifikan. Menghadapi ini, PT Roves Global Food harus terus meningkatkan kesadaran dan posisi produk mereka.

4.   Kekuatan Tawar Menawar Pemasok

PT Roves Global Food telah mengatasi hambatan pasokan bahan baku melalui kontrak dengan pemasok dan memiliki beberapa alternatif pemasok. Ini memberikan mereka kontrol yang cukup atas rantai pasokan, meskipun tantangan cuaca tetap menjadi faktor yang perlu diwaspadai.

5.   Kekuatan Tawar Menawar Pembeli

Konsumen utama Rovestik adalah wisatawan, karyawan, dan mahasiswa, yang sensitif terhadap harga. Dengan menawarkan diskon dan promosi, permintaan produk dapat meningkat secara signifikan. Strategi pemasaran yang kreatif dan efektif sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan permintaan ini.

Mengatasi Tantangan dengan Mengoptimalkan Kekuatan dan Peluang

Dengan bantuan analisis SWOT, dapat diketahui bahwa PT Roves Global Food memiliki beberapa keunggulan dan peluang yang signifikan. Sebagai sociopreneur dengan visi mulia untuk memberdayakan masyarakat dan menjaga ekosistem mangrove, PT Roves Global Food memiliki komitmen yang kuat dalam menjalankan misi sosialnya.

Penelitian dan inovasi yang mendalam saat pengembangan produk, dengan melibatkan ahli nutrisi dan pemasaran, menunjukkan dedikasi perusahaan terhadap kualitas dan efektivitas produk yang dihasilkan.

Sebagai pelopor dalam pemanfaatan mangrove sebagai bahan makanan, perusahaan ini telah membuka jalan baru dalam industri makanan. Selain itu, komitmen tim yang kuat dengan visi yang selaras menjadi pilar utama dalam menjaga konsistensi dan keberlanjutan usaha.

Kemudian, meningkatnya kesadaran masyarakat tentang kelestarian lingkungan menjadi peluang besar bagi PT Roves Global Food untuk memperluas jangkauan pasar. Ketersediaan bahan baku mangrove yang melimpah, baik di desa binaan maupun di luar desa binaan, memastikan kelangsungan produksi yang stabil dan berkelanjutan.

Dengan inovasi dan keunikan produknya, PT Roves Global Food memiliki potensi besar untuk menjadi pemimpin pasar dalam produk olahan mangrove di Indonesia. Selain itu, peluang penetrasi dan ekspor ke pasar internasional yang besar membuka peluang baru bagi perusahaan untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan pendapatan.

Strategi Pemasaran yang Efektif

Untuk meningkatkan brand awareness yang dirasa masih belum cukup kuat dibanding pesaing, PT Roves Global Food telah menjalankan berbagai strategi pemasaran. Kegiatan offline seperti seminar, bazaar, dan talkshow sangat efektif dalam meningkatkan brand awareness dan konversi penjualan.

Selain itu, pemasaran melalui media sosial Instagram dan TikTok juga berperan penting, dengan jumlah pengikut yang terus bertambah dan interaksi yang aktif. Kerja sama dengan media massa dan pihak ketiga untuk liputan produk juga membantu meningkatkan kesadaran dan kepercayaan konsumen.

PT Roves Global Food telah menunjukkan bahwa dengan inovasi, komitmen, dan strategi yang tepat, sebuah usaha dapat berhasil mengatasi tantangan lingkungan sekaligus menciptakan nilai ekonomi. Produk-produk mereka tidak hanya membawa manfaat bagi konsumen tetapi juga bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

Keberhasilan ini menjadi inspirasi bagi banyak usaha lainnya untuk terus berinovasi dan berkontribusi positif bagi lingkungan. Dengan strategi pemasaran yang terus ditingkatkan, PT Roves Global Food siap untuk menghadapi tantangan pasar dan meraih sukses lebih besar di masa depan.

 

Penulis:

  1. Komang Diah Cahya Utami
  2. Kevin Naufal Eryogia
  3. Diajeng Siti Aqiilah Sundari
  4. Wahyu Dharma Wibisana
  5. Alya Nadhifah Bintang

Mahasiswa Manajemen, IPB Univeristy

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI