Mendapatkan Keuntungan Ratusan Juta dengan Live TikTok

Live TikTok

Apa pernah terfikir kalau live di media social bisa menghasilkan uang sampai jutaan bahkan milyaran? Padahal hanya dengan modal berbicara, handphone, dan kuota atau Wi-Fi. Tapi, apakah yakin hanya modal itu saja?

Perkembangan teknologi sangatlah cepat dan begitu pesat. Perkembangan teknologi ini berpengaruh pada banyak hal, salah satunya adalah dalam dunia komunikasi terkhusus social media.

Dengan kehadiran social media yang semakin canggih, banyak kegiatan dalam kehidupan sehari-hari yang semakin dimudahkan mulai dari, belajar, berbelanja, berjualan, berkomunikasi dengan orang yang jauh, dan masih banyak lagi.

Bacaan Lainnya
DONASI

Kehadiran media ini dapat dilihat dari adanya aplikasi seperti Whatsapp, Line, Snapchat, TikTok, dan sebagainya. Dari sekian banyak aplikasi, TikTok menjadi aplikasi yang paling populer dan paling banyak diunduh sepanjang massa. Hal ini berdasarkan laporan Sensor Tower terbaru karena sampai Maret 2022, TikTok telah diunduh sebanyak 3,5 miliar kali.

TikTok sendiri merupakan aplikasi media social sekaligus menjadi platform video music. Sehingga dengan mengunduhnya, para pengguna dapat membuat video, mengedit dan mengunggahnya.

PerkembangaN fitur yang ada di dalamnya membuat semakin banyak awam tertarik untuk mengunduh aplikasi ini, pasalnya fitur baru yang diberikan selalu menarik dan dapat membuat seseorang cepat dikenal.

Ini karena, hanya dengan menggunggah suatu video yang menarik bisa membuat banyak orang melihat konten tersebut dan menjadikan seseorang yang membuat video tersebut terkenal.

Seiring berjalannya waktu, TikTok juga mengembangkan fitur live, dimana sang pemilik akun dapat melakukan siaran langsung dengan mudah dan cepat. Bahkan TikTok juga menyediakan fitur gift pada aplikasinya yang dapat penonton live memberikan gift berbayar sebagai bentuk apresiasi yang mereka berikan untuk idolanya.

Fitur gift yang disediakan oleh TikTok ini tentunya sangat menarik perhatian awam dan menjadikan live TikTok menjadi berbeda dengan live di aplikasi lainnya. Harga yang perlu dirogoh oleh penggemar pun sangat beragam, bahkan ada yang sampai ratusan ribu dan jutaan.

Untuk gift seperi mawar atau es krim hanya perlu membayar Rp 250, namun untuk gift seperti paus dihargai sekitar Rp 537.500, singa Rp 7.499.000, bahkan untuk gift TikTok Universe sekitar Rp 8.749.000.

Fitur seperti inilah yang membuat live TikTok unik dan menjadi daya tarik tersendiri. Gift yang diberikan penggemar kepada idolanya saat live ini sangat menguntungkan sang idola karena para idola dapat memanen hasil gift yang mereka terima dan dapat dicairkan menjadi uang. Sehingga tidak sedikit dari awam yang tertarik akan hal ini karena keuntungan yang diberikan sangatlah fantastis.

Selain adanya fitur gift, kini TikTok juga menambahkan fitur dimana saat live, pengguna bisa menyematkan fitur keranjang kuning dan etalase. Melalui fitur ini pengguna bisa melakukan live sambil berjualan, sehingga keuntungan yang didapatkan menjadi sangat banyak.

Di satu sisi pengguna bisa meraup keuntungan melalui gift yang diberikan penggemar dan di sisi lain pengguna juga bisa menjual produk yang mereka jual.

Pengguna yang menonton live juga dimudahkan karena bisa dapat melihat secara langsung bentuk barang yang dijual, dan melihat review secara langsung melalui live yang ada. Bahkan para penonton live tidak hanya bisa melihat review atau bentuk barang, melainkan juga bisa mengorder barang tersebut, karena kini di TikTok juga menyediakan fitur belanja online.

Melalui fitur berjualan di live TikTok ini mampu memberikan keuntungan yang cukup besar, sampai akhirnya membuat banyak brand yang akhirnya tertarik dan melakukan kerja sama dengan para creator TikTok yang memiliki jumlah followers yang cukup banyak. K

euntungan yang didapatkan dari sekali berjualan di live TikTok bisa mencapai puluhan atau ratusan juta, bahkan ada juga yang mencapai angka miliaran.

Meski terlihat mudah, melakukan live di TikTok juga cukup sulit dan memerlukan banyak pemahaman dan pengorbanan. Pasalnya, banyak orang yang meremehkan dan berkata bahwa live di TikTok sangatlah mudah dan hanya membutuhkan modal bicara depan handphone. Padahal kenyataannya yang dibutuhkan lebih dari sekedar hal itu.

Keuntungan Live Tiktok

Tips Sukses Live TikTok

Meski live di TikTok ini terlihat mudah, namun nyatanya juga ada tiga hal yang wajib kita ketahui agar bisa memperoleh kesuksesan dalam melakukan live TikTok, diantaranya:

1. Personal Branding

Kita harus terlebih dahulu memiliki personal branding atau dalam kata lain, kamu ingin dilihat sebagai apa oleh orang lain.

Di dunia live TikTok yang sudah bisa dikatakan entertainment kita memerlukan karakter yang unik sehingga orang lain dapat selalu mengingat diri kita.

Akan sulit bagi kita jika tidak memiliki personal branding karena lama kelamaan kita akan kalah oleh para pendatang baru dan tidak memiliki pembeda antara diri kita dengan diri orang lain. Oleh sebab itu kita harus memiliki personal branding yang unik, dan fresh sehingga orang lain mampu mengenali kita.

Contohnya adalah sosok Bunda Corla yang memiliki personal branding sebagai orang yang nyabalak, lucu, dan penyuka music dangdut, kemudia Nata Surya yang memiliki personal branding ibu rumah tangga yang suka mereview peralatan rumah tangga dengan cara yang aesthetic.

2. Up To Date

Sebagai orang yang berkecimpung dalam dunia media social, kita harus peka dengan lingkungan sekitar. Peka di sini adalah peka terhadap perkembangan zaman dan terhadap apa yang sedang trend saat itu.

Pastinya di setiap hari, disuatu waktu ada trend baru yang disukai masyarakat dan kita harus bisa mengetahui dan mengikuti trend tersebut agar bisa ikut eksis dan dikenal oleh masyarakat.

Sebagai contoh, saat ini di Indonesia trend Kpop sedang merajalela, banyak orang yang tertarik ingin menjadi seperti orang Korea, sehingga para creator TikTok akhirnya membuat video yang memiliki sangkut paut dengan dunia korea dan menjual produk produk berbau Korea seperti produk kecantikan yang memutihkan, makanan atau jajanan khas Korea melalui live di TikTok.

3. Konsistensi

Meski terlihat mudah, konsistensi merupakan hal tersulit yang harus kita miliki. Dikatakan sulit karena, demi mencapai konsistensi diperlukan banyak pengorbanan mulai dari waktu hingga tenaga.

Kita harus bisa memutar otak agar bisa selalu konsisten memberikan sesuatu yang menarik kepada masyarakat agar nantinya mereka yang menonton tidak merasa bosan.

Banyak contoh yang dapat dilihat dari kekonsistenan seorang creator live TikTok mulai dari mengajak kerja sama banyak brand, mencari ide agar bisa mengupload video setiap hari, melakukan live hampir 24 jam, dan masih banyak lagi yang harus dilakukan.

Apabila kita sudah bisa memiliki dan menerapkan tiga poin tersebut maka, kita bisa mulai menghasilkan uang dari aplikasi tersebut dan bahkan bisa menjadikan live TikTok sebagai mata pencaharian baru yang cukup menjanjikan.

Jadi sekarang pertanyaannya apakah kita mau dan bisa menerapkan tiga poin tersebut? Semuanya kembali tergantung pada diri kita masing-masing.

Penulis: Fernando Tanotogono
Mahassiwa Jurusan Mass Communication Binus University

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI