Demi Menumbuhkan Semangat Belajar Siswa dan Siswi, KKN-P Umsida Kelompok 18 Meningkatkan Pembelajaran Literasi Membaca di SDN Martopuro V

KKN-P Umsida Kelompok 18 Meningkatkan Pembelajaran Literasi Membaca di SDN Martopuro V
Dokumentasi KKN-P Umsida Kelompok 18 Meningkatkan Pembelajaran Literasi Membaca (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) Kelompok 18 melaksanakan program kerja (proker) pembelajaran literasi membaca di bidang pendidikan guna meningkatkan daya tarik dan semangat siswa-siswi SDN Martopuro V terhadap minat baca buku.

Program kerja ini dilaksanakan di posko KKN-P kelompok 18 Desa Martopuro, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

Bapak Sumarji selaku kepala sekolah SDN Martopuro V mengatakan bahwa rata-rata peserta didik di SDN Martopuro V mengalami kesulitan dalam hal pembelajaran seperti membaca dan menulis, tidak hanya itu Bapak Sumarji selaku kepala sekolah juga mengatakan bahwa banyak peserta didik yang tidak tahu aturan dalam hal pembelajaran.

Bacaan Lainnya
DONASI

Dengan itu, kami KKN-P Umsida kelompok 18 ingin bersosialisasi di SDN Martopuro V tersebut untuk memberikan pendampingan mengajar bagi peserta didik yang kurang dalam hal tersebut.

Selama kegiatan pendampingan mengajar berlangsung, pihak sekolah SDN Martopuro V sangat antusias dan membantu jalannya pendampingan kami dari awal hingga akhir.

Para dewan guru SDN Martopuro V mengatakan bahwa “Saya mewakili nama sekolah SDN Martopuro V mengucapkan banyak terima kasih untuk mahasiswa dan mahasiswi KKN-P dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Dengan kehadiran dan bantuan untuk pendampingan belajar literasi membaca di kelas 1 hingga kelas 6 ini sangat saya apresiasi dengan baik dikarenakan memang masih banyak peserta didik yang kurang dalam hal membaca. Semoga kedepannya para siswa-siswi SDN Martopuro V ini bisa memahami apa yang diajarkan oleh mahasiswa KKN-P dan juga sukses selalu untuk mahasiswa KKN-P kelompok 18. Program kerja kelompok kami di SDN Martopuro V dimulai dari tanggal 31 Januari 2024, kami dan juga dibantu oleh bapak ibu guru mengelompokkan peserta didik yang tidak bisa membaca mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 untuk dibuat kelas khusus membaca.

Tidak hanya mengajarkan membaca saja, akan tetapi kita juga mengajarkan menulis agar peserta didik paham dalam hal membaca dan menulis.

Pendampingan mengajar dari kelompok kami juga dibuat dengan menyenangkan, seperti halnya mengajar dengan bermain dan memberikan reward kepada peserta didik yang berani tampil dan percaya diri.

Pada tanggal 7 Februari 2024, mahasiswa KKN-P kami ikut serta dalam acara isra’ mi’raj yang dilaksanakan oleh SDN Martopuro V. Dengan serangkaian acara seperti pembukaan, pembacaan istighosah, sambutan-sambutan, kultum, tampilan al-banjari, dan penutupan.

Mahasiswa KKN-P kelompok 18 juga berpartisipasi seperti pada pembacaan istighosah dan tampilan al-banjari yang berkolaborasi dengan peserta didik SDN Martopuro V kelas 6.

Pertemuan terakhir dilaksanakan hari sabtu tanggal 24 Februari 2024 dengan agenda berkumpul bersama seluruh dewan guru dan peserta didik untuk mendengarkan penampilan pentas seni dari peserta didik untuk menampilkan bacaan pantun, puisi, dan cerita pendek.

Saat itulah, para dewan guru dan peserta didik menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan dan ketersedian selama hadirnya mahasiswa KKN-P UMSIDA kelompok 18 di SDN Martopuro V.

Kegiatan itu ditutup dengan pemberian cenderamata dari mahasiswa KKN-P yang diberikan kepada pihak SDN Martopuro V sebagai tanda terima kasih dan kenang-kenangan.  

 

Penulis: KKN-P Kelompok 18 Desa Martopuro
Mahasiswa Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI