Ambil Langkah Kreatif PMM Kelompok 105: Hadirkan Permainan Ular Tangga Edukatif sebagai Sarana Peningkatan Keterampilan dan Kreativitas Anak-Anak di Komunitas SSCM (Save Street Child Malang)

Save Street Child Malang
PMM UMM Bersama Komunitas SSCM.

Mahasiswa yang tergabung dalam Program Pengabdian Masyarakat (PMM) Bhaktiku Negeri Kelompok 105 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang bertema “Meningkatkan Daya Kreativitas dan Keterampilan pada Anak di Komunitas Save Street Child Malang (SSCM)”.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Komunitas Save Street Child Malang (SSCM) menjadi pusat perhatian karena menjawab tantangan besar dalam memberikan kesempatan kepada anak-anak jalanan yang kurang beruntung.

Bacaan Lainnya
DONASI

Mahasiswa PMM tidak hanya memberikan bantuan materi saja, namun mereka juga berkomitmen untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermanfaat.

Salah satu langkah inovatif yang diambil adalah pelaksanaan program permainan ular tangga yang dirancang khusus, di mana di dalamnya terdapat serangkaian kuis edukatif. Inilah yang mendasari penggunaan permainan ular tangga yang memuat  kuis-kuis edukatif sebagai salah satu metode pembelajaran yang interaktif.

Dalam upaya menciptakan kegiatan yang tidak hanya edukatif, namun program ini juga menjadi sarana efektif untuk menggali dan mengembangkan potensi kreatif dan keterampilan anak.

Program ini bukan hanya tentang menjawab pertanyaan di setiap tangga, tetapi juga memberikan pelajaran dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung karena setiap pertanyaan terdapat hikmah berharga dan informasi positif yang memberikan pemahaman lebih mendalam terhadap berbagai aspek ilmu pengetahuan sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak-anak di SSCM.

Dengan demikian, permainan ular tangga tidak hanya sekadar hiburan, namun juga merupakan sarana pembelajaran yang interaktif.

Ketua Kelompok PMM, Renofa Sela, menyampaikan, “Kami berharap program ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan anak-anak di Save Street Child Malang (SSCM) melalui pendekatan yang kreatif, kami ingin menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi mereka.”

Keberhasilan program ini terlihat dari antusiasme dan kemajuan yang ditunjukkan anak-anak dalam menjawab setiap pertanyaan.

Mereka tidak hanya bersaing untuk maju dalam permainan, tetapi juga menunjukkan semangat belajar yang tinggi. Hasilnya, tidak hanya kreativitas yang meningkat, namun kemampuan kritis dan analitis mereka pun semakin berkembang.

Dengan segala capaian dan manfaat yang dihasilkan, PMM yang mengusung tema “Meningkatkan Daya Kreativitas dan Keterampilan pada Anak di Komunitas Save Street Child Malang (SSCM)” dengan program permainan ular tangga yang dilengkapi kuis telah membuktikan bahwa pendekatan inovatif dan edukatif dapat menjadi solusi dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi anak-anak jalanan yang kurang beruntung.

Selain itu, program ular tangga kuis diharapkan dapat menjadi model inspiratif bagi komunitas lainnya untuk mengembangkan metode pendidikan yang inovatif dan mengakomodasi kebutuhan anak-anak yang kurang beruntung.

Penulis: Kelompok PMM 105 Gelombang 3
Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI