FEB Unsera Ikuti Edukasi Parlemen DPR RI

Unsera

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Serang Raya (Unsera) untuk pertama kalinya bekerja sama dengan Humas Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menyelenggarakan Edukasi Parlemen dengan topik bahasan “Mekanis DPR RI”. Edukasi online yang diselenggarakan pada hari Kamis, 4 Juni 2020 dipimpin langsung oleh para Pranata Humas DPR RI. Materi disampaikan oleh Agraha Dwita Sulistyajati. Sebagai narasumber dan dipimpin oleh Klarce Grice Pattipeme  selaku moderator.

Perwakilan Humas Setjen DPR RI, Erna Agustina menyambut mahasiswa FEB Unsera dalam edukasi parlemen. “Kami dari bagian Humas bersama dengan pejabat fungsional mendampingi mahasiswa Fakultas Ekonomi Unsera untuk lebih mengenal mengenai DPR,” ungkap Erna. “Kami berharap materi ini dapat bermanfaat bagi kita semua,” lanjutnya.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsera, Ratu Erlina Gentari dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kesediaan Humas DPR RI untuk membagikan edukasi. “Tujuan kami mengikuti edukasi ini sebagai mengisi waktu yang produktif di tengah pandemi dengan harapan agar mahasiswa FEB Unsera bisa mendapatkan edukasi dari parlemen secara langsung, mendapatkan wawasan parlemen bekerja, peran fungsi dan sebagainya”, ungkap Erlina. Melalui edukasi ini, Erlina juga berharap, “Mahasiswa bisa belajar tidak hanya dari teori-teori saja, tetapi bisa mendapatkan masukan dan wawasan dari para praktisi yang bertugas di parlemen”.

Dalam acara edukasi, Agraha memaparkan mengenai DPR, seperti tugas dan fungsi DPR, alat kelengkapan DPR, hak DPR RI dan hak anggota DPR RI; serta proses pembentukan UU yang meliputi perencanaan, penyusunan, pembahasan, pengesahan/penetapan, dan pengundangan. Setelah pemaparan materi, sesi diskusi juga diadakan guna berbagi pendapat dan mengajukan pertanyaan mengenai materi yang telah disampaikan.

Edukasi Parlemen ini juga merupakan inisiatif dari Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FEB Unsera. Ketua DPM FEB Unsera Khairul Anwar menjelaskan bahwa pada awalnya, kunjungan DPR RI ini sudah direncanakan di awal kepengurusan. Namun, rencana kunjungan tersebut tidak dapat diselenggarakan karena pandemi yang tengah berlangsung. Oleh karena itu, DPM FEB UNSERA mengupayakan dan mencari informasi agar edukasi parlemen ini dapat terselenggara. “Melalui edukasi online ini, walau hanya di rumah saja, tetapi kita tetap produktif dan tetap mendapatkan ilmu yang kita hendak cari,” terangnya.

Khairul Anwar

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI