Jakabaring Sport City: Transformasi Menjadi Destinasi Wisata Instagramable Bagi Gen-Z

Palembang – Jakabaring Sport City, sebuah kompleks olahraga terpadu yang terletak di Palembang, Sumatera Selatan, kini telah bertransformasi menjadi destinasi wisata yang tidak hanya menawarkan fasilitas olahraga, tetapi juga menjadi surga bagi generasi Z yang gemar mengabadikan momen di media sosial, khususnya Instagram.

Kompleks olahraga yang awalnya dibangun untuk menyambut perhelatan akbar Asian Games 2018 ini, telah mengalami renovasi besar-besaran guna mengakomodasi minat dan gaya hidup generasi muda. Berbagai spot instagramable dengan latar belakang yang estetik dan menarik, sengaja didesain untuk memanjakan para pengunjung yang ingin mengabadikan momen mereka.

Baca juga: Pecinta Traveling Mari Merapat! Intip Seberapa Indahnya Wisata Kolam Renang di Desa Bumi Serdang

Bacaan Lainnya
DONASI

Kami ingin Jakabaring Sport City tidak hanya dikenal sebagai pusat kegiatan olahraga, tetapi juga menjadi destinasi wisata yang trendi dan diminati oleh generasi Z,” ungkap Direktur Utama Jakabaring Sport City, Andi Kusuma, dalam konferensi pers pada Senin (15/8/2023).

Salah satu daya tarik utama di kawasan ini adalah Danau Jakabaring. Danau yang menawan ini menjadi pusat aktivitas bagi banyak pengunjung, terutama pada sore dan malam hari. Pemandangan matahari terbenam yang spektakuler dan pantulan cahaya lampu kota di permukaan udara menciptakan suasana romantis dan damai, menjadikan danau ini menjadi tempat favorit untuk nongkrong.

Anak-anak muda sering menghabiskan waktu di sekitar danau, menikmati kebersamaan dengan teman-teman, berfoto, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan. Spot foto yang paling populer meliputi dermaga kecil di pinggir danau, jembatan gantung dengan lampu-lampu hias, dan taman-taman yang menghiasi berbagai jenis bunga yang sedang mekar.

Baca juga: Aspek Hukum Pengelolahan Pariwisata di Bali: Tantangan Pariwisata dan Lingkungan Hidup

Selain Danau Jakabaring, favorit pengunjung adalah “Instagramable Wall”, sebuah tembok sepanjang 100 meter yang dipenuhi dengan mural dan seni grafiti dari seniman lokal dan internasional. Tak jarang pengunjung rela mengantri berjam-jam demi mendapatkan foto yang sempurna di depan tembok ini.

Selain itu, Jakabaring Sport City juga dilengkapi dengan “Selfie Park”, sebuah taman yang dipenuhi dengan instalasi seni dan patung-patung unik yang sangat fotogenik. Pengunjung dapat berpose dan mengambil foto dari berbagai sudut yang menarik.

Baca juga: Mengatasi Polusi Air Kunci untuk Pembangunan Berkelanjutan

Fasilitas olahraga pun tidak luput dari sentuhan instagramable. Stadion Gelora Sriwijaya, misalnya, kini dilengkapi dengan tribun berwarna-warni yang membentuk gradasi indah, sangat cocok sebagai latar belakang foto.

Dengan inovasi dan transformasi ini, Jakabaring Sport City diharapkan dapat menarik lebih banyak pengunjung, terutama dari kalangan generasi Z, serta menjadi contoh bagi kompleks olahraga lainnya di Indonesia dalam menghadirkan konsep wisata yang instagramable dan mengikuti tren gaya hidup generasi muda.

Penulis: Muhamad Fadli Prayoga

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Bina Darma

Editor: Anita Said

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI