Kenalkan Gizi Seimbang pada Anak, Mahasiswa KKN Undip Gelar Acara Piring Hatiku

KKN
Mahasiswa KKN Undip Gelar Acara Piring Hatiku.

Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro menutup rangkaian kegiatan sosialisasi gizi bertajuk Piring Hatiku di MI Muhammadiyah Desa Beji dengan acara makan bersama dimulai sejak 17 Januari 2023 dengan menyasar tiga sekolah di Desa Beji, yaitu TK Aisyiyah, SDN 02 Desa Beji, dan MI Muhammadiyah Desa Beji.

Piring Hatiku merupakan kegiatan multidisiplin yang memberikan sosialisasi mengenai gizi kepada anak-anak melalui media yang menarik dan mudah dipahami seperti dongeng, lagu, dan berbagai permainan.

Pengenalan mengenai gizi di usia sekolah menjadi penting karena asupan yang diterima oleh anak di masa pertumbuhan akan berpengaruh besar dalam jangka panjang.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Fisika Sulit? Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pembuktian Fisika itu Menyenangkan melalui Eksperimen!

Sosialisasi mengenai gizi ini pun merupakan hal penting mengingat stunting menjadi permasalahan utama anak-anak di Desa Beji dan tingginya angka hipertensi, juga risiko diabetes di Desa Beji.

Khusus untuk acara Piring Hatiku di MI Muhammadiyah Desa Beji menyasar murid kelas lima dan dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan.

Pertemuan pertama diisi dengan materi mengenai gizi dan isi piringku kepada murid kelas lima di MI Muhammadiyah Desa Beji, sementara untuk hari kedua dikhususkan kepada wali murid kelas lima.

Rangkaian kegiatan sosialisasi kemudian diakhiri dengan acara makan bersama murid kelas lima pada pertemuan terakhir pada tanggal 28 Januari 2023.

Para murid kelas lima sebelumnya telah diminta membawa bekal sesuai dengan materi Piring Hatiku yang telah disampaikan kepada murid dan wali murid. Antusias para murid di hari terakhir terlihat dari banyaknya yang membawa bekal sesuai dengan materi yang ada di dalam Piring Hatiku.

Para murid juga diminta mengisi lembar kerja mengenai materi yang telah disampaikan untuk mengukur pemahaman materi.

Baca Juga: Awas Longsor! Mahasiswa KKN Undip Ajak Siswa Belajar Tanggap Darurat Bencana Longsor

Acara ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran anak dan juga orang tua dalam pemilihan makanan sehat bagi proses tumbuh kembang. Para murid juga diharapkan dapat lebih mengetahui mengenai berbagai jenis gizi yang diperlukan oleh tubuh lewat penyampaian materi menarik dan permainan yang telah dilakukan.

Penulis: Hesti Rida Khairunnisa
Mahasiswa Ilmu Budaya/ Sastra Indonesia Universitas Diponegoro

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI