Liburan Penuh Makna, Mahasiswa Berikan Penyuluhan Terkait Pentingnya Hidup Sehat

Penyuluhan Terkait Pentingnya Hidup Sehat
Dokumentasi Kegiatan PMM UMM (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Pada 19 Januari-19 Februari 2024 di Panti Asuhan Yayasan Waqfiyah Al-Iqtishod, Kecamatan Blimbing, Malang, mahasiswa Fakultas Kedokteran melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM). Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkaya pengalaman mahasiswa dan menyalurkan ilmu yang telah didapatkan selama kuliah. PMM yang dilakukan oleh kelompok 97, dilakukan dengan pemberian penyuluhan tentang “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat” dan “Kesehatan Reproduksi” sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Bacaan Lainnya
DONASI

Kegiatan ini dimulai dengan penyuluhan terkait “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat” pada hari pertama. Kemudian, dilanjutkan dengan penyuluhan terkait “Kesehatan Reproduksi Pria” pada hari kedua dan “Kesehatan Reproduksi Wanita” pada hari ketiga.

Kegiatan follow-up rutin setelahnya adalah survei kebersihan lingkungan selama 3 minggu. Survei kebersihan ini dilakukan untuk melihat perkembangan yang ada setelah diberikan materi penyuluhan.

Untuk mengapresiasi anak-anak, penilaian setiap survei dengan nilai tertinggi yang akan diberikan hadiah sebagai reward untuk terus memotivasi anak-anak agar berlomba-lomba membersihkan ruang kelas. Kegiatan ini ditutup dengan lomba melukis dengan tema kebersihan lingkungan.

Diharapkan dengan adanya kegiatan positif ini, anak-anak panti asuhan dapat mengambil pelajaran menarik mengenai pentingnya kebersihan, terutama pada lingkungan sekitarnya.

Kegiatan ini diakhiri pada tanggal 19 Februari 2024, dengan pembagian hadiah, re-call materi yang telah disampaikan, dan bersholawat yang dihadiri oleh perwakilan pihak panti asuhan dan masyarakat sekitar.

 

Penulis: Kelompok PMM 97
Mahasiswa Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Malang

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI