Literasi Keuangan: Belajar Mengelola Keuangan dari Usia Dini dengan Cara Menabung Bersama Mahasiswa PMM UMM

Literasi Keuangan
Belajar Mengelola Keuangan Bersama Mahasiswa PMM UMM.

Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan juga sebagai wadah bagi para mahasiswa menyalurkan kegiatan positif unuk masyarakat sekitar.

Salah satunya adalah literasi keuangan sejak dini yang dilakukan oleh kelompok 35 gelombang 1 untuk PAUD Omah Bocah Annaafi’.

Bacaan Lainnya
DONASI

Kelompok 35 gelombang 1 terdiri dari 5 anggota kelompok yaitu, Hendra Ibrahim, Ayesha Gusenu Sindring, Khoirun Nisa Hariyanti, Devita Nurtya Ningtywe, dan Muhammad Refi Harimurti yang berasal dari prodi ekonomi syari’ah. Kegiatan ini didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)  kita yaitu Ibu I’anatut Thoifah, S.Pd.I., M.Pd.I.

Literasi keuangan sejak dini ini sangat penting loh, karena dapat membentuk kebiasaan dalam keuangan sehingga nanti saat memasuki usia dewasa, anak-anak sudah terbiasa dalam hal mengelola keuangan.

Lewat kegiatan PMM ini kami kelompok 35 gelombang 1 mengajak anak-anak TK B PAUD Omah Bocah Annaafi’ untuk belajar tentang mengelola keuangan dengan cara menabung.

Pemberian Buku Tabungan oleh Mahasiswa PMM Kelompok 35 Gelombang 1.

Kami menyiapkan buku tabungan yang di dalamnya berisikan tanggal, tabungan masuk dan keluar, jumlah saldo, dan paraf. Kami memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada anak-anak tentang manfaat dari menabung, lalu menjelaskan tentang buku tabungan yang sudah kami siapkan.

Kami juga sudah berkoordinasi dengan wali kelas TK B yaitu Ustadzah Chusna dalam pengenalan buku tabungan ini untuk diinformasikan kepada wali murid TK B PAUD Omah Bocah Annaafi’. Buku tabungan ini dibawa pulang ke rumah, jadi setiap menabung jumlah uang tabungannya dicatat dalam buku tabungan tersebut.

Adapun manfaat dari buku tabungan ini adalah membantu mencatat jumlah uang yang sudah ditabung. Dan juga dari menabung ini mengajarkan mereka untuk hidup hemat, disiplin, dan menghargai uang.

Karena dengan menghargai uang inilah tentunya membuat anak-anak belajar mengelola uang dengan baik dan dapat menggunakan uangnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Dengan program yang kami lakukan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat terutama untuk murid TK B PAUD Omah Bocah Annaafi’ dalam mengelola keuangan yang sudah diterapkan sejak dini dan dapat berlangsung sampai dewasa nanti.

Penulis: Kelompok 35
Mahasiswa Ekonomi Syari’ah Universitas Muhammadiyah Malang

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI