Mahasiswa PMM UMM Kelompok 8 Gelombang 5 Lakukan Pembelajaran Makanan Bergizi “Sarapan Cerdas” demi Kembangkan Kebiasaan Makanan Sehat pada Anak Usia Sekolah di SDN Tunjungsekar 05 Kota Malang

Mahasiswa PMM UMM Kelompok 8 Gelombang 5.
Mahasiswa PMM UMM di SDN Tunjungsekar 05 Kota Malang.

Sarapan cerdas merupakan sarapan yang mencakup makanan bergizi yang mengandung nutrisi penting untuk memulihkan energinya setelah malam tertutup, menopang aktivitas anak sepanjang hari, dan membantu perkembangan otak.

Imbauan sarapan cerdas biasanya mencakup campuran karbohidrat kompleks, protein, vitamin, mineral, dan serat yang didapat dari berbagai macam makanan sehat. Saat ini masih banyak anak-anak usia sekolah terutama anak sekolah dasar yang belum mengerti mengenai sarapan cerdas.

Oleh karena itu mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang melakukan pembelajaran sarapan cerdas pada anak usia sekolah di SDN Tunjungsekar 05 Kelurahan Lowokwaru, Kota Malang.

Bacaan Lainnya
DONASI

Pembelajaran dilakukan dengan cara yang menarik dimulai dari pembutan games cerdas cermat mengenai makanan sehat, menonton film pendek bertema pencernaan makanan pada manusia, dan melakukan belajar makan-makanan sehat dan bergizi untuk anak usia sekolah.

Menyediakan sarapan cerdas yang mencerminkan konsep pembelajaran makanan bergizi adalah langkah penting dalam membantu anak-anak usia beradaptasi kepada pola hidup sehat dan menjadi individu yang siap budi pekerja di masa depan.

Sarapan merupakan waktu terpenting bagi tubuh untuk meregenerasi energi setelah malam, serta memberikan nutrisi yang vital untuk pertumbuhan dan perkembangan otoptimal.

Pada pembelajaran sarapan cerdas kita melakukan sarapan bersama dengan menu isi piringku yang terdiri dari karbohidrat yang berasal dari nasi, roti, kentang dan lain sebagainya, protein berasal dari daging, ikan tempe, tahu dan lainya, vitamin dan serat berasal dari sayur sayuran dan buah-buahan, dan tentunya dengan tambahan susu sebagai protein tambahan serta mengandung kalsium yang bagus untuk masa pertumbuhan anak usia sekolah.

Dengan edukasi sarapan cerdas ini dapat mengedukasi tentang pentingnya sarapan sehat sebelum beraktivitas bersekolah. Siswa-siswi SDN Tunjungsekar 05 juga memahami dan menjadikan rutinitas sarapan cerdas tersebut sehari hari sebelum berangkat ke sekolah.

Siswa juga mengerti nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan di dalam tubuh manusia untuk menjaga energi serta dapat meningkatkan daya kerja otak menjadikan generasi yang tumbuh sehat dan cerdas.

Implementasi sarapan cerdas dapat membantu anak usia untuk memulihkan tenaga, menopang aktivitas sepanjang hari, dan membentuk kebiasaan makanan sehat yang akan membekali mereka dengan daya tarik untuk hidup fit dan sehat selama masa depannya.

Penulis: PMM UMM kelompok 8 gelombang 5
Mahasiswa Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah Malang

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI