Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kemendikbud di PT. INKA (Persero): Memperkaya Pengalaman Mahasiswa dalam Pengembangan Perusahaan Industri Manufaktur Kereta Api

MSIB
Kampus Merdeka, Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) (Sumber: Logo dari Penulis)

Dalam rangka memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman praktis di dunia industri, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) merancang program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 4.

Program MSIB ini biasanya bekerja sama antara perguruan tinggi atau lembaga pendidikan dengan perusahaan atau organisasi terkait.

MSIB bertujuan untuk mengintegrasikan pendidikan akademik dengan pengalaman lapangan, sehingga mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari di lingkungan kerja nyata.

Bacaan Lainnya
DONASI

PT. Industri Kereta Api (Persero) atau PT. INKA (Persero) merupakan salah satu perusahaan yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) untuk meluncurkan program MSIB.

PT. Industri Kereta Api atau PT. INKA (Persero) merupakan perusahaan manufaktur kereta api pertama di Asia Tenggara yang berada di di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

PT. INKA (Persero) terletak di Kota Madiun dan telah menghasilkan produk-produk berkualitas melalui komitmennya yang kuat untuk mendukung pengembangan industri kereta api di Indonesia dan berperan dalam memenuhi kebutuhan transportasi yang efisien dan berkelanjutan di negara ini.

Program MSIB di PT. INKA (Persero) bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pengembangan perusahaan.

Dalam program MSIB ini, sejumlah mahasiswa yang terpilih memiliki kesempatan untuk bergabung dengan beberapa divisi dan/atau departemen yang ada di PT. INKA (Persero), salah satunya ialah Departemen Pengembangan Perusahaan.

Departemen ini bertanggung jawab atas aktivitas pengembangan organisasi perusahaan, perencanaan dan evaluasi investasi perusahaan, serta perencanaan strategis dan evaluasi kinerja perusahaan secara menyeluruh.

Melalui program MSIB ini, mahasiswa dapat terlibat langsung dalam proses perencanaan, pemantauan, dan evaluasi kinerja PT. INKA (Persero).

Durasi program MSIB berlangsung selama lima bulan, dengan mahasiswa magang ditempatkan di berbagai proyek dan tugas yang relevan dengan divisi dan/atau departemen terkait.

Selama masa magang, mahasiswa bekerja dengan tim yang berpengalaman dan mendapatkan bimbingan langsung dari para profesional di PT. INKA (Persero).

Bergabung dengan Departemen Pengembangan Perusahaan akan memberikan mahasiswa magang kesempatan berharga untuk:

1. Mengikuti Proses Perencanaan Strategis

Mahasiswa magang akan terlibat dalam kegiatan perencanaan strategis PT. INKA (Persero), termasuk analisis investasi, penetapan tujuan, serta pengembangan rencana kerja dan inisiatif strategis.

2. Memantau dan Melacak Kinerja Perusahaan

Mahasiswa magang akan terlibat dalam pemantauan dan pelacakan kinerja perusahaan, termasuk mengumpulkan dan menganalisis data kinerja, mengidentifikasi tren, serta menyusun laporan kinerja periodik.

3. Evaluasi Program dan Inisiatif Perusahaan

Mahasiswa magang akan berpartisipasi dalam proses evaluasi program dan inisiatif perusahaan, termasuk mengevaluasi efektivitas implementasi, mengidentifikasi area perbaikan, dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja.

Melalui kegiatan magang ini, mahasiswa akan mendapatkan manfaat yang berharga, antara lain:

1. Pemahaman Praktis Industri

Melalui pengalaman langsung dalam Divisi Pengembangan PT. INKA (Persero), mahasiswa akan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang industri kereta api, proses perencanaan strategis, dan penilaian kinerja di sektor manufaktur.

2. Pengembangan Keterampilan

Mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mengasah keterampilan praktis, termasuk analisis data, pemantauan kinerja, dan penyusunan laporan. Mereka juga akan belajar bekerja dalam tim, berkomunikasi secara efektif, dan mengelola proyek.

3. Jaringan Profesional

Dalam lingkungan kerja yang dinamis di PT. INKA (Persero), mahasiswa magang akan dapat memperluas jaringan profesional mereka dengan berinteraksi dengan para profesional yang berpengalaman dan pemangku kepentingan industri.

Selain itu, program magang ini juga disertai dengan sertifikat resmi yang diberikan oleh Kemendikbud sebagai pengakuan atas keberhasilan mahasiswa menyelesaikan program magang dengan baik.

Sertifikat ini akan menjadi aset berharga bagi mahasiswa dalam meningkatkan nilai tambah dan daya saing mereka di dunia kerja.

Bapak Sigit Sugiarto selaku Senior Manager Perencanaan, Pengelolaan, dan Pengembangan SDM PT. INKA (Persero) menyambut baik program magang ini dan mengungkapkan kebanggaannya atas kolaborasi PT. INKA (Persero) dengan Kemendikbud dalam memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mengenal dunia industri secara langsung.

Beliau juga menekankan komitmen PT. INKA (Persero) dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten.

Melalui kolaborasi dan kesempatan magang dalam program MSIB ini, PT. INKA (Persero)i berharap dapat memperkuat sinergi antara dunia pendidikan dan industri, serta menciptakan generasi muda yang siap menghadapi tantangan global.

 

Penulis: Samitha Tariz Kusumawardani
Mahasiswi Manajemen, UPN “Veteran” Jawa Timur

 

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI