Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMBY Gandeng Kelompok Tani Gelar Pemberdayaan Digital Marketing Communication Produk Batik

Pemberdayaan Digital Marketing Communication Produk Batik
Pemberdayaan Digital Marketing Communication Produk Batik (Sumber: Penulis)

Sleman, Yogyakarta – Tujuh mahasiswa Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan program pemberdayaan masyarakat bertajuk komunikasi pemasaran digital di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada Senin (27/5/2024) dan Sabtu (1/6/2024).

Kegiatan pemberdayaan ini diadakan di kediaman ketua KWT (Kelompok Wanita Tani) Jasmine di Padukuhan Nologaten dan dihadiri oleh tujuh peserta ibu-ibu anggota Kelompok Wanita Tani Jasmine bagian produksi batik.

Tujuh mahasiswa tersebut diketuai oleh F. Rosalina Putri. Saat sesi sambutan, Rosa menyampaikan bahwa kegiatan pemberdayaan kelompoknya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam memasarkan produk secara digital.

Bacaan Lainnya
DONASI

Pendampingan komunikasi pemasaran digital dan pelatihan produksi konten media sosial merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam memasarkan produk-produk secara digital,” ujar F. Rosalina Putri selaku ketua kelompok mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Batik merupakan salah satu hasil karya Kelompok Wanita Tani Jasmine yang mengalami penurunan pemasaran sejak Covid-19. Kegiatan pemberdayaan ini sebagai upaya pengabdian mahasiswa terhadap para ibu kelompok tani di Padukuhan Nologaten untuk memaksimalkan pemasaran produk batik Nologaten.

Kegiatan pendampingan komunikasi pemasaran digital produk batik dan pelatihan produksi konten dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi tentang komunikasi pemasaran digital serta manfaatnya dan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan konten foto dan video dengan para peserta.

 

Pelatihan pembuatan konten media sosial jadi program pendukung yang bertujuan meningkatkan keterampilan peserta dalam memproduksi konten pemasaran di media sosial KWT Jasmine. Beberapa peserta cukup antusias dalam mengikuti pelatihan ini.

Selama acara pendampingan, mahasiswa membuka sesi diskusi dengan audiens terkait materi yang telah disampaikan.

Ketua KWT Jasmine, Wahyu Hanani mengutarakan rasa puas atas kegiatan ini sekaligus harapan kedepannya.

Kegiatan yang dilakukan sangat bermanfaat bagi UMKM khususnya di Batik Nologaten karena ibu-ibu di sini minim pengetahuan tentang media sosial. Kita jadi tahu istilah-istilah di dalam pengambilan gambar. Semoga UMBY mengirim mahasiswa kembali untuk pengabdiannya karena ilmu ini sangat bermanfaat bagi kami,” ungkap Wahyu Hanani.

Diselenggarakannya kegiatan pemberdayaan ini merupakan harapan mahasiswa Ilmu Komunikasi UMBY pada Kelompok Wanita Tani Jasmine dapat sedikit demi sedikit menerapkan komunikasi pemasaran digital untuk memaksimalkan pemasaran produk batik mereka sehingga seluruh anggota dapat merasakan hasilnya.

 

Penulis: Roma Suryanita Tambunsari
Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.