Mapach Tuntaskan Ekspedisi Gunung Semeru dan Arjuno

Mapach (Mahasiswa Pecinta Alam Civics Hukum) mengadakan Ekspedisi ke dua Gunung di Provinsi Jawa Timur yaitu Gunung Semeru dan Arjuno. Ekspedisi tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalis Mapach ke 32.

Kegiatan ekspedisi ini juga membawa misi kemanusiaan yakni adanya sosialisasi menumbuhkan persepektif kepada para pendaki gunung untuk memiliki kesadaran hukum dalam mendaki yang baik dengan tidak merusak alam. Dan diadakan juga sosialisasi kepada masyarakat kaki gunung mengenai kesadaran memahami ideologi pancasila dan konstitusi Undang-Undang Dasar 1945.

Kegiatan ekspedisi ini dinamai EDU SEMAR (Ekspedisi Dua Gunung Semeru dan Arjuno) yang dilaksanakan 8-13 Mei 2018. Tim ekspedisi terdiri dari 16 orang dan dibagi kedalam dua tim masing-masing terdiri dari 8 orang. Semua tim ekspedisi berangkat dari Stasiun Kiaracondong Kota Bandung pada hari Selasa 8 Mei 2018 pukul 18.00 WIB menuju stasiun Blitar dan sampai pada hari Rabu 9 Mei 2018 pukul 09.00 WIB. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke stasiun Malang dan sampai pada pukul 12.30 WIB. Setelah berkoordinasi dan menentukan kegiatan apa yang akan dilakukan kemudian tim Semeru dan Arjuno berpisah menuju Base Camp masing-masing.

Sebelum melakukan pendakian kedua tim memulai gerakan masyarakat sadar hukum terlebih dahulu melalui sosialisasi terhadap para pendaki untuk berbagi informasi mengenai tips pendakian yang baik dengan tetap menumbuhkan budaya konservasi demi menjaga lingkungan alam sekitar sehingga tetap terjaga kelestariannya melalui sosialisasi Undang-Undang No.5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan ekosistem.

Setelah melakukan sosialisasi, pendakian Semeru dan Arjuno dimulai pada hari Kamis 10 Mei 2018. Perjuangan yang cukup berat bisa dilalui dengan baik walaupun pendakian ini merupakan kali pertama yang dilakukan oleh kedua tim. Persiapan yang matang, perlengkapan yang cukup dan manajemen perjalanan yang baik telah menunjang pendakian untuk bisa bertahan dalam segala kondisi. Kedua tim ekspedisi berhasil mencapai puncak masing-masing gunung dengan diliputi rasa bangga dan suasana haru. Kedua tim kembali ke Base Camp pada hari sabtu 12 Mei 2018. Kemudian pada Minggu pagi kedua tim bertemu di stasiun Malang untuk kembali ke Bandung. Pada pukul 03.00 WIB kedua tim berhasil sampai di Bandung dengan selamat dan sehat.

Ketua pelaksana kegiatan EDU SEMAR yakni Yan “Tulanyo” Mahdi Muhamad menuturkan”Ekspedisi Gunung Semeru dan Arjuno yang dilaksanakan oleh Mapach merupakan sebuah rangkaian kegiatan dalam memperingati Dies Natalis Mapach ke-32 yang mengangkat tema GEMILANG (Gerakan Ekokultural Menjajaki Nilai Lingkungan dan Kebudayaan Bangsa). Maka dari itu ekspedisi Gunung Semeru dan Arjuno ini tidaklah semata mata ekspedisi pendakian Gunung saja akan tetapi ekspedisi ini mencoba mengangkat kearifan lokal dan potensi keindahan budaya dan lingkungan pada masyarakat kaki gunung untuk dapat dikaji secara mendalam sebagai bahan rujukan akademis dan pengetahuan untuk khalayak umum.

Secara keseluruhan ekspedisi yang dilakukan Mapach ke Gunung Semeru dan Arjuno merupakan sebuah perjalanan untuk memotret keindahan lingkungan dan kearifan budaya lokal di beberapa sisi nusantara dan pada dasarnya ekspedisi ini bermaksud untuk mengabdi pada nusantara dan nilai-nilai kemanusiaan”.

Sedangkan menurut Ketua Adat Mapach yakni Risman “Suparman” Nur Haqim “Kegiatan ekspedisi ini merupakan kegiatan rangkaian rangkaian Dies Natalis Mapach ke-32 yang bertujuan untuk mengeksplore dua Gunung Sekaligus dalam waktu bersamaan dengan output artikel dan video perjalanan guna memperkenalkan serta menunjukkan keindahan alamnya. Selain itu dalam kegiatan ini juga kami menggali nilai-nilai kebudayaan yang berkembang dengan berinteraksi langsung dengan masyarakat di kaki Gunung Semeru dan Arjuno.

Estu Supriyadi

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI