Menuju Indonesia Emas 2045, Sudah Siapkah Gen Z Menyambutnya

Menuju Indonesia Emas 2045
Menuju Indonesia Emas 2045 (Sumber: Media Sosial dari freepik.com)

Negara Indonesia saat ini memiliki sebanyak 84,4 juta penduduknya adalah anak-anak yang berada dibawah umur 18 tahun. Anak-anak tersebut diharapkan menjadi generasi Indonesia Emas Tahun 2045. 2045 tahun dimana Indonesia berada di tangan generasi z.

Pemerintah berkomitmen mewujudkan generasi Indonesia Emas tersebut melalui Seribu Hari Pertama Kehidupan sebagai pondasi penting dalam tumbuh kembang anak kedepannya.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak Perempuan dan Pemuda Kemenko PMK Femmy Eka Putri mengatakan anak-anak Indonesia kedepannya dapat menjadi SDM unggul yang akan memimpin bangsa ini.

Bacaan Lainnya
DONASI

Lalu dengan dukungan pemerintah, apakah generasi muda sudah mempersiapkan diri menuju Indonesia Emas 2045?

Sesuai dengan visi Indonesia Emas 2045, pemuda dapat menjadi pendorong utama dalam berbagai sektor, seperti ekonomi, pendidikan, sosial, dan politik. Dengan kreativitas, semangat, dan tekad, pemuda dapat menggerakkan perubahan positif dalam masyarakat.

Tentu saja yang dibutuhkan bukan hanya dukungan tetapi pembentukan karakter diri sendiri, pola pikir dan tindak prilaku yang harus lebih di kembangan pada setiap individu. Generasi Z yang akan membawa gemilang Indonesia Emas 2045 harus memiliki daya saing yang tinggi.

Tapi, permasalahan yang kini kita hadapi adalah generasi muda yang hidup tanpa norma, tidak memegang teguh nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila, dimana membawa mereka ke pemikiran yang menurun, sehingga SDM di Indonesia juga menurun.

Pancasila adalah jalan satu-satunya untuk mencapai tujuan bangsa. Di era transformasi digital seperti sekarang, generasi muda selain dituntut memiliki cara pikir yang sesuai dengan perkembangan zaman, juga tetap harus menanamkan nilai-nilai dasar Pancasila.

Generasi muda merupakan tonggak estafet pembangunan dalam mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045. Oleh sebab itu, generasi muda wajib menanamkan nilai-nilai kebangsaan yang berlandaskan ideologi Pancasila serta mampu mengimplementasikannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Hal-Hal yang harus dilakukan generasi muda saat ini ialah:

  1. Meningkatkan literasi
  2. Berkontribusi memajukan Indonesia dengan menajadi relawan
  3. Terbuka dalam menerima berbagai pemikiran dan pengalaman baru
  4. Menjadi pengguna internet dan mendia social yang baik
  5. Mendukung produk local Indonesia

Sangat diharapkan kepada generasi muda untuk lebih pintar dalam bersosial, lebih matang dalam berpikir agar Indonesia emas 2045 dapat terwujud.

Penulis: Aprilyautami
Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI