Persaingan Hujan Cuan dan Gift Melalui TikTok

TikTok Live
TikTok Live (Sumber: Media Sosial dari freepik.com)

Pada zaman yang semakin berkembang ini banyak sekali teknologi yang juga semakin maju. Dengan kemajuan teknologi semakin banyak media-media elektronik yang diciptakan, selain media elektronik semakin banyak orang juga menciptakan inovasi baru dalam membuat aplikasi.

Banyak aplikasi yang sekarang dijadikan sebagai media untuk melakukan promosi bisnis dan penjualan barang. Media yang kali ini sedang happening adalah Tiktok. Pastinya hampir semua orang juga menggunakan aplikasi Tiktok, banyak sekali masyarakat yang mengira menggunakan Tiktok hanya bisa untuk kesenangan semata, padahal semakin berjalannya waktu Tiktok mengembangkan banyak fitur di aplikasi mereka.

Bisa dibilang Tiktok merupakan salah satu aplikasi yang cukup berguna dan memiliki manfaat terutama di dunia UMKM. Kenapa aplikasi ini bisa dibilang aplikasi yang berguna dan bermanfaat ? Di dalam aplikasi Tiktok mereka menyajikan fitur yang dimana orang-orang bisa membagikan video keseruan mereka, video challenges yang sedang trending, video mengenai, berita yang sedang viral, dan video untuk mempromosikan suatu barang.

Bacaan Lainnya
DONASI

Selain itu mereka juga bisa melakukan siaran secara langsung, dan melakukan penjualan barang-barang jualan mereka. Dua fitur yang sekarang sangat menguntungkan adalah Tiktok Live dan Tiktok Shop. Sampai detik ini banyak sekali orang yang sudah mulai sering bermunculan melakukan penjualan melalui Tiktok Shop dan Promosi melalui Tiktok Live.

Aplikasi Tiktok sekarang bisa dibilang tempat untuk menghasilkan “Cuan”. Tiktok Shop dan Tiktok live bisa membangkitkan bisnis-bisnis kecil yang baru mulai dan tentunya juga banyak UMKM yang mencoba bisnis nya di fitur ini untuk mengenalkan brand yang mereka miliki.

Sudah banyak bukti juga bisnis yang awalnya sangat kecil atau UMKM yang kemudian mereka terus berusaha dalam melakukan promosi dan penjualan melalui Tiktok Shop. Selain itu mendapatkan cuan sebenarnya tidak hanya dari penjualan barang kita di Tiktokshop melainkan bisa dari Tiktok Live dan Video Konten.

Kebanyakan orang sekarang melakukan Tiktok Live untuk mendapatkan cuan, semakin banyak viewers dan gift yang diberi semakin besar cuan yang akan mereka dapatkan. Bagaimana bisa? Tentu bisa karena sekarang cuan yang mereka dapatkan berasal dari gift yang orang-orang beri.

Setiap gift memiliki nominal uang yang berbeda-beda, dan gift itu bisa di klaim menjadi uang asli. Sehingga banyak sekali ditemukan di layar home Tiktok live orang-orang yang melakukan live dengan berbagai konten. Ada konten live yang bermutu dan ada juga yang tidak bermutu namun mereka tetap bisa mendapatkan viewers dan gift.

Harga 1 koin Gift sama dengan Rp 250,- harga tertinggi gift tiktok live bernominal 34.999 koin setara sekitar Rp 8.700.000 dan gift termurah hanya 1 koin gift. Bayangkan saja teman-teman jika satu orang melakukan sekali live dan mendapatkan bayak sekali macam gift kemungkinan bisa mendapatkan cuan seharinya lebih dari 1 juta rupiah.

Semenjak Tiktok live ini berlangsung mulai banyak orang-orang yang bersaing melakukan tiktok live yang menarik perhatian mereka semua para penonton, sampai ada orang yang melakukan persaingan tidak sehat seperti melakuka live namun dengan menggunakan nama orang lain yang sudah terkenal kemudian mereka menampakan video lama orang tersebut sampai banyak orang yang sudah mengirim banyak gift.

Selain itu, ada juga orang-orang yang melakukan konten live yang bisa dikatakan kurang sehat karena mereka rela menyiram-menyiram diri mereka sampai basah demi mendapatkan gift dari challenge orang- orang.

Ada juga live yang mengandung konten yang positif, orang yang melakukan live untuk promosi beberapa barang jualan mereka sangat menguntungkan bagi mereka karena terkadang ada orang yang berbaik hati untuk memberi gift kepada orang yang rela melakukan promosi dengan review-review barang mereka.

Dari situ bisa dilihat kelebihan dan kekurangan dari TikTok live. Meskipun Tiktok Live dan Tiktok Shop sangat menguntungkan mereka semua tetap harus berfikir untuk mencari konten yang positif dan tidak merugikan orang lain. Lebih baik berlomba dan bersaing bisnis melalui fitur apapun secara sehat sehingga bisa menciptakan kesejahteraan bersama semua pengguna aplikasi Tiktok seIndonesia.

 

Penulis: Ignatia Giovani Jane Siswanto
Mahasiswa Hotel & Tourism Business, Universitas Ciputra Surabaya

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

References

https://jalantikus.com/tips/harga-gift-tiktok- universe/. (2022, Oktober 22). Harga Gift Tiktok Universe Terbaru 2022 dan Hadiah Viral Lainnya, Termahal 8jutaan !

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

 

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.