Program KKN UPN “Veteran” JATIM: Mahasiswa KKN Mengadakan Sosialisasi Pengetahuan tentang Basis Data dan Visualisasi kepada Siswa SMAN 20 Surabaya

Mahasiswa KKN Mengadakan Sosialisasi Pengetahuan tentang Basis Data dan Visualisasi kepada Siswa SMAN 20 Surabaya
Dokumentasi bersama Siswa SMAN 20 Surabaya (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 23 dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (UPNVJT) mengadakan Program Pendidikan Teknologi yang Inovatif. Kegiatan KKN ini dilaksanakan berlangsung selama satu hari pada tanggal 24 November 2023.

Program ini dirancang untuk memberikan pengetahuan serta meningkatkan pemahaman tentang basis data dan keterampilan visualisasi basis data kepada siswa di SMAN 20 Surabaya khususnya siswa ekstrakurikuler “Cybertwenty”.

Dengan berfokus pada siswa SMA, program ini diharapkan dapat memberikan landasan untuk pengembangan ke jenjang selanjutnya dalam bidang teknologi, meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengolah data dan memvisualisasikannya melalui teknologi.

Ketua KKN kelompok 23, M. Nur Rachman Nidhi Suryono, menjelaskan, “Kami melihat bahwa penting bagi siswa SMA untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang teknologi, khususnya basis data dan visualisasinya. Inisiatif ini bukan hanya tentang memberikan pengetahuan, tetapi juga tentang membuka wawasan mereka terhadap peluang yang ada di dunia digital“.

Mahasiswa KKN Kelompok 23 melibatkan siswa dalam serangkaian kegiatan, mulai dari pengenalan data dan basis data. Materi pelatihan mencakup konsep basis data, pengenalan Structured Query Language (SQL), mempraktikkan penerapan pengelolaan database dengan menggunakan phpMyAdmin dan teknik visualisasi data.

Siswa dengan antusias mencoba untuk mempraktekkan langsung materi yang telah disampaikan menggunakan laptop masing-masing serta bertanya terkait materi yang tidak dipahami selama pemaparan materi.

Disela-sela kegiatan berlangsung terdapat sesi ice breaking untuk menghibur siswa agar tidak bosan selama kegiatan berlangsung, serta membangun hubungan akrab antara mahasiswa KKN dan siswa. Pada sesi ini diadakan quiz tebak lagu  beserta quiz tentang materi yang telah disosialisasikan.

Bagi siswa yang memenangkan quiz akan mendapatkan hadiah yang menarik. Pada sesi ini, selain informatif  tetapi juga menghibur agar menciptakan pembelajaran yang berkesan bagi siswa.

Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama mahasiswa KKN Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, siswa ekstrakurikuler “Cybertwenty”, dan pembina ekstrakurikuler “Cybertwenty”.

Menurut salah satu siswa, Muhammad Dhiya Altamis Mifzal Maula, “Kegiatannya mulai dari pemberian materi mudah dipahami, seru dan tidak bosan. Supaya tidak bosan diadakan kuis untuk mengasah lebih dalam tentang materi yang diajarkan. Proses belajar dimulai dari pembukaan hingga akhir lancar. Pengalaman belajar saya coding cukup paham dan mulai memiliki gambaran kedepan,” ujarnya.

Program ini bukan hanya memberikan manfaat pada para siswa, tetapi juga menjadi peluang bagi mahasiswa KKN untuk mengasah kemampuan komunikasi dan kemampuan mengajar mereka. Selain itu, kegiatan ini dilakukan untuk menyalurkan pemahaman mahasiswa terhadap materi mata kuliah administrasi basis data yang telah dipelajari di kampus.

Dengan berakhirnya program KKN, mahasiswa KKN berharap bahwa siswa SMAN 20 Surabaya dapat mengaplikasikan pengetahuan baru mereka dalam kehidupan sehari-hari dan mungkin membuka jalan bagi mereka untuk mengejar studi lebih lanjut di bidang teknologi informasi.

Program pendidikan teknologi ini menjadi contoh inspiratif bagaimana kolaborasi antara perguruan tinggi dan sekolah dapat menciptakan kesempatan pembelajaran yang berharga bagi para siswa. Kuliah Kerja Nyata menjadi langkah konkret menuju transformasi pendidikan yang bersifat holistik dan inovatif.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi laman resmi UPN Veteran Jawa Timur di https://www.upnjatim.ac.id, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPN Veteran Jawa Timur https://lppm.upnjatim.ac.id, Fakultas Ilmu Komputer https://fasilkom.upnjatim.ac.id/, Program Studi Sistem Informasi https://sisfo.upnjatim.ac.id/.

 

Penulis: KKN Kelompok 23 Sistem Informasi UPN Veteran Jawa Timur
Mahasiswa Sistem Informasi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI