Transformasi Hukum dalam Politik Modern: Peran dan Tantangan

Opini
Ilustrasi: istockphoto

Hukum adalah tulang punggung masyarakat yang beradab. Ini adalah kerangka kerja yang membentuk tatanan sosial, ekonomi, dan politik suatu negara.

Dalam politik modern, hukum memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan kekuasaan, melindungi hak asasi manusia, dan menciptakan lingkungan di mana negara dapat berfungsi dengan efisien. Namun, hukum juga sering menjadi alat politik yang kuat yang digunakan untuk mencapai tujuan politik tertentu.

Salah satu peran utama hukum dalam politik modern adalah melindungi hak asasi manusia. Hukum menetapkan batasan-batasan yang jelas tentang apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh pemerintah dan individu. Ini mencakup hak atas kebebasan berpendapat, hak atas privasi, hak atas persamaan di mata hukum, dan hak-hak lainnya.

Bacaan Lainnya
DONASI

Hukum juga berperan dalam mengatur dan mengendalikan kekuasaan pemerintah. Konsep negara hukum mengharukan pemerintah untuk bertindak sesuai dengan hukum dan tidak boleh melanggar prinsip-prinsip hukum yang telah ditetapkan.

Ini bertujuan untuk  memastikan bahwa kekuasaan pemerintah tidak disalahgunakan dan masyarakat memiliki perlindungan dari tindakan sewenang-wenang.

Hukum juga berperan dalam mengatur aktivitas ekonomi dalam politik modern. Ini mencakup regulasi bisnis, perpajakan, perlindungan konsumen, dan berbagai aspek lainnya dari kegiatan ekonomi. Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan yang adil dan berkelanjutan bagi semua pelaku ekonomi.

Hukum di dalam politik modern memiliki beberapa tantangan yang harus dihadapi, Salah satu tantangan utama yang dihadapi hukum dalam politik modern adalah risiko manipulasi politik terhadap hukum. Pemerintah yang otoriter dapat menggunakan perubahan hukum untuk pengukuhan kekuasaan mereka atau mengekang oposisi politik.

Hal ini sering terjadi dalam bentuk pembatasan kebebasan berpendapat atau penyalahgunaan hukum pidana untuk menekan lawan politik, ketidaksetaraan dalam akses ke hukum adalah masalah serius dalam politik modern. Banyak orang miskin atau yang kurang mampu secara finansial seringkali tidak dapat mengakses sistem peradilan atau mendapatkan bantuan hukum yang memadai.

Ini menciptakan ketidakadilan dalam sistem hukum. Tidak hanya manipulasi politik, perubahan cepat dalam teknologi juga menciptakan tantangan bagi hukum dalam politik modern. Teknologi seperti internet dan kecerdasan buatan memunculkan pertanyaan-pertanyaan baru tentang privasi, keamanan data, dan etika dalam penggunaan teknologi.

Hukum harus beradaptasi dengan cepat untuk mengatasi tantangan ini. Globalisasi dan hukum internasional juga menjadi tantangan hukum di dalam politik modern. Dalam politik modern, negara-negara semakin terhubung secara global melalui perdagangan, diplomasi, dan komunikasi.

Ini menciptakan kebutuhan untuk hukum internasional yang efektif yang dapat mengatur hubungan antar negara. Namun, tidak selalu mudah untuk mencapai konsensus dalam konteks global ini.

Upaya yang harus dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut ialah dengan Penguatan Sistem Peradilan, Untuk mengatasi tantangan manipulasi politik terhadap hukum, penting untuk memperkuat sistem peradilan yang independen dan objektif. Membangun kepercayaan masyarakat dalam sistem peradilan adalah langkah penting dalam menjaga integritas hukum.

Untuk mengatasi ketidaksetaraan akses ke hukum, langkah-langkah harus diambil untuk memastikan bahwa semua warga negara memiliki akses yang sama ke sistem peradilan. Ini dapat mencakup penyediaan bantuan hukum yang terjangkau dan perubahan dalam proses hukum yang lebih ramah terhadap masyarakat.

Dan untuk mengatasi tantangan perubahan teknologi, hukum harus mengikuti perkembangan teknologi dengan cepat. Regulasi yang tepat perlu diterapkan untuk melindungi hak privasi dan keamanan data masyarakat. Dalam menghadapi tantangan globalisasi, kerja sama internasional menjadi kunci.

Negara-negara harus bekerja sama dalam mengembangkan hukum internasional yang efektif untuk mengatur isu-isu global seperti perubahan iklim, perdagangan internasional, dan penyebaran senjata nuklir.

Dalam politik modern, hukum memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk tatanan masyarakat dan mengatur hubungan antara individu, pemerintah, dan negara, hukum dalam politik modern juga mencakup peraturan dan prosedur pemilihan umum, pengawasan terhadap pemerintah, dan perlindungan terhadap kebebasan berpendapat dan berkumpul.

Untuk menjaga integritas hukum dalam politik modern, perlu ada upaya untuk memperkuat sistem peradilan, mengatasi ketidaksetaraan akses, mengatur perkembangan teknologi, dan meningkatkan kerja sama internasional.

Penulis:

Muhammad Al Ghafar (NIM: 2310842026)

Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik Universitas Andalas

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI