Waspada Tanah Longsor! Mahasiswa KKN UNDIP Gandeng BPBD Kab. Pemalang Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Desa Wisnu Melalui Pelatihan Mitigasi

Pelatihan Mitigasi
Mahasiswa Tim I KKN Undip bersama dengan BPBD Kabupaten Pemalang. (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Pemalang – Hujan deras yang terus menerpa Kecamatan Watukumpul meningkatkan kewaspadaan warga Desa Wisnu. Pasalnya bencana tanah longsor bisa terjadi kapanpun mengingat letak geografis desa yang termasuk dalam dataran tinggi.

Tidak sedikit pula kejadian bencana yang pernah terjadi khususnya tanah longsor beberapa tahun silam yang berdampak kerugian bagi masyarakat karena merusak tempat tinggal hingga menutup akses jalan antar desa.

Mahasiswa KKN Tim I Undip bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang dalam upaya pemberdayaan masyarakat dalam menghadapi bencana khususnya tanah longsor melalui “Program Pelatihan Mitigasi Bencana” yang dilakukan di Balai Desa Wisnu.

Bacaan Lainnya
DONASI

Meski Desa Wisnu tidak termasuk ke dalam sembilan desa yang berpotensi bencana di Kecamatan Watukumpul, pemahaman masyarakat terhadap persiapan serta pencegahan terjadinya bencana tetap diperlukan guna menjadi bekal apabila warga berada dalam situasi genting saat bencana terjadi.

Hal inilah yang menjadi dasar dilakukannya program sosialisasi dan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan mitigasi bencana.

Acara pelatihan dilaksanakan pada Selasa, 31 Januari 2023 dan dihadiri oleh Kepala Desa Wisnu yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Sekretartis Desa, beberapa Perangkat Desa serta masyarakat Desa Wisnu.

Baca juga: Pembuatan Peta Geografis dan Kebencanaan sebagai Upaya Penanggulangan Tanah Longsor di Desa Bandung

Pelatihan ini mengusung tema besar ‘Pelatihan Mitigasi: Proses dan Contoh Mitigasi Bencana Tanah Longsor dan Gerakan Tanah”.

Materi yang dibahas dalam kegiatan pelatihan ini meliputi pemahaman dasar tentang bencana, hal-hal apa saja yang dapat menimbulkan longsor, gejala awal apabila akan terjadi longsor serta upaya preventif dalam menghadapi bencana longsor.

Pemaparan setiap materi dibawakan oleh Bapak Ronny Setiawan S.STP., M.Sc. dan Bapak Faizin selaku perwakilan dari BPBD Kabupaten Pemalang.

Pelaksanaan pelatihan di Balai Desa Wisnu. (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Adanya kegiatan ini bermanfaat sekali bagi warga desa agar lebih waspada terhadap (bencana) longsor” Kata Bapak Tasdik selaku Sekretaris Desa yang hadir mewakili Kepala Desa.  

Baca juga: Mahasiswa Kampus Mengajar Adakan Sosialisasi Mitigasi Bencana untuk Sekolah Dasar

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian kenang-kenangan oleh Mahasiswa KKN Tim I Undip yang diwakili oleh I Putu Surya selaku Koordinator Desa dan penanggung jawab acara.

Kenang-kenangan tersebut sebagai ucapan terima kasih kepada pihak BPBD Kabupaten Pemalang yang telah membantu dalam mewujudkan pelatihan mitigasi bencana di Desa Wisnu.

Pemberian kenang-kenangan dan ucapan terimakasih kepada BPBD Kabupaten Pemalang. (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Harapan dari dilakukannya kegiatan pelatihan ini yaitu masyarakat menjadi lebih memahami bahaya serta sikap apa saja yang harus dilakukan apabila terjadi bencana.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan dapat berupaya untuk mencegah terjadinya bencana khususnya longsor dengan menerapkan ilmu yang telah dipaparkan dalam pelatihan.

Penulis:

1. I Putu Surya Raditya N.               (Mahasiswa Teknik Geodesi)
2. Ignatia Novita Tanuwidjaja         (Mahasiswa Teknik Kimia)
3. Irfan Agung Wardhana               (Mahasiswa Teknik Elektro)
4. Risma Ayu Julianti                       (Mahasiswa Manajemen dan Administrasi Logistik)
5. Koko Tri Pradityo                        (Mahasiswa Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur)
6. Aliffiana Faradita                         (Mahasiswa Peternakan)
7. Nabilla Aurelia Callista                (Mahasiswa Manajemen)
8. Anugrah Nan Mulia                     (Mahasiswa Arsitektur)
9. Ghulam Hadist Ulil Ilmi               (Mahasiswa Hukum)
Mahasiswa KKN Tim I 2022/2023, Universitas Diponegoro

Editor: Imamah Khairunnisa
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI