Yuk Mari Hidup Sehat tanpa Rokok!

No Smoking
Ilustrasi Hidup Sehat tanpa Rokok (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Kita semua kenal dengan namanya rokok bagaimana semua orang berkata merupakan aktifitas tidak sehat.

Peringatan bahaya merokok bagi kesehatan tidak ada hentinya sampai saat ini sudah melekat di masyarakat, meskipun telah banyak yang mengetahui bahaya dari merokok seperti apa tetapi masih banyak perokok yang acuh tak acuh dalam peringatan tersebut susah untuk meninggalkan kebiasaannya.

Merokok atau berhenti merokok memang tergantung pada diri kita senndiri. Rokok adalah salah satu masalah kesehatan yang masih terbilang tinggi dan pervalensinya selalu meningkat.

Bacaan Lainnya
DONASI

Salah satu komponen didalam rokok adalah nikotin yang diaman suatu zat yang bisa membuat perokok kecanduan, nikotin adalah alasan utama seseorang tidak bisa berhenti merokok bahkan yang berniat untuk berhenti menjadi terasa tidak nyaman dan akhirnya Kembali merokok lagi.

Pada saat ini kebiasaan merokok tidak hanya orang dewasa saja, namun juga semakin marak di kalangan anak-anak maupun remaja.

Oleh karena, itu anak-anak dan remaja perlu terus ditingkatkan lagi kesadarannya terkait dampak bahaya jika menggunakan rokok.

Merokok ini secara umum menurunkan kondisi kesehatan kita faktanya, bahkan tidak hanya berbahaya bagi diri sendiri, merokok juga dapat merugikan orang sekitar yang menghirup asap rokok tersebut.
Penyakit akibat bahayanya merokok bagi kesehatan:

1. Penyakit Paru-Paru

Penyakit paru-paru efek dari perokok yang paling pertama yang merusak organ tubuh akibat asap rokok.

2. Resiko stroke

Pada perokok aktif bisa saja menderita serangan stroke. Karena efek samping merokok dapat menyebabkan melemahnya pembuluh darah.

3. Serangan jantung

Orang yang perokok aktif ataupun hanya menhirup orang sekitar lebih rentang terkena penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung.

4. Asam lambung

Rokok bisa melemah kan otot yang berfungsi sebagai katup pemisah lambung dan bagian bawah kerongkongan, kondisi ini akan mengakibatkan asam lambung naik.

5. Tulang Keropos

Tulang keropos atau rapuh, racun pada rokok bisa membuat tulang semakin rapuh.

6. Penuaan Dini

Penuaan dini, beresiko muncul pda perokok aktif, dan sebagainya.

Dari sini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa merokok dapat merusak berbagai macam organ tubuh kita.

Oleh karena itu, mari yuk hidup sehat mulai saat ini dengan hindari rokok sayangi tubuh kita dengan mengkonsumsi dan aktivitas yang sehat dan teratur.

Penulis: Mega Indah Handayani
Mahasiswi Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia Maju

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI