Bali United vs Persib Bandung: Pertama Kali di Liga Tertinggi, VAR Digunakan

bola
Debut VAR Liga 1 (tangkapan layar).

Pada pertandingan pertama Bali United melawan Persib Bandung di semifinal pertama Championship Series Liga 1 2023-2024, VAR pertama kali digunakan di Bali United Training Center di Gianyar, Bali. Kedua tim bermain imbang 1-1 di laga Selasa malam (14/5) di Bali United Training Center.

Setelah penantian panjang publik sepak bola tanah air terhadap teknologi Video Assisten Referee atau VAR akan berakhir. Setelah serangkaian uji coba operator kompetisi BRI Liga 1 akan menggunakan VAR untuk pertama kalinya dalam sejarah Liga Indonesia.

VAR membantu wasit dalam membuat keputusan. Video Assistant Referee ini tidak banyak digunakan selama babak pertama laga. Namun, VAR akhirnya membuat keputusan untuk melakukan review penalti atas pelanggaran Kadek Agung terhadap David Da Silva.

Bacaan Lainnya
DONASI

Pada awalnya, wasit Heru Cahyono melanjutkan pertandingan, tetapi wasit VAR mengontak untuk melaporkan peristiwa tersebut. Pada akhirnya, layar VAR di pinggir lapangan digunakan oleh wasit utama untuk melihat tayangan ulang pelanggaran.

Persib menerima penalti dua menit kemudian setelah melihat replay dan berbicara dengan wasit VAR. David sebagai eksekutor penalti gagal melakukan tugasnya setelah berhasil ditepis kiper Adilson Maringa. Pada menit ke-73, VAR digunakan lagi untuk menyelidiki insiden Jefferson Assis dan Nick Kuipers di pinggir lapangan.

Kejadian tersebut terjadi karena Kartu Merah; Jefferson sempat menggerakan tangannya seolah-olah dia meninju, tetapi itu tidak mengenai Nick. Heru Cahyono memutuskan bahwa tindakan Jefferson tidak layak mendapatkan kartu merah setelah memeriksa layar.

Selain itu, gol Bali United ke gawang Persib juga sempat diperiksa oleh VAR karena dianggap offside. Usai diperiksa, gol Jefferson diputuskan sah karena pemain berada di luar kotak penalti.

Pertandingan sempat ditunda karena ribuan pendukung tiba-tiba masuk ke area utara Bali United Training Center pada pukul 21.45 Wita, saat pertandingan sudah memasuki menit ke-80.

Karena kapasitas tempat latihan Bali United yang terbatas, pertandingan tersebut dimainkan di luar pandangan publik. Pertandingan pertama Championship Series ini berakhir dengan skor 1-1. Pada menit 82, Jefferson berhasil mencetak gol, dan David Da Silva membalas di injury time.

Penulis: Nawang Wulan Febriani
Mahasiswa Pendidikan Kepelelatihan Olahraga, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.