Efek Pengaruh Media Sosial terhadap Remaja

Efek Pengaruh Media Sosial terhadap Remaja
Sumber: pixabay.com

Media sosial bukan lagi hal asing dalam kehidupan kita, saat ini aktivitas penggunaan media sosial didominasi oleh kalangan remaja. Penggunaan media sosial membawa begitu banyak kemudahan bagi penggunanya, dengan segala Fasilitas yang telah disediakan.

Namun dibalik kemudahan tersebut kehadiran media sosial juga membawa sisi buruk bagi perilaku penggunannya. Hal ini berdampak sangat luas, termasuk kekerasan fisik serta ancaman terhadap kesejahteraan.

Peran orang tua untuk mendidik tentang  penggunaan media yang sehat sangat penting untuk menciptakan penggunaan media sosial yang aman untuk remaja. Salah satu hal yang mengerikan dalam kehidupan remaja di media sosial adalah efek yang dihasilkan.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Cyberbullying di Media Sosial

Dampak Positif

Berikut efek dari penggunaan media sosial pada sisi positif:

Mempermudah Komunikasi

Perkembangan teknologi memudahkan segalanya dalam hal berkomunikasi, dimana dalam hitungan detik, pesan yang dikirim sudah bisa diterima oleh orang yang bahkan berada di luar negeri.

Menambah Teman Juga Koneksi

Sekarang, banyak orang yang berkenalan satu dengan lainnya melalui media sosial. Tidak sedikit pula perkenalan ini menjadi koneksi yang baik untuk bisnis di kemudian hari.

Sumber Informasi dan Pembelajaran

Platform media sosial menyediakan akses mudah keberbagai informasi dan sumber pembelajaran. Remaja dapat belajar tentang topik tertentu, mengeksplorasi minat mereka, dan berbagi pengetahuan dengan orang lain.

Sarana Berbisnis

Kini media sosial telah mempunyai fitur khusus untuk memudahkan bisnis, sehingga memberikan peluang besar untuk membantu menganalisis pasar, kebutuhan konsumen, hingga produksi.

Sedangkan, dampak negatif media sosial sering sekali tidak disadari para penggunanya. Terlalu sering menjelajahi media sosial hingga lupa waktu dapat menimbulkan beberapa masalah. Dari masalah kesehatan yang membuat terganggunya jam tidur hingga depresi.

Baca Juga: Pengaruh Cyberbullying di Media Sosial terhadap Kesehatan Mental Anak Remaja

Dampak Negatif

Berikut efek dari penggunaan media sosial pada sisi negatif:

Mudah Meninggalkan Jejak

Apapun yang diunggah ke sosial media akan selalu meninggalkan jejak walaupun sudah menghapusnya. Hal ini menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan dalam berkomunikasi melalui media sosial.

Banyak Modus Penipuan

Banyak kasus kejahatan yang ditemukan dalam media sosial. Penipuan digital menimbulkan banyak kerugian mulai dari uang, benda fisik, serta data pribadi.

Cyberbullying

Remaja rentan terhadap pelecehan dan intimidasi online. Cyberbullying dapat berdampak buruk pada kesejahteraan emosional mereka, menyebabkan stres, kecemasan, dan bahkan depresi.

Kecanduan Media Sosial

Penggunaan yang berlebihan pada media sosial dapat mengganggu kehidupan sehari-hari remaja. Menghabiskan waktu yang berlebihan di depan layar, mengorbankan tidur yang cukup, aktivitas fisik, dan interaksi sosial langsung.

Media sosial memiliki dampak positif dan negatif bagi penggunanya. Dimana media sosial sendiri telah membawa para penggunanya kearah kemajuan berpikir serta ilmu pengetahuan dan sekaligus dapat menjerumuskan penggunanya, khususnya generasi muda kepada rasa kecanduan serta merusak moral dalam kehidupan.

Dalam mendukung perkembangan yang sehat, penting bagi remaja untuk mengelola penggunaan media sosial dengan bijaksana.

 

Penulis: Rakhil Rakhiya Ramadhini
Mahasiswa Jurusan Akuntansi, Universitas Pamulang

 

Editor: I. Khairunnisa

Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI