Hasilkan Pundi-Pundi Uang, CV. Pawon Ibun Produksi Abon Non MSG untuk MP-ASI

UMKM
Gambar : Dokumentasi Foto Produk Abon CV. Pawon Ibun

Setelah sukses dalam usahanya mengolah produk kaldu dari bahan organik dengan berbagai variasi rasa, kini CV. Pawon Ibun mengembangkan produksi abon. Produksi abon ini ditujukan untuk masyarakat khususnya bayi MP-ASI yang cocok untuk dibawa kemana-mana.

Abon ini terbuat dari bahan-bahan alami dan bebas dari MSG yang memiliki dua variasi rasa yaitu abon sapi dan abon tenggiri.

“Awal mula produksi abon ini karena melesatnya permintaan masyarakat di pasar,” ungkap Bu Lina (26/09/2022).

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Kolaborasi dengan PT. JMB Indonesia, Mahasiswa UPN Veteran Jatim Beri Pelatihan untuk Penerapan GMP di CV. Pawon Ibun

Berdasarkan artikel Poultry Indonesia, Data Konsumsi Daging 2018 sebesar 2.500 per kapital. Berangkat dari permasalahan tersebut, CV. Pawon Ibun membuat produk olahan pangan untuk memperpanjang umur simpan yaitu dalam bentuk abon.

Sekaligus untuk menambah olahan produksi yang ada di CV. Pawon Ibun khususnya untuk bayi MP-ASI sehingga dapat memenuhi nutrisi dari konsumen.

Bahan-bahan yang digunakan dalam mengolah abon dipilih dari kualitas bahan yang baik, seperti harus berwarna merah cerah, berbau segar, lembab, dan memiliki tekstur padat kenyal serta bebas dari noda atau bercak asing.

Pengolahan abon ini diawali dengan proses perebusan daging, penggilingan daging, penyangraian, penggorengan, penirisan, pengovenan, dan pengemasan. Hingga kini produksi abon sapi mencapai 160 botol dalam satu bulan dengan omzet mencapai 6 juta rupiah.

Selain abon sapi, CV. Pawon Ibun mengembangkan abon tenggiri karena tenggiri merupakan sumber protein yang tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan dan perkembangan nutrisi bayi dan anak balita. Tidak hanya itu ikan tenggiri juga mengandung asam lemak omega 3 yang bagus untuk meningkatkan fungsi otak bagi balita.

Baca Juga: Scale Up UMKM Go Internasional, UPN Veteran Jawa Timur Kerjasama dengan CV. Pawon Ibun

Bu Lina mengatakan, “Pemilihan ikan tenggiri dalam pembuatan abon ini dipilih berdasarkan kualitas yang baik”.

Hal ini dilihat dari bahan ikan tenggiri yang warnanya cerah, bening, dan tidak berbau menyengat. Untuk pengolahannya sendiri tidak jauh berbeda dengan pengolahan abon sapi. Dan tentunya pengolahannya bebas dari MSG.

Sehingga ini lah yang menjadi ciri khas dari CV. Pawon Ibun, yaitu menerapkan Food Healthy khususnya untuk bayi dan balita.

Abon sapi dan abon tenggiri ini bisa dibeli melalui platform Shopee dan Instagram dari CV. Pawon Ibun dengan nama akun @pawon_ibun. Hal ini yang merupakan strategi dari CV. Pawon Ibun dalam meningkatkan pundi-pundi uang.

Penulis: Indah Dwi Asti
Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI