Kolaborasi Mahasiswa KKN 87 FKIP UNS dan Djawa Bakery: Merajut Masa Depan Gemilang UMKM di Desa Jipangan

KKN UNS
Dokumentasi bersama Pemilik Djawa Bakery (Dok. Pribadi, pada 23 Agustus 2023)

BOYOLALI, 23 Agustus 2023 – Semangat baru merebak di Dukuh Demangan RT 03 RW 01, Desa Jipangan, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

Pada tanggal 23 Agustus 2023, para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dengan penuh semangat menggalang kerjasama dengan Djawa Bakery, usaha rumah tangga bergerak dalam pembuatan roti seperti roti tawar dan roti selai.

Langkah ini menjadi bagian integral dari program “Branding UMKM,” yang dirancang untuk menopang pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Jipangan.

Bacaan Lainnya
DONASI

Menuju Peningkatan Produktivitas Lewat Digitalisasi dan Branding UMKM

Kunjungan awal terjadi pada Selasa, 1 Agustus 2023 yang menandai titik awal kerja sama ini. Misi inti dari program “Branding UMKM” adalah memperkukuh dan mengoptimalkan operasional bisnis dengan memanfaatkan digitalisasi serta strategi branding yang cerdas.

Lebih dari sekadar mengalihkan pola kerja, digitalisasi ini juga meredam kendala yang mungkin timbul saat transaksi berlangsung hingga pembuatan pendukung usaha seperti logo, banner atau MMT, serta akun media sosial dalam membantu promosi produk.

Dari Impian Menuju Kecemerlangan UMKM

Dalam eksekusi program ini, sorotan utama mengarah pada Djawa Bakery. Usaha rumah tangga ini lahir dari impian seorang mantan sales roti yang ingin menciptakan sesuatu yang spesial setelah mengetahui seluk beluk mengenai dunia persalesan roti.

Dengan modal terbatas sekitar 14 juta rupiah dan hanya memiliki 4 karyawan, ditambah dengan keterbatasan dalam produksi dan pemasarannya, Djawa Bakery tak pernah berputus asa dalam menghadapi tantangan khususnya pada saat terjadinya pandemi Covid-19.

Awalnya, Djawa Bakery merintis dengan penjualan roti sederhana. Namun, usaha ini beranjak lebih maju melalui upaya secara bertahap dengan melihat target pasar dan berusaha menambah variasi terhadap roti yang diproduksi.

“Meskipun terkadang biaya yang dikeluarkan melebihi pendapatan yang diperoleh, kami melihat hal ini sebagai suatu pengalaman yang sangat berharga dan sebagai landasan evaluasi untuk terus mengembangkan usaha rumah tangga kami.” Tutur Pak Jaya selaku pemilik industri rumah tangga ini.

Berkat pendekatan hati-hati ini, Djawa Bakery secara bertahap meningkatkan modalnya sehingga saat ini telah memiliki karyawan hingga mencapai 28 orang.

Kebanyakan karyawan adalah orang-orang di dukuh Demangan sendiri dengan harapan dapat membantu kondisi ekonomi atau kehidupan bagi para tetangga dan ada yang dari luar desa seperti dari Banyudono hingga Cangkringan.

Adapun dalam menghadapi tantangan mulai dari kegiatan produksi, hingga pemasaran atau distribusi roti, Djawa Bakery selalu berpegang teguh pada prinsip utama: sabar, jujur, dan bersyukur.

Kesuksesan dibangun atas Dedikasi dan Keandalan

Sang pemilik Djawa Bakery berperan aktif dalam seluruh aspek bisnis. Dari mengurus bahan baku, memastikan kelancaran produksi, hingga merancang taktik pemasaran.

Meski jadwal penuh, semangat dan komitmen tetap terjaga. Kehadiran sukses tak lain adalah hasil dari kualitas kerja keras, tekad tak tergoyahkan, dan semangat yang terus berkobar.

KKN UNS: Kolaborasi Membangun Masa Depan UMKM yang Bersinar

Program “Branding UMKM” yang dirintis oleh KKN UNS membawa harapan baru bagi UMKM di Desa Jipangan khususnya di Demangan.

Djawa Bakery menjadi bukti konkret betapa sinergi antara mahasiswa, dan UMKM mampu mewujudkan impian dan memberi dampak positif pada masyarakat.

Djawa Bakery, awalnya sekadar impian, kini menjadi lambang perjuangan serta sukses dalam kancah UMKM Desa Jipangan. Dengan keyakinan ini, masa depan UMKM di Desa Jipangan tampak lebih cerah dan penuh harapan.

Foto bersama pemilik Djawa Bakery Dok. Pribadi, pada 23 Agustus 2023

There are no secrets to success: don’t waste time looking for them. Success is the result of perfection, hard work, learning from failure, loyalty to those for whom you work, and persistence.”

“Tidak ada rahasia sukses: jangan buang waktu untuk mencari mereka. Kesuksesan adalah hasil dari kesempurnaan, kerja keras, belajar dari kegagalan, kesetiaan kepada mereka yang bekerja untuk Anda, dan ketekunan”, Colin Powell.

 

Penulis: KKN87UNS_JIPANGAN
Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret

 

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI