Kripto Menjadi Investasi yang Paling Diminati Gen Z

Berbicara tentang investasi tentunya cryptocurrency atau kripto adalah investasi yang paling sering dibicarakan pada tahun ini. Bukan hanya karena kenaikan koin-koin yang begitu tinggi ataupun bitcoin yang sedang halving pada tahun 2024 ini, tetapi juga karena kripto sudah menjadi tren yang banyak diminati bagi sebagian besar gen z. Generasi z atau yang sering disebut sebagai gen z adalah mereka yang lahir pada tahun 1997 hingga 2012. Sehingga pada tahun 2024 ini gen z berusia 12 hingga 27 tahun.  

Lalu apa itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah bentuk mata uang digital yang menggunakan sistem keuangan terbuka, bersifat global, dan tidak dikontrol oleh pemerintahan atau bank. Sehingga kripto mempunyai harga yang sama disetiap negara dan tidak dipengaruhi kurs ataupun keuangan negara. Sehingga tidak ada yang bisa mencurangi atau menggunakan kripto untuk keuntungan tertentu. Karena sifat transparan inilah yang membuat kripto banyak diminati dan dijadikan sebagai investasi bagi banyak orang terutama pada gen z.

Baca juga: Bengkulu International Finance and Capital Market Summit 2023: Memperkuat Kesadaran Investasi dan Inklusi Keuangan

Bacaan Lainnya
DONASI

Berdasarakan data Statistika pada tahun 2021 sebanyak 54,9% investor kripto di Indonesia berusia 18 hingga 24 tahun. Sementara 42,5% adalah usia 25 hingga 34 tahun. Sisanya berda di usia 35 tahun ke atas. Dan berdasarkan data Bappebti, total investor kripto di Indonesia mencapai 18,25 juta orang hingga November 2023 dan menempatkan Indonesia pada peringkat ketujuh sebagai negara dengan jumlah investor aset kripto terbesar di dunia.

Mengapa Gen Z memilih Berinvestasi di Kripto?

1. Potensi Keuntungan Tinggi

Investasi dalam mata uang kripto dikenal memiliki potensi keuntungan yang tinggi. Harganya bisa mengalami kenaikan yang tinggi dalam waktu yang singkat.

2. Transparansi

Setiap transaksi dengan mata uang kripto dapat dilihat oleh semua pengguna. Namun, identitas pengguna tetap terlindungi karena hanya ditampilkan dalam bentuk angka.

3. Transaksi Cepat dan Mudah

Transaksi dengan mata uang kripto biasanya lebih cepat dibandingkan dengan transaksi perbangkan konvensional. Transfer antar bank Internasional seringkali memerlukan waktu berhari-hari, sedangkan perdagangan Bitcoin bisa diselesaikan dalam beberapa menit hingga satu jam.

4. Mudah dipelajari

Gen z adalah generasi yang memiliki rasa penasaran yang tinggi, dengan banyaknya edukasi kripto yang beredar dan didukung oleh sifat gen z yang melek akan teknologi tentunya kripto menjadi sesuatu yang mudah dipelajari bagi gen z.

5. Aman

Keamanan menjadi salah satu alasan mengapa gen z memilih kripto, karena hampir mustahil memecahkan aset kripto karena teknologi blockchain-nya dan bagaimana aset kripto ini dirancang.

Baca juga: Pojok Baca sebagai Sarana Stimulasi Literasi dan Numerasi dengan Dukungan Adaptasi Teknologi Digital

Dengan perkembangan teknologi dan didukung oleh generasi yang paham akan teknologi, tentu kripto menjadi aset investasi yang perlu untuk dipertimbangkan. Karena dengan semua kelebihan yang sudah dituliskan diatas maka kripto bisa menjadi solusi dalam diversifikasi aset investasimu.  

 

Penulis: Gilang Satrio Utomo

Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Malang

Editor: Anita Said

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.