Ilkom Bakal Jadi Jurusan yang Paling Diminati di Tahun 2024, Kok Bisa?

Setiap perguruan tinggi pastinya menawarkan sejumlah program studi bagi calon mahasiswa baru. Di tahun 2023, ilmu komunikasi jadi program studi dambaan calon mahasiswa baru, dan hal itu membuat program studi ilmu komunikasi ini jadi program studi yang paling diminati di tahun 2023.

Akankah Ilmu Komunikasi jadi Pemegang Tahta Kembali di Tahun 2024?

Tidak heran ketika program studi ilmu komunikasi masuk kedalam jajaran program studi yang paling diminati bagi calon mahasiswa baru karena banyak orang yang menilai program studi ini erat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga terus berkembang juga selalu dibutuhkan.

Baca juga: Tekad Berbisnis untuk Menjadi Sukses: Mahasiswa Akhir Jurusan Hukum ini Pantang Menyerah

Bacaan Lainnya
DONASI

“Untuk masuk seleksinya sangat ketat, jadi jumlah yang diterima dibandingkan yang mendaftar yang kita lihat dalam persentase. Prodi ilmu komunikasi di universitas jakarta ini 0,90% atau dari 100 pendaftar itu hanya satu orang yang diterima,” ucap ketua tim penanggung jawab snpmb, prof mochamad ashari pada konferensi pers “hasil pengumuman seleksi jalur snbp tahun 2023” di gedung kemendikbudristek, senin (27/3/2023). Dari sini kita bisa tau kalau emang sebanyak itu orang yang tertarik ke program studi ini.

Apa Sih yang Bikin Ilmu Komunikasi jadi Favorit?

1. Program Studi dengan Persaingan Masuk Terketat

Ilmu komunikasi ternyata memiliki peminat yang membludak. Berdasarkan data setiap perguruan tinggi di indonesia, prodi ilmu komunikasi ini jadi sorotan para calon mahasiswa baru. Contohnya, di universitas negeri malang peminat ilmu komunikasi sebanyak 1937 calon mahasiswa baru sedangkan skala penerimaan mahasiswa baru untuk prodi tersebut hanya berjumlah 45, sehingga kita bisa tahu bahwa 1 orang pendaftar akan bersaing dengan 43 orang pendaftar lainnya.

2. Ilmunya yang Bersifat Up to Date

Sesuai dengan nama program studinya, nantinya kamu akan belajar mengenai berbagai hal yang tekait dengan komunikasi seperti cara penyampaian pesan, berbagai media penyampaian pesan, hingga cara untuk mengurangi noise saat penyampaian pesan. Semakin berkembangnya tekenologi tentunya mengubah bagaimana cara setiap orang dalam menyampaikan pesan.

Nah, hal ini juga nantinya akan kamu pelajari di jurusan ini. Ilmu komunikasi, jurusan yang terus berkembang dan beradaptasi dengan zaman. Karena itu, jurusan ini terus bisa memenuhi kebutuhan akan berkembangnya industri masa kini.

Baca juga: Pandangan dan Pentingnya Kecerdasan Buatan di Masa Depan

3. Prospek Kerja yang Luas

Karena ilmu komunikasi adalah disiplin ilmu yang sangat luas, hal itu juga berdampak ke dalam prospek kerja yang dihasilkan pula. Taunya mah lulusan ilmu komunikasi jatuhnya bakalan jadi public relation terus, tapi ternyata prospek kerjanya banyak banget seperti content creator, videographer, marketing communication, event planner, jurnalis, copywriter, dan masih banyak lagi. Jadi, ga heran kan kalau gen z semakin tertarik ke jurusan ini.

Baca juga: Kenal Lebih Dekat dengan Jurusan Ilmu Komunikasi, Yuk!

Nah, itu tadi penjelasan dan pengenalan seputar jurusan ilmu komunikasi. Dari prospek kerjanya yang begitu luas dan menjanjikan, ga kaget kan kalau emang jurusan ilmu komunikasi ini jadi jurusan yang di damba dambakan oleh calon mahasiswa baru. Jadi, jangan sampai salah pilih jurusan loh!  

 

Penulis: Alifiyah Aini

Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Malang

Editor: Anita Said

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.