Mahasiswa KKN A1 UWKS 2025 Turun Langsung: Bersih-Bersih Balai RW dan Sekolah hingga Mengajar di PAUD Anggrek Sonokwijenan

Mahasiswa KKN A1 UWKS 2025
Kegiatan Mahasiswa KKN A1 UWKS 2025 (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Surabaya, 3 dan 4 Mei 2025 – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok A1 Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) Melaksanakan kegiatan merawat dan menjaga seperti menata ulang ruang baca yang bersih-bersih; Paud dan Balai.

Merawat dan menjaga ruang baca di PAUD dan Balai sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan kondusif bagi anak-anak dan masyarakat untuk belajar dan membaca. Ruang baca yang bersih dan teratur dapat meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi anak-anak dan masyarakat.

Menata ulang ruang baca dapat dilakukan dengan membersihkan ruang baca dari debu, kotoran, dan sampah. Selain itu, buku-buku di ruang baca juga perlu diatur agar lebih mudah diakses dan terlihat rapi. Fasilitas ruang baca, seperti meja, kursi, dan lampu, juga perlu diatur agar lebih nyaman.

Merawat ruang baca secara rutin sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan. Buku-buku di ruang baca perlu diawasi kondisinya dan dilakukan perawatan jika diperlukan. Suhu dan pencahayaan di ruang baca juga perlu diatur agar lebih nyaman.

Baca juga: Keterbatasan Materi Bacaan di Sekolah Dasar: Memahami Tantangan dan Mencari Solusi Bersama

Menjaga ruang baca juga penting untuk memastikan bahwa ruang baca digunakan dengan baik dan sesuai dengan aturan. Koleksi buku di ruang baca perlu dikembangkan agar lebih beragam dan relevan dengan kebutuhan anak-anak dan masyarakat. Kegiatan literasi, seperti membaca bersama dan diskusi buku, juga dapat diadakan untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi.

Dengan merawat dan menjaga ruang baca, kita dapat menciptakan lingkungan yang nyaman dan kondusif bagi anak-anak dan masyarakat untuk belajar dan membaca. Ruang baca yang bersih dan teratur dapat meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi, serta mengembangkan budaya literasi di kalangan anak-anak dan masyarakat.

Tujuan

1. Membuat Ruang Baca Lebih Nyaman:

Membuat ruang baca lebih nyaman dan menarik untuk anak-anak dan masyarakat.

2. Meningkatkan Aksesibilitas:

Meningkatkan aksesibilitas ke sumber informasi dan pengetahuan bagi anak-anak dan masyarakat.

3. Mengembangkan Budaya Literasi:

Mengembangkan budaya literasi di kalangan anak-anak dan masyarakat.

4. Meningkatkan Kualitas Lingkungan:

Meningkatkan kualitas lingkungan ruang baca dan membuatnya lebih kondusif untuk belajar dan membaca.

 

Penulis: Kelompok KKN A1
Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses