Mahasiswa KKN Universitas Bhayangkara Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi Melalui Sosialisasi, Pembuatan Web Pendataan Warga, dan Pembuatan Gerobak Sampah

Mahasiswa KKN
Dokumentasi Kegiatan Mahasiswa (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Pada 18 Juni 2023 – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan momen berarti bagi mahasiswa Bhayangkara Jakarta Raya Fakultas Ilmu Komputer, untuk memberikan dampak positif untuk warga.

Pada tahun ini, Mahasiswa dari Universitas Bhayangkara dengan penuh semangat melakukan KKN di Desa Rawa Bugel RW 10 dengan fokus kegiatan pada sosialisasi bahaya gadget, pembuatan gerobak sampah, serta pengembangan web pendataan warga.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman lingkungan serta memberdayakan warga dalam perihal teknologi.

Bacaan Lainnya
DONASI

Kelompok KKN yang berjumlah 6 orang yang di ketuai oleh Akmal Najib serta anggota mencangkup Bayu Dwimas Nuansyah, Muhammad Faris, Muhammad Rafi Muzakki, Simon Wardian, Sunu Febrian Eko Saputro.

Sosialisasi dilakukan dengan mengikuti arahan dari Bapak Jahrudin selaku ketua RW10 dan Bapak Kusdarnowo Hantoro, S.Kom, M.Kom, selaku dosen pembimbing lapangan.

Salah satu kegiatan yang dijalankan oleh mahasiswa KKN merupakan sosialisasi bahaya gadget. Dalam era teknologi modern, gadget sudah jadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan sehari- hari.

Tetapi, pemakaian gadget yang kelewatan bisa mempunyai akibat negatif untuk kesehatan fisik, kesehatan mental, serta ikatan sosial.

Oleh sebab itu, mahasiswa KKN berinisiatif buat membagikan uraian kepada masyarakat mengenai berartinya pemakaian gadget secara bijaksana serta seimbang.

Mahasiswa KKN menyampaikan informasi serta fakta mengenai resiko serta bahaya pemakaian gadget yang berlebihan.

Mereka pula membagikan solusi praktis untuk mengurangi ketergantungan pada gadget, semacam mengatur waktu penggunaan, melakukan aktivitas fisik di luar ruangan, serta menggunakan teknologi dengan bijaksana untuk pembelajaran dan pekerjaan.

Tidak hanya itu, dalam upaya menciptakan lingkungan yang lebih bersih serta sehat, mahasiswa KKN juga melaksanakan kegiatan pembuatan gerobak sampah.

Tujuan pembuatan gerobak sampah ini untuk mempermudah masyarakat dalam membuang sampah dengan benar.

Tidak hanya kurangi sampah yang berantakan, kedatangan gerobak sampah diharapkan bisa meningkatkan pemahaman masyarakat tentang cara melindungi kebersihan area sekitar serta membuang sampah pada tempatnya.

Tidak cuma itu, KKN Universitas Bhayangkara juga berfokus pada pembuatan web pendataan warga untuk RW di Desa Rawa Bugel RW 10.

Web ini dirancang dengan tujuan buat mempermudah proses pengumpulan, pengelolaan, serta pelaporan informasi masyarakat secara lebih efektif.

Mahasiswa bekerja sama dengan masyarakat desa dalam merancang web yang user- friendly supaya bisa diakses oleh seluruh golongan.

“Segala aktivitas KKN ini diharapkan bisa jadi contoh nyata untuk warga Desa Rawa Bugel RW 10 tentang berartinya pemahaman area serta pemanfaatan teknologi buat kemajuan desa.

Melalui kerja sama yang sinergis antara mahasiswa KKN serta warga desa, diharapkan hendak lahir inovasi serta pemecahan kreatif dalam mengalami tantangan masa depan.

Mudah-mudahan langkah positif ini hendak terus bersinambung serta menginspirasi di tempat-tempat lain untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan berkepanjangan” untuk Akmal Najib Ketua KKN.

 

Penulis:

  1. Akmal Najib
  2. Bayu Dwimas Nuansyah
  3. Muhammad Faris
  4. Muhammad Rafi Muzakki
  5. Simon Wardian
  6. Sunu Febrian Eko Saputro

Mahasiswa Informatika, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

 

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI