Mahasiswa KKN UPN “Veteran” JaTim Memberikan Rekomendasi Peningkatan Prestasi Siswa melalui Minat dan Bakat di SMP Miftahul Ulum

Minat dan Bakat
KKN UPN “Veteran” JaTim di SMP Miftahul Ulum.

Kelompok 01 mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur Program Studi Sains Data yang terlibat dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) melakukan survei lapangan untuk mengetahui apa saja kehidupan di SMP Miftahul Ulum Surabaya yang bisa kami kembangkan pada Senin (14/11/2023).

Dengan kesepakatan bersama kelompok kami dengan pihak Sekolah, KKN di sekolah SMP Miftahul Ulum akan dilakukan pada tanggal 20 November 2023.

Dengan fokus pada rekomendasi meningkatkan prestasi siswa, mahasiswa KKN ini menghadirkan berbagai kegiatan yang melibatkan interaksi langsung dengan seluruh siswa SMP Miftahul Ulum.

Program KKN dimulai dengan sosialisasi tujuan pentingnya minat dan bakat dan eksplorasi minat dan bakat untuk peningkatan prestasi siswa untuk sekolah sesuai program pada tanggal 20 November 2023 di ruang aula sekolah.

Antusiasme terlihat dari partisipasi siswa saat mahasiswa KKN memperkenalkan diri dan memaparkan rencana kegiatan. Dalam kegiatan pengajaran, materi tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dibahas bersama siswa kelas 7 dan 8, membantu mereka memahami dunia teknologi dengan lebih baik.

Selain itu, tim KKN juga melakukan analisis data nilai siswa kelas 8 dan 9 untuk mengidentifikasi bakat dan minat siswa. Hasil analisis tersebut kemudian disajikan melalui presentasi dengan tujuan memberikan wawasan lebih mendalam mengenai potensi setiap siswa.

Acara KKN berlangsung hingga tanggal 27 November 2023, di mana hasil analisis data dipergunakan untuk memberikan hadiah kepada siswa yang aktif selama pembelajaran kelas. Melalui acara perpisahan yang penuh kehangatan, mahasiswa KKN memberikan kenang-kenangan berupa foto dan penghargaan sebagai bentuk apresiasi terhadap kerjasama yang terjalin.

Program KKN ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi siswa SMP Miftahul Ulum, tetapi juga membangun keterlibatan antara mahasiswa dan masyarakat sekolah. Diharapkan, inisiatif ini dapat menjadi landasan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menjalin kerjasama yang berkesinambungan antara perguruan tinggi dan sekolah di Surabaya.

Untuk lebih banyak mengetahui tentang informasi maupun kegiatan lain UPN ”Veteran” Jatim dapat mengunjungi hiperlink di bawah ini:

https://lppm.upnjatim.ac.id/

Penulis: Kelompok 01 KKN UPN “Veteran” Jawa Timur Prodi Sains Data
Mahasiswa Sains Data Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jatim

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI