Mengenali Lebih Dalam tentang Obesitas

Sumber: https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrPqFtqsHJlK.gRJLLWQwx.;_ylu=c2VjA2ZwLWF0dHJpYgRzbGsDcnVybA--/RV=2/RE=1702043882/RO=11/RU=https%3a%2f%2finfoinnews.blogspot.com%2f2021%2f01%2fsaran-ahli-untuk-memperbaiki-obesitas.html/RK=2/RS=eC0xR9AgTHcrzbKJaugQaUX7wcc-

Pengertian Obesitas

Obesitas adalah kondisi di mana terjadi penumpukan atau kelebihan lemak yang dapat mengganggu kesehatan. Jika tidak segera ditangani, obesitas bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, hipertensi, hingga diabetes. Di Indonesia sendiri sudah banyak terjadi kasus obesitas di kalangan balita dan anak anak.

 

Jenis-jenis Obesitas

Tipe Hiperplastik

Obesitas yang terjadi karena jumlah sel yang melebihi normal, namun ukurannya sesuai dengan ukuran sel normal. Tipe ini terjadi masa anak-anak.

Bacaan Lainnya
DONASI

Tipe Hipertropik

Obesitas yang terjadi karena ukuran sel melebihi ukuran normal. Tipe ini terjadi masa dewasa.

Tipe Hiperplastik

Obesitas yang terjadi karena jumlah dan ukuran sel melebihi normal. Obesitas ini dimulai dari masa anak-anak dan akan terus berlangsung sampai dewasa. Upaya menurunkan berat badan pada tipe ini adalah yang paling sulit.

 

Penyebab Obesitas

Obesitas disebabkan oleh ketidakseimbangan antara asupan makanan dengan kebutuhan kalori tubuh. Faktor lain yang juga mempengaruhi adalah faktor genetik, usia dan gaya hidup. Secara umum, seseorang akan mengalami obesitas jika mereka makan makanan berlemak dan bergula dalam jumlah yang berlebihan, serta kurang bergerak.

 

Dampak Obesitas

Obesitas dapat meningkatkan risiko terhadap beberapa penyakit yang serius, seperti diabetes, penyakit jantung, stroke dan kanker. Tidak hanya itu, obesitas juga dapat berdampak pada kualitas hidup seseorang, seperti merasa tidak nyaman saat bergerak, mengalami gangguan tidur, dan mengalami depresi atau stres.

 

Cara Mencegah Obesitas

Berikut beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah obesitas, yaitu:

  1. Makan makanan sehat dan seimbang.
  2. Hindari kebiasaan buruk.
  3. Aktif secara fisik.
  4. Pantau berat badan secara teratur.

Komplikasi Obesitas

  1. Penyakit Refluks asam lambung (GERD)
  2. Gangguan pernapasan, seperti asma dan sleep apnea
  3. Sindrom Metabolic
  4. Perlemakan hati
  5. Batu empedu
  6. Kanker,seperti kanker usus,kanker hati ataupun kanker payudarah
  7. Penyakit Jantung
  8. Hipertensi
  9. Diabetes Tipe 2
  10. Amenore akibat Polycystic Ovaria Syndrome (PCOS)
  11. Osteoartritis
  12. Stroke

 

Kesimpulan

Sekarang Teman teman sekalian sudah memahami pengertian obesitas  secara detail. Obesitas merupakan masalah kesehatan yang serius dan harus segera ditangani sebelum terlambat. Lakukan perubahan pada pola makan dan aktivitas fisik anda, pantau berat badan secara teratur, dan hindari kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan risiko obesitas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kesehatan anda dan keluarga.

 

Penutup

Artikel ini dibuat untuk memberikan informasi tentang pengertian obesitas secara lengkap. Artikel ini tidak dimaksudkan sebagai pengganti konsultasi medis atau saran ahli gizi. Jika anda memiliki masalah kesehatan atau pertanyaan seputar obesitas, segera konsultasikan pada dokter atau ahli gizi terdekat. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

 

MENGENALI LEBIH DALAM MENGENAI OBESITAS

Penulis: Andika Fera Agustin
Mahasiswa Jurusan Teknologi Laboratorium Medis, Universitas Binawan

 

Editor: I. Chairunnisa

Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI