Pengaruh Air Rebusan Daun Sirsak sebagai Pengobatan Tradisional Penyakit Gout

Ilustrasi Daun Sirsak (Sumber: Media Sosial)

World Health Organization (WHO) tahun 2013 menyatakan bahwa sebnyak 81% penderita asam urat di Indonesia hanya 24 % yang pergi ke dokter, sedangkan 71 % cenderung langsung mengkonsumsi obat-obatan pereda nyeri yang dijual bebas di pasaran.

Lansiarentan terkena penyakit asam urat bahkan bila tidak segera di tangani maka akan menyebabkan penyakit gout. Pada tahun 2017 tercatat sebanyak 255 lansia menderita gout artritis di wilayah kerja Puskesmas Larangan Kabupaten Pamekasan.

Penderita gout artritis di wilayah kerja Puskesmas Larangan terdiri dari lansia pria sejumlah 132 orang dan lansia wanita sejumlah 123 orang. Sebagian besar penderita gout artritis adalah lansia dengan usia 60-70 tahun.

Bacaan Lainnya
DONASI

Goutmerupakan gangguan metabolik yang sudah dikenal oleh Hipokrates pada zaman Yunani kuno.Goutadalah istilah yang dipakai untuk sekelompok gangguan metabolik, yang ditandai oleh meningkatnya konsentrasi asam urat (hiperurisemia).

Masalah akan timbul jika terbentuk kristal-kristal monosodium urat monohidrat pada sendi-sendi dan jaringan sekitarnya. Kristal-kristal berbentuk seperti jarum ini mengakibatkan reaksi peradangan yang jika berlanjut akan menimbulkan nyeri hebat. Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5-7 mg/dl dan pada perempuan 2,6-6 mg/dl, jika melebihi batas normal disebut hiperurisemia

Asam urat merupakan hasil dari metanolisme purin. Apabila kadar asam urat dalam darah berlebihan dapat menimbulkan penumpukan kristal asam urat dan akan menyebabkan penyakit gout.

Gout terjadi karena adanya endapan monosodium urat atau asam urat yang terkumpul di dalam sendi sebagai akibat dari tingginya kadar asam urat di dalam darah/hiperurisemia.

Peradangan sendi yang terjadi pada penderita gout dapat terjadi diseluruh sendi tubuh yang menyebabkan pembengkakan, biasanya sendi teraba panas diserta nyeri. Nyeri yang dirasakan bervariasi, mulai dari nyeri ringan, sedang hingga berat, kondisi seperti ini yang dapat mengganggu aktivitas.

Peradangan yang terjadi apabila tidak ditangani dapat menyebabkan kerusakan sendi bahkan akan merubah struktur sendi, fungsi sendi menurun dan menjadikan penderita mengalami kecacatan.

Secara alamiah, asam urat merupakan senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurai purin.Purin merupakan zat alami yang memiliki beberapa fungsi penting bagi tubuh. Mulai dari mengatur pertumbuhan sel hingga menyediakan energi. Nantinya, ketika sudah selesai digunakan tubuh, asam urat akan dibuang melalui urine.

Namun, terkadang tubuh dapat menghasilkan terlalu banyak asam urat atau ginjal mengalami gangguan sehingga mengeluarkan terlalu sedikit asam urat. Ketika ini terjadi, asam urat dapat menumpuk, membentuk kristal urat tajam seperti jarum di sendi atau jaringan di sekitarnya yang menyebabkan rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan.

Sirsak (Annona Muricata L.) masyarakat banyak dimanfaatkan bagian-bagian tanaman sirsak untuk menyembuhkan berbagai penyakit karena pada bagian tanaman sirsak, termasuk daun dan buah mengandung senyawa yang cukup bernilai, seperti fruktosa, lemak, protein, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, dan vitamin B.

Metabolit sekunder yang terkandung di dalamnya adalah senyawa golongan tanin, fitosterol. Sirsak banyak mengandung mineral fosfor dan kalsium yang sangat penting dalam proses pembentukantulang, sehingga bersifat menghambat osteoporosis.

Sirsak sering dimanfaatkan untuk terapi pengobatan, misalnya untuk pinggang pegal, nyeri, asam urat, wasir, dan batu empedu. Semua bagian pada buah sirsak memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit salah satunya adalah daun sirsak. Daun sirsak (Annona muricata) merupakan bagian yang paling berkhasiat untukmenyembuhkan penyakit salah satunya adalah penyakit gout.

Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20–30 cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan “buah” sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam.

Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak.

Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya. Manfaatnya dapat membunuh parasit, membersihkan pencernaan, meredakan saluran pernapasan, menghilangkan stres, kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh.

Salah satu penanganan non-farmakologis dalam penyembuhan penyakit Gout Arthritis yaitu dengan terapi komplementer. Jenis obat yang digunakan dalam terapi herbal yang dapat menurunkan nyeri Gout Arthritis yaitu:

Daun sirsak dengan buah sirsak/daun sirsak (Annona Muricata L.), daun sirsak merupakan bagian yang banyakmengandung senyawa di antaranya acetogenins, annocatin, annocata-lin, annohexocin, annonacin, annomuricin, annomurine, ananol, caclourine, gentisicacid, gigantetronin, linoleic acid, serta muricapentocin.

Daun sirsak (Annona muricata L) merupakan bagian yang paling berkhasiatuntuk menyembuhkan penyakit salah satunya adalah penyakit Gout Arthritis

Rebusan air daun sirsak diberikan sesuai takaran yaitu 7 lembar atau 14 gram daun sirsak yang setengah tua, kemudian dicuci bersih, lalu direbusmenggunakan air mineral 700ml, setelah di rebus tunggu sampai mendidih sampai tersisa 200ml, biarkan hingga dingin lalu di minum.

Setelah itu rebusan air daun sirsak tersebut dikonsumsi selama 7 hari berturut-turut per hari 2 kali pagi dansore dan diberikan setelah makan, kemudian evaluasi nyeri setiap 7 hari sekali pada sore hari. Evaluasi yang aka dilakukan yaitu 7 hari sekali karena ingin melihat hasilnya dari inovasi rebusan air daun sirsak yang diberikan apakah ada pengurangan rasa nyeri atau tidak.

Kriteria nyeri yang di evaluasi yaitu nyeri berat (4-6). Pengaruh pemberian air rebusan daun sirsak dibuktikan dengan pengurangan skala nyeri pada saat sebelum serta setelah dilakukan tindakan terapi. Oleh sebab itu, pemberian air rebusan daun sirsak sangat baik untuk diaplikasikan dalam menanggulangi nyeri pada Penderita Gout Arthritis.

Pengaruh mengkonsumsi rebusan daun sirsak terhadap penurunan nyeri pada penderita goutarthritis karena kandungan tanin, resin, dan crytallizable dalam daun sirsak dan responden tidak menunjukan efek samping karena  kandungan dalam daun sirsak tidak berbahaya dalam tubuh. Di mana kandungan daun sirsak memiliki ekstrak etanol yang berperan sebagai antiinflamasi.

Di dalam etanol terdapat ekstrak  mangostin yang mempunyaiaktivitas sebagai penghambat, pelepasan prostagladin sebagai mediator inflamasi, dan etanol dari daun sirsak mempunyai efek meredam nyeri yang terjadi pada penderita gout.

 

Penulis: Ahmad Ulul Azmi
Mahasiswa S1 Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Padang

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi  

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI